Benarkah Tontowi Ahmad Pensiun? Ini Jawaban PBSI

Karienya tak secemerlang saat masih bersama Butet

Jakarta, IDN Times - Foto percakapan antara atlet bulu tangkis andalan ganda campuran, Tontowi Ahmad, dengan pelatih Richard Mainaky beredar di media sosial. Isi percakapan antara lain keinginan Tontowi keluar dari Pelatnas PBSI. Foto tersebut viral sejak Senin (24/2). 

Namun Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan PBSI belum belum mengetahui apa yang terjadi dengan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

1. PBSI enggan berkomentar soal kabar viral

Benarkah Tontowi Ahmad Pensiun? Ini Jawaban PBSIIDN Times/Margith Juita Damanik

Ditanyai soal tanggapan terkait kabar viral keinginan Owi, begitu Tontowi akrab disapa, untuk mundur dari PBSI, Susy enggan memberikan komentar.

"Belum ada pembicaraan baik lisan maupun resmi dari Owi," kata Susy kepada IDN Times dalam pesan singkatnya. "Jadi saya belum bisa komen apa-apa," lanjut dia.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi, baik tertulis dan lisan, dari PBSI.

2. Owi berniat pamit dari PBSI untuk pensiun

Benarkah Tontowi Ahmad Pensiun? Ini Jawaban PBSITontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dari foto percakapan tersebut terlihat isi percakapan antara Owi kepada Richard. Berikut isi percakapan tersebut:

"Selamat malam kak Icat maaf sebelumnya, saya rencana kontrak abis mau ngundurin diri mau pensiun," tulis Owi dalam chatnya seperti dikutip dari akun Instagram @lambe.badminton.

"Makasih ya kak Icat udah bantu saya selama ini dari saya belum jadi apa-apa sampai sekarang, nanti saya ke Cipayung ya Kak Icat sekali lagi terima kasih banyak kak, sampai saya menjadi seperti ini tidak lepas dari bantuan Kak Icat," tulis Owi lagi.

3. Owi menjalani masa berat setelah ditinggal Butet

Benarkah Tontowi Ahmad Pensiun? Ini Jawaban PBSIDjarumfoundation.org

Tontowi Ahmad ditinggal Liliyana Natsir  atau Butet, pasangannya yang selama 8 tahun menemaninya, pada awal Januari 2019. Butet kala itu memutuskan untuk gantung raket. Sepeninggal Butet, prestasi Owi tak lagi cemerlang.

Ia sempat dipasangkan dengan atlet muda Winny Oktavina Kandow. Performa keduanya tidak buruk, meski tak juga mudah dan sulit mencapai babak final.

Setahun berpasangan dengan Winny, Owi bertukar pasangan dengan atlet ganda putri, Apriyani Rahayu. Performa keduanya menuai pujian dari pencinta bulu tangkis. Namun, di tengah harapan baru tersebut, Owi justru disebut-sebut memilih untuk pensiun.

Baca Juga: Kalahkan Butet, Kapolda Jateng: Dia Mainnya Pura-pura

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya