Comscore Tracker

Menjajal Tempat Nongkrong Favorit Skuat Garuda Select di Birmingham

Ternyata di Inggris juga ada Ayam Penyet

Birmingham, IDN Times - Ngopi UK, dari namanya saja kamu mungkin langsung tahu dari mana asal Kedai Kopi ini. Bukan, bukan di Indonesia. Ngopi UK justru ada di Birmingham, Inggris. Kata Ngopi asal Indonesia ditambah UK (United Kingdoom) biar ada Inggrisnya. 

Kedai kopi ini berada di sekitar Aston University. Ini menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak Garuda Select. "Ada warung jual makanan Indonesia enak, mas. Dekat dari tempat kita nginap ini, kok. Jalan kaki sedikit saja ke arah sana," ujar Bramdani, winger muda Garuda Select, saat kami bertemu di Kompleks Aston University, tempat para pemain tinggal selama di Birmingham.

IDN Times lalu penasaran dan berkesempatan mencoba makan siang di Ngopi UK, pada Sabtu (22/2) siang, selepas meliput latihan Garuda Select di Walsall. Di tengah cuaca yang diselimuti angin kencang dan sesekali gerimis membasahi Birmingham, Ngopi UK menawarkan dua hal yang menenangkan: teh tarik hangat dan sesama saudara se-Tanah Air di perantauan.

1. Sang suami orang Jawa dan istrinya orang Padang

Menjajal Tempat Nongkrong Favorit Skuat Garuda Select di BirminghamKedai Ngopi UK di Birmingham, tempat makan favorit skuat Garuda Select (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Masuk ke dalam Ngopi UK, kamu akan benar-benar sejenak lupa bahwa kamu ada puluhan ribu kilometer dari Indonesia. Saya masuk dan disambut alunan lagu-lagu pop Indonesia di era awal 2000-an, beberapa bahkan saya masih hafal liriknya dengan baik.

Usai memesan beberapa makanan dan minuman, saya bertemu sang pemilik. Sepasang suami-istri dari Indonesia adalah pemilik satu-satunya resto makanan Indonesia yang ada di Birmingham, Inggris. Namanya adalah Elmira Hamdi, sang istri yang merupakan perempuan asli Padang, serta Birama Gladini, si suami yang berasal dari Jawa.

Baca Juga: Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!

2. Ngopi UK dibangun sejak Juli 2018 dan jadi salah satu destinasi kuliner favorit mahasiswa Aston University dan Garuda Select

Menjajal Tempat Nongkrong Favorit Skuat Garuda Select di BirminghamKedai Ngopi UK di Birmingham, tempat makan favorit skuat Garuda Select (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Berdiri sejak Juli 2018, praktis sudah hampir dua tahun lamanya Elmira dan suaminya menjalankan bisnis ini. Bahkan, sebut dia, kedai ini adalah satu-satunya kedai di Birmingham di mana kamu bisa menemukan masakan khas Indonesia di kawasan West Midlands itu.

"Pertama kali kedai ini dibentuk Juli 2018 lalu, sudah mau dua tahun. Ini punya saya dan suami saya. Saya sendiri asli Padang, sementara suami saya dari Jawa," jelas Elmira yang kami wawancarai di kedai miliknya itu.

"Menu favorit di sini adalah ayam penyet, itu laris banget. Terus sama kopi susu. Kalau di sini (Birmingham), ya cuma ini kedai yang jual makanan kayak gini (makanan Indonesia). Makanya banyak mahasiswa dan pemain bola (Garuda Select) sering makan di sini," jelas Elmira lagi, yang cukup cekatan memasak menu nasi goreng ayam pesanan pembeli.

Selain ayam penyet dan nasi goreng, Ngopi UK juga memberi menu masakan khas Nusantara lain seperti bakso khas Malang, dori sambal matah, gado-gado, hingga makanan favorit masyarakat Indonesia: Indomie goreng + telur.

3. Jarak yang cukup dekat dari kampus membuat Ngopi UK jadi primadona kuliner

Menjajal Tempat Nongkrong Favorit Skuat Garuda Select di BirminghamKedai Ngopi UK di Birmingham, tempat makan favorit skuat Garuda Select (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Saya mencoba salah satu menu, dori sambal matah. Rasanya persis sama seperti yang saya temukan di Jakarta. Komposisi dori dan sambal matahnya juga pas, membuat untuk sesaat saya lupa tengah berada di Inggris.

Buka dari jam 09.30-16.30 waktu setempat, kedai yang sudah punya dua pelayan ini hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Aston University, kompleks kampus yang ada di Birmingham. Jarak yang dekat dengan tempat tinggal mahasiswa Indonesia dan pemain Garuda Select membuat Ngopi UK jadi tempat favorit yang layak dikunjungi.

 

Jangan lupa saksikan laga Garuda Select vs Preston North End U-18 pada Selasa (25/2) nanti hanya di Mola TV.

Baca Juga: David Maulana dkk juga Jalani Kursus Kepelatihan di Inggris

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya