Comscore Tracker

Suporter Indonesia Dikeroyok, 3 Permintaan Kemenpora ke Malaysia

Sikap Syed Saddiq juga mengecewakan

Jakarta, IDN Times - Dugaan pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia dibenarkan adanya oleh pihak Kemenpora. Satu orang suporter ditusuk saat datang mendukung Indonesia yang berlaga pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Untuk itu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mengirimkan surat dengan tiga poin kekecewaan atas penanganan pemerintah Malaysia. Apa saja isi surat tersebut?

1. Menyayangkan sikap dari Menteri Sukan dan Belia Malaysia, Syed Saddiq

Suporter Indonesia Dikeroyok, 3 Permintaan Kemenpora ke Malaysiainstagram/syedsaddiq

Pertama, Kemenpora akan mengirim surat pada Syed Saddiq yang ditembuskan kepada Kementerian Luar Negeri dan pengurus PSSI. Poin pertama yang dikelukan Kemenpora adalah penanganan dari pemerintah Malaysia terkait kekerasan kepada suporter Indonesia.

Usai kekerasan yang dialami suporter Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 5 September 2019, Menpora Malaysia, Syed Saddiq berjanji akan menjamu dengan baik suporter Indonesia di Bukit Jalil. Itu imbas dari permintaan maaf yang kala itu dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Namun nyatanya, hal itu tak terjadi dan suporter Indonesia mengalami kekerasan di Bukit Jalil usai laga Malaysia vs Indonesia, Selasa (19/11) malam lalu.

Baca Juga: Golongan Darah hingga Sidik Jari, Jadi Alasan Pilih Pemain Timnas U-22

2. Meminta kepolisian Malaysia usut tuntas kasus kekerasan terhadap suporter Indonesia

Suporter Indonesia Dikeroyok, 3 Permintaan Kemenpora ke MalaysiaSuporter Indonesia di Stadion GBK, Jakarta. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Poin kedua yang akan disampaikan Kemenpora akan ditujukan kepada kepolisian Malaysia. Kemenpora meminta pihak keamanan Malaysia mengusut tuntas insiden yang sempat menimbulkan luka fisik pada suporter Garuda.

Secara spesifik, Kemenpora juga sangat berharap kasus kekerasan ke suporter Indonesia ini diusut secara transparan dan melalui jalur hukum. Sebabnya, ada juga upaya penusukan dan perampasan paspor yang mana masuk dalam tindak kriminalitas.

3. Mendorong PSSI untuk melaporkan kasus ini ke FIFA

Suporter Indonesia Dikeroyok, 3 Permintaan Kemenpora ke MalaysiaIlustrasi kantor pusat FIFA. fifa.com

Poin ketiga yang akan disampaikan Kemenpora adalah mendesak federasi sepak bola Indonesia, PSSI, untuk melaporkan kasus kekerasan suporter Malaysia kepada suporter Indonesia kepada induk sepak bola dunia, FIFA.

Menurut Kemenpora, ini imbas dari apa yang dulu juga dilakukan FAM, federasi sepak bola Malaysia, tatkala melaporkan Indonesia ke FIFA kendati kala itu Menpora Imam telah meminta maaf secara langsung kepada pemerintah Malaysia.

Baca Juga: Polri Pastikan Suporter Indonesia yang Ditahan Malaysia Bukan Teroris

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya