Comscore Tracker

Lanang, Nama Baru Mantan Pevoli Aprilia Manganang

Istri KSAD Hetty Andika Prakasa yang berikan namanya

Jakarta, IDN Times - Mantan voli putri, Sersan Dua Aprilia Santini Manganang akhirnya punya nama baru. Setelah resmi melakukan correction surgery menjadi laki-laki, Aprilia turut mengganti namanya menjadi Lanang. 

Nama itu diberikan Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. "Saya ini seorang ibu, dan selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau mau. Apakah mau saya kasih nama?" kata Hetty dikutip kanal YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021). 

Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana itu mengatakan, dengan nama baru itu Manganang bisa menjadi lelaki sejati.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Nama tersebut artinya lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang, Manganang bisa menjadi lelaki sejati," ujar Hetty.

1. Harapan Hetty Andika Perkasa untuk Lanang

Lanang, Nama Baru Mantan Pevoli Aprilia ManganangTangkapan layar KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri), Yetty Andika Perkasa (tengah), dan Aprilia Manganang alias Lanang (kanan) di kanal YouTube TNI AD. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Hetty menyebut, dirinya sulit memilih nama untuk Manganang. Sehingga dirinya berharap pria yang kini bernama Lanang itu bisa dididik KSAD untuk menjadi lelaki kebanggannya. 

"Saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang diberikan Tuhan, karena kamu sebagai laki-laki," bebernya.

Manganang sebelumnya didiagnosa memiliki kelainan pada sistem reproduksi yang dalam terminologi kesehatan disebut hipospadia. Hal itu baru dia ketahui saat berusia 28 tahun.

Setelah mengetahui Manganang menderita Hipospadias, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, langsung melakukan tindakan. Manganang dipastikan berganti status dari wanita menjadi pria usai menjalani operasi korektif.

Baca Juga: 7 Fakta Hipospadia, Penyakit Eks Pevoli Aprilia Manganang 

2. Operasi koreksi ditangani 15 dokter

Lanang, Nama Baru Mantan Pevoli Aprilia ManganangTangkapan layar Kepala RSPAD Gatot Subroto, Letjen TNI dokter Albertus Budi Sulistya saat berbicara di kanal YouTube TNI AD. (IDN Time/Illyas Mujib).

Kepala RSPAD Gatot Subroto, Letjen TNI dokter Albertus Budi Sulistya, mengungkapkan proses penanganan Manganang hingga akhirnya melakukan operasi koreksi.

Usai mendapatkan informasi dari berbagai pihak, tim dokter menyimpulkan jika kasus itu terjadi dari lahir sesungguhnya. Sehingga, dia langsung membentuk tim untuk melakukan tindakan.

"Segera kami bentuk tim yang terdiri dari dokter bedah plastik, urologi, kemudian tim radiologi, anestesi, psikiatri, penyakit dalam, dan dokter terkait lain. Sementara setelah hasil terkumpul, tim dokter melakukan sidang dan membuat penilaian," ujar Budi.

Tim berkesimpulan, sebetulnya kasus Manganang ini bisa ditangani saat balita. Hanya saja akibat tidak tahu, kondisinya baru diketahui pada usia 28 tahun. Dia langsung melakukan operasi tersebut kepada Manganang.

"Baru ditangani saat ini dan operasi ini ditangani oleh 15 dokter secara komperhensif," ujar Budi.

3. Aprilia Manganang berprestasi sebagai atlet voli

Lanang, Nama Baru Mantan Pevoli Aprilia Mangananginstagram.com/manganang92

Manganang merupakan mantan atlet voli putri yang sempat membela Timnas Indonesia. Dia bahkan bisa mepersembahkan prestasi cukup baik dengan mempersembahkan medali perunggu di SEA Games edisi 2015 dan perak di SEA Games 2017.

Di level klub, dia berhasil mempersembahkan trofi Proliga buat Jakarta Electric PLN secara beruntun, yakni pada 2015, 2016, 2017. Dua tahun berselang, dia juga mampu memberikan gelar serupa untuk Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Kemampuannya itu membuat namanya diincar klub luar negeri. Dia sempat bergabung dengan klub asal Thailand, Generali Supreme Chonburi E-Tech. Dalam debutnya, dia berhasil membawa Generali Supreme Chonburi E-Tech jadi kampiun Thai-Denmark Super League 2019. 

Namun, perjalanan kariernya juga diwarnai beberapa kontroversi sejak menjalani level profesional. Kondisi fisik Manganang yang menyerupai pria acap kali membuat tim lawan melancarkan protes, termasuk ketika masih membela Alko klub dan Timnas Voli Putri Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Aprilia Manganang, Mantan Pevoli Timnas yang Kini Jadi Pria

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya