Dampak Corona, 6 Event Olahraga Bergengsi di Sumut Tertunda

Semoga cepat berlalu ya!

Medan, IDN Times - Pandemi Corona terus berimbas pada penyelenggaraan event olaharaga di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia dalam hal ini Sumatera Utara.

Teranyar, kejuaraan dari cabang olahraga angkat berat dan karate juga ditunda pelaksanaannya di Medan.

Baca Juga: [BREAKING] PDP 01 Corona yang Meninggal di Adam Malik Sempat ke Italia

1. Warrior Open Karate akhirnya ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan

Dampak Corona, 6 Event Olahraga Bergengsi di Sumut TertundaPengurus Forki Sumut menerima audiensi Panpel Warrior Karate Open Championship di Medan, Rabu (26/2). (IDN Times/Hasudungan)

Kejuaraan karate bertajuk Warrior Open 2020 resmi ditunda melalui Surat No:17/WARRIOR/KPM/2020. Surat ini diteken langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana, Dwi Yuda Saputra, Sekretaris Tri Nova Tarigan, dan Owner Warrior Rawinder Singh.

"Atas kesepakatan antara Panpel Warrior Open Karate Championship 2020 dengan Pengprov Forki Sumut, kejuaraan yang seyogyanya akan dilaksanakan pada 
 tanggal 17-19  April 2020 ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan," ucap Dwi Yuda di Medan, Jumat (20/3).

Adapun keputusan tersebut diambil sebagai wujud kewaspadaan terhadap resiko penularan serta pencegahan Covid-19. Dengan demikian, pihak panpel juga menyampaikan kata maaf atas penundaan kejuaraan. Begitu juga bagi yang telah mendaftar, panpel akan mengembalikam utuh uang pendaftaran.

2. Kejuaraan angkat berat terbuka Sumut juga diundur demi pencegahan corona

Dampak Corona, 6 Event Olahraga Bergengsi di Sumut TertundaDok. IDN Times/Istimewa

Kejuaraan angkat berat tingkat Sumut yang rencananya digelar di Plaza Millenium, Sabtu (21/3) besok, akhirnya batal juga.

"Karena sudah siaga Covid-19, kami panitia pelaksana harus mematuhi dan menghormati dengan mengambil keputusan untuk menunda event ini,"ucap Ketua Pengurus Provinsi Perkumpulan Angkat Berat Indonesia (Pengprov Pangbi) Sumatera Utara, Hermansyah Hutagalung.

Pihaknya memang menyayangkan penundaan tersebut, apalagi persiapan sudah 100 persen. Meski demikian, pihaknya tetap mematuhi perintah dari gubernur hingga wali kota.

"Kami panitia memutuskan untuk mengundurkan jadwal kejuaraan hingga awal bulan depan. Semua tergantung situasi dan kondisi yang berkembang," jelasnya.

3. Sebelumnya, ada 4 event olahraga besar di Sumut yang ditunda

Dampak Corona, 6 Event Olahraga Bergengsi di Sumut TertundaMobil Subaru WRX Sti yang dikendarai Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Navigatornya Uche berhasil naik podium ke-3 pada gelaran Danau Toba Rally 2019 (YT Haryono for IDN Times)

Beberapa event olahraga besar di Sumut sudah harus ditunda sebelumnya. Semua penundaan tersebut imbas dari merebaknya virus corona di Indonesia, termasuk Sumatera Utara.

Setidaknya ada empat event bergengsi lainnya yang sudah batal digelar sesuai jadwal, dua di antaranya bertempat di sekitaran wilayah Danau Toba seperti. Pertama Kejuaraan Nasional Sumatera Utara Ski Air 2020 di2020 di Paparat, Kabupaten Simalungun. Selanjutnya ada KFC Danau Toba Rally 2020 yang dijadwalkan menjalani putaran 3, 4 dan 5 di kawasan Danau Toba pada 17-19 April 2020. 

Selain itu ada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan VI/2020 yang sebelumnya akan bergulir 21 hingga 28 Maret mendatang. KONI Medan pun harus menunda event tersebut. Begitu juga Liga 2 2020 yang terhenti sementara sehingga membuat seluruh tim termasuk PSMS tak bisa bertanding.

Baca Juga: Pemprov Sumut Bikin Rapid Test Corona, USU Pasok Hand Sanitizer

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya