Toba Open Batal, PJSI Sumut Berencana Gelar Piala Konjen Jepang

Berencana gelar Piala Konjen Jepang sesuai jadwal

Medan, IDN Times- Kejuaraan Judo internasional Toba Open yang harusnya digelar di Balige, 17-19 Maret 2023 resmi dibatalkan. Keputusan ini dikeluarkan Pengurus Besar (PB) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) lewat surat tertanggal 15 Februari 2023 dan ditandatangani Sekjen PB PJSI Soejani Sosrodjojo.

"Dikarenakan ketidaksiapan sarana dan prasarana serta pendukung lainnya, maka penyelenggaraan Kejuaraan Toba Open International Judo Championships 2023 yang rencana dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 19 Maret 2023 di Soposurung Balige, Sumatra Utara dibatalkan," demikian isi surat keputusan tersebut.

1. Sebenarnya jadi salah satu ajang try out persiapan atlet pelatda Sumut hadapi PON 2024

Toba Open Batal, PJSI Sumut Berencana Gelar Piala Konjen JepangKetum Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah (IDN Times/Doni Hermawan)

Hal itu pun sangat disesalkan para peserta dari berbagai daerah. Termasuk PJSI Sumatra Utara. Sumut padahal sudah mempersiapkan atletnya mengikuti agenda yang masuk kalender PB PJSI itu.

"Kami dari Pengprov PJSI Sumut baru menerima surat keputusan pembatalan dari PB mengenai pembatalan Toba Open. Kita dari pengprov menyayangkan karena kita sudah persiapkan atlet. Apalagi even ini seharusnya bagus untuk persiapan atlet kita menuju PON 2024," kata Ketua PJSI Sumut, M Arief Fadhillah.

Baca Juga: Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan Lagi

2. Berencana gelar Piala Konjen Jepang sesuai rencana awal

Toba Open Batal, PJSI Sumut Berencana Gelar Piala Konjen JepangHelena Susyen (baju biru) meraih medali emas untuk Sumut di Kasad Cup (Dok.PJSI Sumut)

Pengprov PJSI Sumut sendiri tak terlibat dalam kepanitiaan di sini. Mereka hanya berstatus peserta meskipun kejuaraan digelar di Sumut.

"Kita sebatas mengetahui dan membantu mengakomodir maunya panitia. Untuk lokasi di luar sepengetahuan kita. Kita awalnya sepakat PJSI Sumut terlibat khusus di seksi pertandingan. Tapi kemudian kami tak dilibatkan. Jadi kita hanya ikut sebagai partisipan. Tapi ternyata itu dibatalkan," bebernya.

Sebenarnya menurut Arief PJSI Sumut sudah punya agenda kegiatan Piala Konjen Jepang. "Namun dikarenakan ada even Toba Open kami geser Piala Konjen Jepangsehabis lebaran. Tapi dengan batalnya even ini kami berniat untuk menggelar Piala Konjen Jepang sesuai tanggal awal pada 17-18 Maret ini," bebernya.

 

3. Pihaknya akan membicarakan lebih lanjut ke Konjen Jepang di Medan

Toba Open Batal, PJSI Sumut Berencana Gelar Piala Konjen JepangPJSI Sumut saat audiensi dengan Konjen Jepang di Medan (IDN Times/Doni Hermawan)

Jika jadi digelar kejuaraan ini bisa mengakomodir para peserta yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat dan sudah mendaftar.

"Sekarang dari beberapa peserta yang masuk dan sudah membeli tiket pesawat. Kami berharap bisa mengakomodir membuat kejuaraan tersebut di tanggal yang sama. Kami akan mengusulkan untuk menyelenggarakan kejuaraan sesuai rencana awal. Kita juga gratiskan biaya pendaftaran," bebernya.

Namun pihaknya masih akan membicarakan ini ke Konjen Jepang untuk memastikan apakah bisa dikembalikan lagi ke jadwal semula. "Perkembangan berikutnya akan kami kabarkan," pungkasnya.

Baca Juga: South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang Perak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya