Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON Papua, Tim Putri Gagal

Sempat kalah lawan Jabar

Medan, IDN Times - Sumatera Utara hanya meloloskan tim basket 3x3 putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Sayangnya, keberhasilan itu tak diikuti tim putri mereka. Hasil itu didapat pada Pra-PON yang berlangsung di Jakarta 17-18 Agustus. 

Adapun tim putra yang lolos, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Sementara tim putri, yaitu Bali, Jawa Tengah, Sumba, Sulsel, DKI, Jawa Barat, dan Kalbar. Sementara tuan rumah Papua lolos otomatis.

1. Perjalanan menuju PON 2020

Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON Papua, Tim Putri Gagal

Tim basket 3x3 putra Sumut mengawali laga perdana dengan buruk. Pasalnya, Juan Harsab Maulana dan kawan-kawan takluk dari Jawa Barat 21-11. "Kekalahan itu sudah kami prediksi sebelumnya. Persaingan memang sangat ketat," kata asisten pelatih, Herijanto kepada IDN Times, Senin (19/8).

Sumut bangkit di game selanjutnya. Menuntaskan perlawan Yogyakarta dengan kemenangan 21-18 dan menang atas Kalimantan Barat 15-7. Selanjutnya, Sumut kembali kalah dari Jatim 21-17. Pada partai penentuan di babak kualifikasi ketiga, Sumut mengatasi Jawa Tengah 13-9. Sumut menjadi tim kelima yang lolos ke PON.

2. Evaluasi fisik dan body contact

Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON Papua, Tim Putri Gagal

Herijanto alias Tekpeng turut mengapresiasi sukses tim putra. Hasil tersebut tidak terlepas dari persiapan tim, terlebih sebelumnya telah beruji coba ke Bandung menghadapi tim-tim Pra-PON lainnya.

"Pastinya perlu kerja keras. Kami tim pelatih selalu mengatakan kepada anak-anak agar main sesuai intruksi pelatih. Hasilnya bagus, mereka bisa jalani dan main rileks," kata dia.

Evaluasi dari tim pelatih pastinya ada. Apalagi dalam kualifikasi kemarin, tim asuhannya sempat menelan kekalaha. "Evaluasi utama itu fisik dan body contact. Itu harus jadi fokus kami sebelum ke PON tahun depan," sambungnya.

Baca Juga: Ini Pelajaran Penting yang Dipetik Timnas Basket dari Medan

3. Wafi ucapkan syukur

Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON Papua, Tim Putri Gagal

Hammam Wafi mengucap syukur akan hasil Pra-PON tersebut. Baginya, itu sudah sesuai target tim. "Perasaan saya sangat bangga dan senang, bersyukur banget bisa lolos ke PON. Kalau target udah tercapai. Ini hasil dari permainan kami. Secara pribadi saya lihat tim ini sudah kompak," kata pemain kelahiran 27 Agustus 1999.

"Kunci sukses di Pra-Pon itu giat latihan. Kami tidak ada kata mengeluh, tetap fokus dan optimis. Terutama pastinya tetap andalkan Tuhan di setiap langkah," ucap Wafi.

4. Susunan tim putra dan putri Sumut

Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON Papua, Tim Putri GagalDok.IDN Times/istimewa

Tim putra diasuh Donald Partogi Marpaung dan Herijanto. Para pemainnya adalah Limbong, Wafi, Rafi, Nicholas, Calvin, Temmo, Juan Harsab Maulana dan Petrus.

Sementara tim putri dilatih Hidayat Natasasmita dan Franky Sinambella. Pemainnya yakni Asima, Cindy Fransisca, Laeticia Tanuputri, Dwi R, Tassya Adilla, dan Yanti.

Baca Juga: Timnas Basket Putra Masih Penasaran dengan Tuan Rumah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya