Sudah Pahami Trek Rambung Sialang, Ini Target sang Juara Bertahan Reli

APRC 2019 dan Kejurnas seri I dan II Sumut

Deli Serdang, IDN Times -  Ryan Nirwan akan menjadi salah satu yang disorot pada Kejurnas Reli Seri I dan II yang dirangkai dengan Asian Pasific Rally Championship (APRC) di Rambung Sialang, Sabtu (27/7) dan Minggu (28/7). Berstatus juara bertahan kejurnas dua tahun beruntun, Ryan yang berpasangan dengan navigatornya Garindra Kusuma bertekad mempertahankan gelar juaranya.

Seperti apa persiapan pereli asal Kalimantan Timur ini? Ini penjelasan Nirwan.

Baca Juga: Turun Reli Lagi, Wagub Sumut Ijeck: Alhamdulillah Gubernur Izinkan

1. Rekor positif di Rambung Sialang

Sudah Pahami Trek Rambung Sialang, Ini Target sang Juara Bertahan ReliIDN Times/Doni Hermawan

Ryan Nirwan sudah paham betul karakter Rambung Sialang. Sudah 7 kali dia menjajal lintasan perkebunan Lonsum ini. Hasilnya dia pernah menjadi juara 3 kali. Termasuk tahun lalu.

"Sudah paham. Saya sih prefer ke hujan karena memang biasanya seperti itu. Kalau sebagai pembalap saya sih maunya kering karena lebih cepat. Tapi itu tidak masalah karena sudah terbiasa juga," kata Ryan.

2. Target pertahankan gelar, akui persaingan lebih ketat

Sudah Pahami Trek Rambung Sialang, Ini Target sang Juara Bertahan ReliIDN Times/Ryan Nirwan

Ryan tentu ingin menargetkan gelar juara. Apalagi dia membawa bendera BRM Motorsport Bank Sumut. "Tentu saya ingin pertahankan gelar. Apalagi tahun ini bawa embel-embel Bank Sumut. Jadi ada target tersendiri juga bawa timnya menang," kata Ryan.

Kembali turun gunungnya Subhan Aksa ke lintasan menjadi saingan beratnya mempertahankan gelar.

"Kalau persaingan tahun ini tambah ketat. Subhan Aksa ikut. Kemudian ada dari Italia juga dan ada Rihan juga dia pakai mobil baru. Cuma memang persiapan kita sudah cukup matang tahun ini. Insya Allah, kita bisa leading (memimpin) dari awal," terangnya.

3. Perbaharui performa mesin dan dengan latihan fisik

Sudah Pahami Trek Rambung Sialang, Ini Target sang Juara Bertahan ReliIDN Times/Doni Hermawan

Selain itu Ryan tentu ingin mobilnya siap tempur. Untuk itu dia melakukan peningkatan performa mesin Subaru WRX nya. Gambaran itu terlihat saat Ryan/Garindra mencatat waktu tercepat pada sesi shakedown.

"Ya ada perubahan juga pada mobil. Selain itu juga saya tambah porsi dengan latihan fisik. Persiapan kami sudah matanglah. Mudah-mudahan bisa leading dari awal," bebernya.

Ryan hanya mengikuti seri Kejurnas saja di Rambung Sialang ini. Menurutnya ada bagian dari komponen mobilnya yang tidak memenuhi untuk APRC. "Ya ikut APRC ada standarnya. Ada bagian mobil saya yang harus ditambah. Sayang sih kalau hanya ikut satu seri saja," tambah putra mantan pereli nasional ini.

Baca Juga: APRC dan Kejurnas Reli 2019 Resmi Start, FIA: Next Kejuaraan Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya