South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang Perak

Indonesia raih 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu

Medan, IDN Times- Ajang South East Asia Judo Championship 2023 di Sunshine Square Banquet Hall , Bayan Lepas Penang berakhir Minggu (8/1/2023). Kontingen Indonesia sukses meraih 3 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu. Sementara juara umum diriah Vietnam dengan 13 emas, 10 perak dan 13 perunggu.

Satu dari torehan medali Indonesia disumbangkan atlet judo pelatnas asal Sumut, Helena Susyen. Ia meraih medali perak. Di final Susyen dikalahkan pejudo Vietnam.

1. Dua pejudo Sumut lainnya terhenti di semi final

South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang PerakJihan Lubis dinobatkan jadi best youth female player International Judo Championship 2022 (Dok.Istimewa)

Ada empat atlet judo Sumut yang diterjunkan di ajang ini. Sayangnya dua atlet judo Sumut lainnya Gusti Irawan Gowasa yang turun dalam junior putra -55 kg dan Jihan Syahkila Lubis di junior putri -52 kg terhenti di babak semifinal. Berikutnya mereka sama-sama ditumbangkan pejudo Vietnam pada perebutan tempat ketiga.

Sementara Willi Pratama Ginting di senior putra -90 kg kalah di laga perdana dari pejudo pelatnas Malaysia.

Baca Juga: Senyum Judo Sumut dari International Judo Championship

2. Empat atlet Sumut mendapat lawan yang berkualitas

South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang PerakHelena Susyen sukses meraih medali perak di South East Judo Championship di Penang, Malaysia (Dok.Istimewa)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah mengatakan bersyukur dengan hasil tersebut. Diakuinya lawan-lawan di Asia Tenggara cukup kuat. Terutama Vietnam.

"Kita lihat Vietnam atletnya kuat-kuat dan Susyen sempat menang atas mereka di semi final. Sayangnya kalah lawan wakil Vietnam lainnya di final. Sementara Gusti dan Jihan juga cukup baik tapi sayangnya juga kalah di perebutan tempat ketiga dari Vietnam.

"Di level Asia Tenggara ini, keempat atlet kita mendapatkan lawan tanding yang berkualitas. Semoga ini menjadi modal penting bagi mereka menuju ajang sesungguhnya di 2024 mendatang," tambahnya.

3. PJSI Sumut akan memperbanyak program try out ke luar negeri

South East Asia Judo 2023 di Penang, Atlet Judo Sumut Sumbang PerakHelena Susyen sukses meraih medali perak di South East Judo Championship di Penang, Malaysia (Dok.Istimewa)

Selanjutnya PJSI Sumut akan lebih banyak mengirimkan atletnya untuk try out. Terutama ke luar negeri. 

"Hasil di level internasional ini akan menjadi gambaran kita menuju target kita. Ini untuk menaikkan level atlet kita untuk target di PON nantinya," ujar M Arief Fadhillah.

Baca Juga: 4 Atlet Judo Sumut Perkuat Indonesia Ikut Kejuaraan di Penang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya