Sejarah Judo Putri Sumut, Helena Susyen Raih Emas Kejurnas Menpora

Di final Susyen kalahkan atlet pelatnas asal Jateng

Cilodong, IDN Times- Atlet judo putri Sumatra Utara, Helena Susyen mencatat prestasi membanggakan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala Menpora 2022 di GOR Kartika, Cilodong, Jawa Barat, Jumat (26/8/2022). Helena Susyen menjadi atlet judo putri Sumut pertama yang berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Nasional Judo senior.

Di partai final kelas -78 kg, siswi SMKN 5 Medan ini mengalahkan atlet pelatnas, Dessy Yudiyanti dari Jawa Tengah.

Perjalanan Susyen meraih emas diawali dengan menghadapi Tiara Shinta Firstylia (DKI) dari pool C. Susyen kemudian menghadapi Dahlia dari Banten pada pertandingan keduanya. Di semi final Helena menghadapi pejudo Rahma Novi. Di final giliran, Desi Yudiyanti, atlet yang sudah menghuni Pelatnas sejak 2011 berhasil ditundukkannya.

1. Medali emas ini juga mengantarkan Helena Susyen ke Pelatnas SEA Games Kamboja

Sejarah Judo Putri Sumut, Helena Susyen Raih Emas Kejurnas MenporaAtlet judo putri Sumut, Helena Susyen saat bertanding di Kejurnas Piala Menpora 2022 (Dok.istimewa)

Perolehan emas ini juga menjadi penantian panjang Judo Sumut dalam Kejurnas. Setidaknya dalam 20 tahun ke belakang, torehan Susyen menjadi pemecah kerinduan dan sinyal kebangkitan semenjak Pengprov PJSI Sumut di bawah kepemimpinan M Arief Fadillah.

Bahkan dengan medali emas ini membawa Helena Susyen ikut Pelatnas SEA Games Kamboja. "Senang dan enggak nyangka serta bangga bercampurlah. Menjadi atlet Judo Putri pertama Sumut yang mendapatkan emas di sepanjang Kejurnas yang diikuti Sumut," kata Helena Susyen usai pengalungan medali.

"Persiapan kemarin memang lebih matang dari event Piala Kasad lalu. Bahkan lebih lancar karena tidak ternganggu timbangan yang over. Saya juga mau bilang terimakasih kepada Bapak Ibu saya (Madatamara dan Qamariah, Red) yang selalu mendoakan, lalu pihak sekolah SMKN 5 Medan yang mendukung saya di Judo (Kejurnas, Red) ini. Tak lupa juga pelatih dan seluruh jajaran Pengprov PJSI Sumut," ucap mantan atlet PPLP Sumut ini.

Baca Juga: PJSI Sumut Berangkatkan 11 Atlet ke Kejurnas Judo Piala Menpora

2. Awal yang baik bagi Sumut di Kejurnas Piala Menpora

Sejarah Judo Putri Sumut, Helena Susyen Raih Emas Kejurnas MenporaAtlet judo putri Sumut, Helena Susyen meraih medali emas Kejurnas Piala Menpora 2022 (Dok.istimewa)

Sementara itu, torehan Helena Susyen ini disambut gembira Ketua Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah. "Kita sangat bangga dengan prestasi Helena Susyen. Apalagi dia mengalahkan atlet pelatnas di final. Semoga keberhasilan ini menjadi awal yang baik bagi Judo Sumut dan atlet Sumut Judo lainnya yang akan bertanding besok," katanya.

Sambutan hangat juga diberikan oleh manajer Judo Sumut, Medalin Oey. Usai Helena Susyen memastikan medali emas langsung berlari ke arena.

"Sangat bangga dengan prestasi yang dicetak oleh Helena Susyen Atlet Judo dari Sumut dengan -78kg mendapatkan Medali Emas Putri pertama dari Sumut. Jangan cepat puas, karena perjalanan masih panjang. Bonus yang akan diberikan semoga menjadi pemicu semangat untuk lebih berprestasi," beber Medalin Oey.

3. Para atlet Sumut lainnya akan bertanding Sabtu-Minggu (27-28 Agustus 2022)

Sejarah Judo Putri Sumut, Helena Susyen Raih Emas Kejurnas MenporaPara atlet Sumut yang turun bertanding di Kejurnas Judo Piala Menpora 2022, Cilodong, Jawa Barat (Dok.Istimewa)

Selanjutnya, perjuangan atlet Judo Sumut lainnya akan bertanding hari Sabtu (27/8/2022) dan Minggu (27/8/2022) PJSI Sumut sebelumnya memberangkatkan 11 atlet untuk kejurnas senior ini. Ini jumlah atlet terbanyak yang pernah dikirim Sumut ke Kejurnas. Para atlet yang turun merupakan para atlet pelatda Sumut dan sisanya hasil dari Selekda yang digelar PJSI Sumut 14 Agustus 2022 lalu.

Untuk atlet pelatda adalah Willy Pratama (-90 kg), M.Okky Wicaksono (- 81 kg), Winner Felix Panggabean (-66 kg), Gusti Irawan Gowasa (-55 kg), Jihan Syakillah Lubis (-52 kg), Nanda Olivia Banurea (-70 kg), Helena Susyen (-78 kg). Sementara hasil selekda ada Riki Ramadhani (-66 kg), M Husaini (73 kg), Adelia Nugroho (-52 kg), James Nainggolan (-60 kg). Mereka didampingi dua pelatih Eka Setya Wirawan Siregar dan Josef Yus.

Baca Juga: Selekda Judo Sumut, Atlet Medan Dominasi Gelar Juara

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya