Pasutri Ini Kawinkan Emas Peparnas, Sudah 13 Medali Koleksi Sumut

Atletik borong 12 emas sampai hari ketiga

Medan, IDN Times - Sumatra Utara semakin menunjukkan tajinya memasuki hari ketiga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI di Papua, Senin (8/11/2021). Sumut menambah koleksi medalinya menjadi 13 emas, 10 perak dan 4 perunggu. 

Hasil ini membuat Sumut menjaga posisinya di peringkat ketiga di bawah Jawa Barat dan Papua.

Menariknya dari tambahan lima emas Sumut hari ini, dua di antaranya dari pasangan suami istri Putri Aulia dan Nur Ferry Pradana yang bertanding di cabor atletik.

1. Atletik lanjutkan dominasinya

Pasutri Ini Kawinkan Emas Peparnas, Sudah 13 Medali Koleksi SumutKetua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting bersama Putri Aulia (kanan) meraih medali emas nomor lari atletik di Peparnas Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Atletik tampil luar biasa dengan tambahan 5 emas, 3 perak dan 2 perunggu pada pertandingan di Stadion Lukas Enembe Sentani. Total sudah 12 emas, 8 perak, dan 3 perunggu yang diraih kontingen atletik. 

Tambahan satu medali emas juga disumbangkan cabor catur. Pertandingan yang berlangsung di hotel Said, Jayapura, emas disumbangkan melalui nomor catur cepat tuna rungu putri, Catrina Dwi Haloho.

Tambahan dua perak juga disumbangkan melalui cabor judo. Keduanya melalui Herman Halawa di kelas 55 kilogram putra. Medali perak kedua disumbangkan Marialam Sihotang di kelas 43 kg putri. Serta panahan yang berlangsung di arena Stadion Lukas Enembe, juga meraih satu perunggu melalui nomor Compound beregu putra. Dengan tambahan tersebut, Sumut total telah mengumpulkan 13 emas, 10 perak, dan 4 perunggu.

Baca Juga: Pindah dari Angkat Berat ke Atletik, Juliantik Sumbang 2 Emas Peparnas

2. Pasangan suami istri Putri Aulia dan Nur Ferry Pradana kawinkan emas Peparnas

Pasutri Ini Kawinkan Emas Peparnas, Sudah 13 Medali Koleksi SumutKetua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting bersama Putri Aulia (kanan) meraih medali emas nomor lari atletik di Peparnas Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Emas pertama hari ini disumbangkan Juliantik dari nomor lempar lembing F55 putri. Juliantik sukses melakukan lemparan sejauh 12,57 meter. Juliantik sudah mengoleksi dua medali emas sejuah ini.

Begitu juga dengan Alan Sastra Ginting di nomor lempar cakram F57 putra. Alan mencatatkan lemparan terjauh 41,57 meter. Ini juga jadi raihan emas keduanya. 

Menariknya pasangan suami istri Nur Ferry Pradana dan Putri Aulia menyumbang medali emas hari itu. Ferry meraihnya di nomor T47 putra dengan catatan waktu 51,18 detik. Kemudian emas keempat disumbangkan Putri Aulia di nomor 100 meter T13 putri.

Medali emas kelima ditreohakn Reza Pramana di nomor lempar cakram F44 putra, dengan lemparan sejauh 38,55 meter. Ini merupakan emas kedua bagi Reza setelah sebelumnya disumbangkan melalui nomor tolak peluru dengan tolakan sejauh 11,36 meter. Reza juga memecahkan rekor APG milik atlet Myanmar. 

3. Sumut berpeluang tambah medali lagi besok

Pasutri Ini Kawinkan Emas Peparnas, Sudah 13 Medali Koleksi SumutReza kembali mempersembahkan medali emas untuk Sumut di Peparnas Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sumut juga menambah medali perak melalui Evy Yunita Pohan di nomor balap kursi roda 400 meter putri. Kemudian Ainin Trisea Yunanda di nomor lempar lembing F56 putri. Serta perak ketiga di diraih oleh Indra Sakti Bako di nomor balap kursi roda T54 putra, dengan catatan waktu 1:00.72 detik.

Perunggu juga dipersembahkan Pamelius Goawa di nomor T13 putra dengan catatan waktu 55,47 detik, dan Ahmad Fauzy di nomor lempar cakram dengan lemparan sejauh 21,87 meter. 

Hasil ini disambut baik Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting yang hari itu juga menyumbang medali emas. Apalagi rekor internasional juga dipecahkan.

"Kita tentu apresiasi kepada atlet yang telah meraih medali. Bahkan Reza telah memecahkan dua rekor Asean Para Games. Tentu kita juga berharap cabor lain bisa menyumbangkan medali," harap Alan. 

Sumut berpeluang menambah medali lagi pada hari keempat, Selasa (9/11/2021). Cabor-cabor yang bertanding adalah atletik, panahan, catur, judo, angkat berat, tenis meja, serta bulutangkis.

Baca Juga: Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya