NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024

Diharap terus menyumbang atlet di pelatnas

Medan, IDN Times- Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatra Utara, Alan Sastra Ginting mengatakan pihaknya serius memersiapkan diri demi target juara umum di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024. Pihaknya akan memersiapkan lebih kurang lebih 300 atlet untuk mewakili Sumut di ajang Peparnas nanti.

"Pada Peparnas 2024 kita tentu targetkan yang terbaik. Pastinya saat ini kita terus melakukan talent scouting untuk menjaring atlet dari kabupaten dan kota. Pembinaan ini tidak hanya Peparnas, tapi juga untuk bisa mengirimkan atlet sebanyak - banyaknya ke pelatnas," kata Alan usai dilantik sebagai Ketum NPC Sumut 2022-2027, Senin (17/10/2022). 

Alan didampingi Sekretaris Umum, Suliadi dan Bendahara Rima Mediyana Sari memimpin NPC Sumut di periode keduanya. 

1. Atlet Sumut juga selalu menembus pelatnas

NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024Ketum NPC Sumut, Alan Sastra Ginting saat dilantik Senin (17/10/2022) (Dok.Istimewa)

Sementara Ketum NPC pusat, Senny Marbun mengatakan target menjadi juara umum sangat realistis bagi Sumut. Terbukti dari rekam jejak di beberapa Peparnas terakhir,  Sumut selalu masuk posisi lima bahkan tiga besar. 

"Saya harap sukses Peparnas di Papua, akan terjadi juga di Sumut. Sumut harus bisa juga juara umum seperti Papua. Makanya, cetak atlet sebanyak - banyaknya. Fokus pada pengembangan organisasi pengurus di daerah dan sukses dalam hal prestasi pada Peparnas 2024 nanti," harap Senny. 

Selain itu NPC Sumut juga selalu menyumbang atlet ke Pelatnas dan meraih prestasi. Terakhir di ASEAN Para Games lalu Sumut menyumbang 24 emas. 

Senny berharap ke depan tradisi itu berhasil dipertahankan untuk berlaga di ASEAN Para Games, Asian Para Games, hingga Paralimpiade. "Saat ini, pemerintah telah menyamaratakan bonus antara atlet NPC dengan atlet normal. Begitu pun soal prestasi, saat ini Indonesia merupakan raja ASEAN," tambahnya.

Baca Juga: Liga 2 Ditunda, Skuat PSMS Ikut Lari Marathon 10 K

2. NPC akan punya Sport Centre untuk pembinaan atlet nasional

NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024Ketum NPC Sumut, Alan Sastra Ginting saat dilantik Senin (17/10/2022) (Dok.Istimewa)

Untuk mendukung prestasi atlet nasional, NPC Indonesia bakal memiliki sport centre yang akan menjadi training camp bagi pembinaan atlet berprestasi seluas 10 hektare di Surakarta. 

"Di ASEAN kita sudah jadi raja. Mulai ASEAN 2014 Myanmar Indonesia juara umum. Kita tahun 2017 juga juara umum bahkan mengalahkan tuan rumah Malaysia. Begitu juga di Asian Para Games 2018, Indonesia berada di peringkat lima dengan meraih 37 emas. Sekarang ini menjadi atlet NPC harus bangga, karena presiden Jokowi sudah menyamaratakan bonus antara atlet normal dengan kita," ucap Senny. 

3. Pemprov juga mengapresiasi prestasi atlet NPC Sumut

NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut, Irjen Panca Simanjuntak menyambut atlet NPC Sumut di Bandara Kualanamu, Senin (15/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Kadispora Sumut, Tuahman Ramajaya Saragih  mengatakan, pemerintah provinsi Sumatra Utara bangga atas prestasi yang diraih para atlet NPC Sumut, baik di kancah nasional maupun internasional. Seperti di Peparnas 2021 Papua, Sumut mampu tembus posisi lima besar. Bahkan, Sumut pada ASEAN Para Games 2022, turut menyumbangkan 53 medali untuk kontingen Indonesia sekaligus mengantarkan juara umum.

"6 Oktober lalu pada peringatan Haornas tingkat provinsi, Pempov Sumut sudah berikan apresiasi kepada atlet NPC berprestasi. Apresiasi ini saya harapkan ada peningkatan prestasi. Menghadapi Peparnas 2024, segera lakukan konsolidasi dengan semua pihak dalam komitmen wujudkan prestasi. Kemudian tata kelola manajemen pengurus yang sehat, transparan, dan akuntabel. Lakukan pembinaan atlet sejak dini, lakukan talent scouting ke daerah. Raihlah prestasi terbaik di Peparnas hingga Paralimpiade," beber Tuahman.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Sahrul Rebut Emas Judo di ASEAN Para Games

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya