Kadispora Sumut Minta Cabor Gelar Banyak Even untuk Persiapan PON 2024

Rapat Kerja KONI Sumut digelar 16-18 Februari 2023

Medan, IDN Times- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatra Utara, Baharuddin Siagian mengajak insan olahraga di Sumatra Utara bersatu untuk memersiapkan diri menghadapi PON 2024. Hal itu dikatakan Baharuddin saat membuka Rapat Kerja KONI Sumut di Emerald Garden Internasional Hotel Medan, Kamis (16/2/2023) sore.

Menurutnya penantian panjang sejak 1953 harus dijawab dengan persiapan yang maksimal baik penyelenggaraan maupun prestasi.

“Ayo kita wujudkan slogan Bersatu Kita Juara, supaya Sumatera Utara mencapai target pada PON 2024. PON ini kebanggaan kita semua, karena baru ada lagi di daerah kita setelah 73 tahun lamanya. Kalau bersatu dan bekerja dengan ikhlas, saya yakin Sumut minimal peringkat empat di PON mendatang. Namun orangtua kita, Gubernur Sumatera Utara, sebenarnya ingin kita menjadi yang nomor satu,” kata Baharuddin.

1. Minta para cabor menggelar banyak even untuk persiapan PON 2024

Kadispora Sumut Minta Cabor Gelar Banyak Even untuk Persiapan PON 2024Menpora bersama Ketua KONI pusat dan Gubernur Sumut saat Launching PON 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Astaka, Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (29/1/2023) (Dok.Humas Kemenpora)

Baharuddin mengatakan senang bisa bekerjasama lagi dengan insan olahraga Sumut, setelah sempat berpisah setahun 59 hari karena dirinya mutasi menjadi Kadisnaker Provinsi Sumut. 

“Saya bangga melihat Bang John Lubis tetap semangat mengurus olahraga. KONI Sumut luar biasa,” beber mantan Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut.

Ia menceritakan kembali pasang surut KONI Sumut dari segi anggaran. KONI sebagai perpanjangan tangan pemerintah, sehingga anggarannya menjadi kewajiban pemerintah sebagaimana amanah undang-undang.

“Jadi semua cabang olahraga gelarlah kejuaraan, buatlah even sebanyak-banyaknya. Tolong dibantu juga berapa sebenarnya anggaran yang memadai untuk masing-masing cabor,” papar Bahar.

“Setidaknya data itu sudah ada akhir Maret mendatang. Kita ingin data itu segera dibahas dengan Gubernur, Pangdam I BB, Kapolda Sumut dan Kajati Sumut,” tambahnya.

Baca Juga: 587 Hari Menuju PON 2024, Sumut Diminta Segera Persiapkan Fasilitas

2. Pelatda jangka panjang PON 2024 sudah dimulai

Kadispora Sumut Minta Cabor Gelar Banyak Even untuk Persiapan PON 2024Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis (IDN Times/Doni Hermawan)

Sedangkan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan yakin mampu mencapai target yang diberikan Gubernur Sumut.

“Kita mengharapkan PON XXI menjadi yang terbaik bagi Sumatera Utara dan Indonesia. Kita juga yakin mampu mencapai besar dengan target 95 medali emas,” jelas John Lubis.

Ditambahkannya bahwa KONI Sumut sudah menggelar kembali Pelatda Jangka Panjang PON 2024 yang dimulai 1 Februari 2023 dengan melibatkan 47 cabang Olahraga

“Pelatda diikuti 643 atlet, serta 150 pelatih dan wasping, jadi total keseluruhannya 793 orang,” papar mantan Ketua Harian IMI Sumut tersebut.

John Lubis pun memastikan bahwa PON XXI Aceh-Sumut 2024 dilaksanakan pada 8-20 September 2024 dengan mempertandingkan 33 Cabor di Aceh dan 34 Cabor di Sumut dengan 1033 nomor pertandingan.

3. Raker membahas program 2023 termasuk pelatda dan persiapan PON 2024

Kadispora Sumut Minta Cabor Gelar Banyak Even untuk Persiapan PON 2024Kadispora Sumut Baharuddin Siagian bersam Ketua KONI Sumut John Lubis dan pengurus lainnya saat Rapat Kerja KONI Sumut (Dok.Istimewa)

Sebelumnya H Sakiruddin selaku Ketua Panpel Raker KONI Sumut melaporkan bahwa rapat membahas evaluasi program 2022  seperti Porprov Sumut ddan rencana program 2023, termasuk Pelatda PON 2024.

“Pesertanya utusan KONI 54 orang, Pengprov Olahraga 114 orang, Badan Fungsional 8 orang, pengurus KONI Sumut 46 orang dan wartawan 25 orang. Pelaksanaannya 16-18 Februari 2023,” ujar Sakir.

Baca Juga: Menpora Pastikan Pemilu 2024 Tak akan Ganggu Jadwal PON XXI 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya