Hari Pertama Peparnas Papua, Sumut Borong 7 Emas dari Atletik

Rekor ASEAN Para Games 2017 dipecahkan atlet Sumut

Medan, IDN Times - Sumatra Utara langsung tancap gas pada hari pertama bertanding di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI. Para atlet dari cabang olahraga atletik berhasil memborong tujuh medali emas pada pertandingan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (6/11/2021).

Sumut juga meraih lima medali perak dan satu perunggu. Emas itu diraih lewat Anini Trisea Yunanda di nomor Tolak Peluru F56 putri. Emas kedua juga melalui Reza Pramana Perangin-angin di Tolak Peluru F44 putra. Kemudian Nina Gusmita di nomor kursi roda 400 meter putri, Riadi Saputra Lempar Cakram F55 putra, Juliantik Tolak Peluru F55 putri, dan Reza Surya Amri Lompat Tinggi F47 putra. Serta emas terakhir melalui Eva Lamria Sihombing di tolak peluru F42 putra. 

1. Pencapaian luar biasa bagi Sumut

Hari Pertama Peparnas Papua, Sumut Borong 7 Emas dari AtletikKetua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Sedangkan medali perak melalui Evy Yunita Pohan di nomor kursi roda 400 meter putri, Yuddi Ana Tolak Peluru F57 putri, Nurmala di lempar lembing F44 putri, Marta Tambunan di nomor lompat jauh T11 putri, dan Muhammar Habibila Lompat Jauh di T13 putra. Serta satu perunggu diraih Eva Lamria Sihombing di Lempar Lembing F42 putri.
 
Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, raihan tujuh emas di hari pertama menjadi pencapaian luar biasa, karena sejumlah atlet Sumut sukses membuat kejutan. Seperti Reza Pramana Perangin – angin yang sukses memecahkan rekor Asean Para Games 2017 Malaysia.
 
“Kita sangat apresiasi pencapaian atlet atletik di hari pertama ini karena ada beberapa nomor yang buat kejutan. Seperti Reza dan Anini yang bisa memberikan medali emas di Peparnas perdana,” ucap Alan.

Baca Juga: Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun Lalu

2. Reza pecahkan rekor ASEAN Para Games di nomor tolak peluru

Hari Pertama Peparnas Papua, Sumut Borong 7 Emas dari AtletikReza Perangin-angin memecahkan rekor ASEAN Para Games di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Prestasi gemilang diukir Reza Pramana Perangin - angin. Selain sukses meraih medali emas, Reza juga memecahkan rekor Asean Para Games 2017 Malaysia dengan tolakan sejauh 11,36 meter. Pesaingnya Rohim dari Jawa Barat harus puas meraih perak dengan catatan lemparan 10,69 meter. Serta perunggu diraih Faujiansyah dari Kalimantan Selatan dengan 10,55 meter.

Atlet berusia 25 tahun ini bersyukur bisa mewujudkan target emas di Peparnas perdananya. Meski sempat mengalami cidera jelang perlombaan, namun semangat tinggi untuk meraih kemenangan mampu ia kendalikan.
 
"Sebenarnya kurang puas ya. Karena best personal saya 11,60 meter. Tapi, harus disyukuri karena kondisi lutut kaki juga sempat cedera. Bersyukur sih bang akhirnya bisa emas di Peparnas perdana," ujar Reza. 

3. Cabor atletik berpeluang menambah medali lagi

Hari Pertama Peparnas Papua, Sumut Borong 7 Emas dari AtletikKetua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara Anini Trisea Yunanda juga bersyukur akhirnya menyabet emas perdana di ajang Peparnas. Mantan atlet karateka ini bahkan mampu memecahkan catatan tolakan atas namanya sendiri sejauh 6,53 meter. 
 
"Harapannya bisa lebih baik dari hari ini. Saya sebenarnya ingin bisa sampai ke Pelatnas. Karena dari dulu cita - cita saya, ya tampil di event internasional. Tapi itu juga tidak gampang karena harus memulai dari nol," ujarnya.
 
Kontingen Sumut masih berpeluang menambah pundi – pundi medali di cabang atletik. Seperti nomor sprint putra- putri, lempar lembing, cakram, tolak peluru dan lompat jauh.

Baca Juga: Tekad Putri Aulia Raih Emas Peparnas untuk Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya