Dramatis! Tim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di Papua

Unggul selisih gol atas Sumbar dan Aceh

Medan, IDN Times - Lolos dari lubang jarum, Tim Futsal Sumatera Utara mantap ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Sumut menjadi juara grup A menyingkirkan Sumatera Barat, Aceh, dan Jambi pada Pra-PON di GOR Jatinangor, Jawa Barat.

Pada klasemen akhir, ada tiga tim yang memiliki nilai sama yakni 6 poin yakni Sumut, Aceh, dan Sumbar. Namun Sumut teratas berkat unggul selisih gol.

Sumbar versus Aceh berakhir dengan skor 2-1, Sumut versus Aceh berakhir dengan skor 2-3, Sumut versus Sumbar berakhir dengan skor 4-3.

1. Perjalanan tim Sumut di Pra PON cukup berliku

Dramatis! Tim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di PapuaTim futsal Sumut yang sudah memastikan lolos ke PON 2020 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sumut sempat menelan kekalahan di laga perdana dari Aceh dengan skor 2-3. Sumut di laga kedua Sumut mengalahkan Jambi dengan skor 4-2.

Lalu dalam laga ketiga sekaligus penentunya, Rabu (18/12), siang berhasil mengalahkan Sumbar dengan skor 4-3. Empat gol penting Sumut oleh hattrick Arif ditambah satu gol Rifaldi.

Baca Juga: Pahlawan Emas PON 1985 dan Eks PSMS Terbaring karena Gagal Ginjal  

2. Sumut lolos sesuai regulasi

Dramatis! Tim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di PapuaTim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di Papua (Dok.IDN TImes/istimewa)

Sesuai dengan regulasi, jika ada dua tim/provinsi memiliki nilai yang sama ditentukan lewat head to head, bukan seluruh pertandingan. Selanjutnya produktivitas gol.

Kemudian bila tiga tim memiliki poin yang sama, ditentukan dari hasil pertandingan ketiganya. Lalu lewat produktivitas gol hanya dari pertandingan dari di antara mereka, bukan dari dari seluruh pertandingan.

Selisih gol tiga tim teratas yang memiliki poin sama: (Sumut unggul gol memasukkan)

1. Sumut : 6-6 (selisih 0)
2. Sumbar : 5-5 (selisih 0)
3. Aceh : 0-0 (selisih 0)

3. Pelatih Sumut: Terima kasih atas dukungannya

Dramatis! Tim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di PapuaTim Futsal Sumut Lolos PON 2020 di Papua (Dok.IDN Times/istimewa)

Pelatih Tim Sumut, Bantuan Mandai mengucap syukur atas keberhasilan tim. "Alhamdulillah kami panjatkan syukur kepada Allah, usaha dan perjuangan kami berbuah tiket menuju PON 2020," kata Bantuan.

"Terimakasih buat semua doa dan dukungan masyarakat Sumut. Semoga ke depan lebih baik lagi," tambahnya.

Untuk rencana selanjutnya, Bantuan menyerahkan sepenuhnya kepada KONI Sumut. "Tim balik tanggal 20 Desember ini. Kalau soal rencana selanjutnya termasuk TC maupun try out ke luar, kami tunggu dari KONI Sumut," terangnya.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Sumut Rebut Tiket PON 2020, Ini Kunci Suksesnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya