Comscore Tracker

Dispora Medan Dorong Klub-klub Sekolah Gelar Kompetisi Rutin

Tidak hanya bergantung pemerintah

Medan, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan meminta klub-klub sekolah berinisiatif menggelar kompetisi rutin. Tanpa harus bergantung dengan bantuan pemerintah. 

Jika itu bisa dilakukan maka itu bisa mendorong pemerintah memberikan bantuan dan penghargaan. Hal itu disampaikan Sekretaris Dispora Medan A'zam Nasution saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Pelatih/Wasit Kota Medan di Aula FIK Unimed, Senin (9/12).

1. Sekolah harus kreatif tidak hanya bergantung pemerintah

Dispora Medan Dorong Klub-klub Sekolah Gelar Kompetisi RutinIDN Times/Doni Hermawan

Dijelaskan, ke depan klub olahraga harus bisa melakukan inisiatif sendiri. Jangan hanya berharap kepada bantuan pemerintah. "Selama ini keberadaan klub tergantung kepada pemerintah. Jika pemerintah tak ada, maka klub juga tak ada," ujarnya.

A'zam barharap agar situasi ini diubah. Bahkan, dia yakin jika klub-klub olahraga rutin melakukan kompetisi, maka akan mendorong pemerintah memberikan bantuan. "Pemerintah tidak akan tinggal diam. Pasti akan diberi bantuan dan penghargaan," tandasnya.

Baca Juga: 9 Fakta Harris Horatius, Atlet Wushu Medan Peraih Perak SEA Games 2019

2. Jika pelatih berkualitas maka akan lahir atlet berkualitas pula

Dispora Medan Dorong Klub-klub Sekolah Gelar Kompetisi RutinDok. IDN Times/IStimewa

Untuk itu, A'zam meminta agar peserta pelatihan benar-benar serius mengikuti pelatihan ini. Dia berharap agar terjadi komunikasi dua arah. "Kalau kalian kurang paham, silahkan bertanya," pesannya.

Dia berharap agar pelatihan ini bisa menambah pengalaman dan ilmu bagi pelatih. Pelatih diharapkan bisa merangsang atau memotivasi atlet untuk semakin giat melakukan latihan.

"Kita yakin, jika pelatih berkualitas, maka akan lahir atlet berprestasi. Kita ingin semakin banyak pelatih berkualitas di Kota Medan, guna menyongsong tuan rumah PON 2024," sebutnya.

3. Pelatihan diikuti 100 pelatih dan wasit sekolah

Dispora Medan Dorong Klub-klub Sekolah Gelar Kompetisi RutinDok. IDN Times/IStimewa

Ketua Panitia Yon Alferi melaporkan, pelatihan ini diikuti 100 pelatih dan wasit klub sekolah binaan Dispora Medan. Even ini berlangsung di Aula FIK Unimed, 9-12 Desember 2019.

"Kita berharap pelatihan ini bisa menambah ilmu dan pengalaman pelatih, sehingga bisa diterapkan kepada para atlet," harapnya.

Patihan ini akan dibagi dalam sesi teori dan praktek. Adapun narasumber yang hadir Drs H Basaruddin Daulay (FIK Unimed), DR Imran Ahmad (Lembaga Ilmiah Olahraga), DR Rahmadewi (Lembaga Ilmiah Olahraga), DR Amir (Lembaga Ilmiah Olahraha), Amansyah MPD (Lembaga Ilmiah Olahraga) dan lainnya.

Baca Juga: Kickboxer Sumut Bonatua Janji Habis-habisan di Final SEA Games

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You