4 Pelari Sumut Siap Bertarung di Arena ASEAN Schools Games 2019

Berdasarkan prestasi di Kejurnas

Medan, IDN Times - Empat atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara dipanggil masuk ke pelatnas. Mereka akan memperkuat Merah-Putih di ASEAN Schools Games 2019, yang berlangsung 17-25 Juli di Semarang, Jawa Tengah.

Keempat atlet berasal dari cabang olahraga atletik yaitu, Nella Agustin (400 meter putri, 4 x400 meter putri), Halimatus Sadiah (800 meter putri), Rezcan Mass (1.500 meter dan 5000 meter putra), dan M Ridho Saragih (4x100 meter putra). Selain empat atlet, pelatih atletik Edi Herianto Harahap juga dipanggil ke pelatnas.

Baca Juga: Atlet Taewondo Sumut Ikuti Kejuaraan Dunia Junior di Yordania

1. Incar medali perunggu

4 Pelari Sumut Siap Bertarung di Arena ASEAN Schools Games 2019Dok.IDN Times/istimewa

Atlet lari jarak menengah, Nella Agustin siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia di event tersebut. Atlet kelahiran Sei Rampah, 14 Agustus 2003 ini tengah fokus berlatih jelang keberangkatan Sabtu (7/7) mendatang.

"Ini lagi fokus program latihan khusus interval 600 meter dan 800 meter. Kemudian lari dan angkat beban juga untuk latihan fisik, termasuk juga naik turun tangga,” terang Nella di PPLP Sumut, Kamis (4/7). Nella akan ikut di dua nomor yakni, 400 meter putri dan 4x400 meter estafet putri. Dia pun mengincar medali perunggu pada ASEAN Schools Games tahun ini. "Target pasti ingin maksimal dan catatan waktu bisa naik mencapai 58 atau 59 detik," sambung dia.

2. Hapal kekuatan lawan

4 Pelari Sumut Siap Bertarung di Arena ASEAN Schools Games 2019Dok.IDN Times/istimewa

Nella sudah paham akan kekuatan lawannya nanti. Rata-rata catatan terbaik mereka bisa 57 dan 58 second. "Pesaing banyak. Ada dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia,” ucap Nella.

Meski sulit bersaing, tapi Nella tak kehilangan semangat. Dia merasa tertantang turun di nomor baru yang hanya ia pelajari sejak lima bulan lalu.

“Saya awalnya gak nyangka bisa dipanggil karena memang baru dipindahkan ke nomor lari itu. Tantangannya pasti jauh lebih sulit, tapi target harus lebih baik lagi," bebernya.

3. Dipanggil karena prestasi di Kejurnas

4 Pelari Sumut Siap Bertarung di Arena ASEAN Schools Games 2019Dok.IDN Times/istimewa

Keempat atlet terbaik Sumut mendapat panggilan ke Pelatnas setelah setelah sukses meraih medali di Kejurnas atletik antar PPLP tahun 2019 di Bangka Belitung.

Hal tersebut diakui Kepala Seksi pembinaan dan pengasuhan UPT Kebakatan Olahraga Dispora Sumut, Jabuhal Simamora.

“Semoga mereka bisa mengaharumkan nama Indonesia dan juga Sumut nantinya. Targetnya itu pasti bisa meraih prestasi," ujar Jabuhal di PPLP Sumut, Kamis (4/7).

Dengan pemanggilan keempatnya, Jabuhal yakin nantinya mereka bisa menjadi andalan Sumut di Pekan Olahraga Nasional 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah. "Atlet yang ada di PPLP saat ini memang diproyeksi untuk PON 2024. Makanya program latihan mengarah ke sana," lanjutnya.

Baca Juga: Porprov Sumut Usai, Ijeck Berharap Regenerasi Atlet Terjadi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya