Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali Emas

Porprov Sumut akan dihelat tanggal 22-29 Juni 2019

Medan, IDN Times - Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprov Sumut) akan dihelat mulai 22-29 Juni 2019. Sejumlah kontingen dari masing-masing kabupaten dan kota se-Sumut sudah melakukan persiapan jelang pesta olahraga empat tahunan di Sumut itu.

Akan ada 14 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingakan pada multi-event kali ini mulai dari angkat besi, voli, sepakbola, drum band, tenis meja, bulu tangkis, catur, biliar, karate, tinju, taekwondo, pencak silat, gulat, dan atletik.

Bagaimana persiapan dan target Taekwondo Indonesia (TI) Kota Medan jelang Porprov Sumut tahun ini?

1. Pasang target juara umum

Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali EmasDok. IDN Times/Istimewa

Taekwondo Indonesia Kota Medan begitu percaya diri jelang Porprov Sumut 2019. Tak tanggung, Medan langsung menargetkan untuk juara umum dengan raihan setidaknya 8 medali emas.

"Kalau bisa dapat lebih. Itu minimal dapat 8 emas sesuai kesepakatan bersama KONI Medan. Jadi nanti ada 21 emas yang diperebutkan. Rinciannya untuk tarung putra 8 emas, tarung putri 8 emas, dan seni 5 emas," kata pelatih taekwondo Medan, Suhamsyah Sinulingga di Medan, Senin (13/5).

Baca Juga: Lifter Sumut Berpeluang Wakili Indonesia di SEA Games Filipina

2. Seleksi ketat demi tiket menuju Pra-PON

Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali EmasDok. IDN Times/Istimewa

Ketua TI Kota Medan, M Syafei menjelaskan, para atlet yang akan turun di Porprov Sumut 2019 sudah diseleksi secara ketat.

Bahkan atlet-atlet yang terpilih merupakan pilihan hasil dari Porwil Sumut wilayah 1/2018.

Pihaknya pun mengimbau, agar atlet terus menjaga kondisi dan performa terbaiknya mengingat jadwal Porprov Sumut sudah dekat.

"Imbauan kepada atlet agar fokus berlatih, tingkatkan kemampuan mulai dari fisik, teknik hingga mental demi menggapai target juara umum," ujarnya.

"Semoga para atlet bisa memberikan kemampuan terbaiknya nanti. Apalagi ini akan jadi tiket atlet menuju Pra-PON," tambah Syafei.

3. Waspadai kekuatan daerah lain

Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali EmasDok. IDN Times/Istimewa

Meski percaya diri, pengurus TI Kota Medan tak mau sesumbar terlebih jauh. Pihaknya tetap mewaspadai kekuatan dari daerah lain termasuk Karo, Langkat, Deli Serdang, dan Dairi.

"Kekuatan sebenarnya merata di setiap daerah, tapi kami tetap mewaspadai calon lawan nanti untuk nomor tarung dan juga seni. Kuncinya itu para atlet harus serius dan punya kemauan agar bisa berprestasi," terangnya.

4. Berikut para taekwondoin Kota Medan

Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali EmasDok. IDN Times/Istimewa

TI Kota Medan menurunkan sebanyak 15 taekwondoin yang akan bertanding di dua nomor pertandingan, yakni tarung (kyourugi) dan seni (poomsae). Medan ikut untuk kategori putra dan putri.

Untuk nomor tarung putra, Medan menurunkan Agung Devandri, Elius Emanuel Hareva, M Rasied, Handiki Syaputra, Fajar Chalifah. Sedangka untuk putri diisi Fani fitria, Sheila Bela Sitepu, Yola Tri Anisa, Nesy Enda Gina, Oppi Danena, Thania.

Untuk nomor pertandingan seni akan diikuti Heru (single putra), Ade (single putri), Heru dan Ade (ganda), serra Heru, Andre, dan Fahmi (beregu putra).

Baca Juga: Detik-detik Menegangkan Lengsernya Soeharto dari Kursi Presiden

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya