Palmanco Cup, Ajang Evaluasi Bagi Tim Basket 3x3 Sumut

Sistem promosi dan degradasi atlet berjalan

Medan, IDN Times - Tim basket 3x3 Sumatera Utara kembali akan menguji kekuatannya sebelum berlaga di Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019. Kali ini, baik tim putra dan putri akan mengikuti turnamen lokal yang ada di Medan.

Bagi tim basket 3x3 Sumut, sparing dalam bentuk turnamen merupakan salah satu program pelatda. Hal itu penting demi menjaga peluang di Pra-PON yang bakal digelar di Jakarta, 17-18 Agustus mendatang.

1. Ikut Turnamen Palmanco Cup

Palmanco Cup, Ajang Evaluasi Bagi Tim Basket 3x3 SumutDok. IDN Times/Istimewa

Sekretaris Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Herijanto mengatakan, turnamen kali ini menjadi yang ketiga kalinya diikuti tim basket 3x3 Sumut. Sebelumnya, tim Pra-PON Sumut ikut di INTI Cup pada Maret dan Danlanud Cup pada April.

"Palmanco Cup akan berlangsung 18 hing­ga 19 Mei 2019 di Lapangan Outdoor Kompleks Cemara Asri Sports Club. Turnamen ini diikuti 42 tim yang bermain di KU 18 dan KU 23 putra dan putri sesuai standart acuan FIBA Rules 3x3," sebut Herijanto.

Baca Juga: Taekwondoin Medan Dibebani Target 8 Medali Emas

2. Pasang target juara

Palmanco Cup, Ajang Evaluasi Bagi Tim Basket 3x3 SumutDok. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya di INTI Cup dan Danlanud Cup, tim putra dan putri mencatat prestasi sempurna dengan memborong gelar juara. Kali, peluang untuk meraih prestasi serupa pun dicanangkan tim pelatih.

"Ini memang ajang try in aja. Kalau ditanya target, pasti tetap ingin juara," kata Herijanto.

"Selanjutnya try out ini yang belum. Harapannya ya pasti ingin ada try out, tapi kami belum tahu kapan itu. Semoga bisa terlaksana," lanjutnya.

 

3. Siap lakukan evaluasi

Palmanco Cup, Ajang Evaluasi Bagi Tim Basket 3x3 SumutDok. IDN Times/Istimewa

Palmanco Cup sendiri tetap menjadi bahan evaluasi tim pelatih. Seiring dengan pelatda berjalan, pelatih masih terus melakukan sistem promosi dan degradasi untuk setiap atlet.

"Jadi tim yang ke Pra-PON bisa saja berubah, karena masih akan ada promosi dan degradasi atlet," terangnya.

Adapun tim putra basket 3x3 Sumut diasuh oleh Donal Partogi Marpaun dan Herijant, sementara untuk tim putri dipimpin Hidayat Natasasmita dan Franky Sinambela.

Susunan tim putra 3x3 Sumut, yakni Limbong, Wafi, Rafi, Nicholas, Calvin, Temmo, Juan Harsab Maulana, dan Petrus. Sementara tim putri, yaitu Asima, Cindy Fransisca, Laeticia Tanuputri, Dwi R, Tassya Adilla, Yanti

Baca Juga: Jelang Pra-PON, Tim Basket 3x3 Sumut Rencanakan Try Out

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya