Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba Rally

Canya adalah Putri Om Pras Ketua DPRD DKI Jakarta

Simalungun, IDN Times - Danau Toba Rally 2022 resmi dibuka secara seremonial di Parapat, Simalungun, Jumat (5/8/2022). Total ada 43 pebalap yang akan adu kecepatan pada dua seri yang akan berlangsung hingga Minggu (7/8/2022).

Nama-nama beken yang mengikuti balapan ini di antaranya Rifat Sungkar, Musa Rajeckshah, Ryan Nirwan, Prasetyo Edi Marsudi, Harun Nasution dan lain sebagainya. 

Namun ada yang paling menyita perhatian: Canya Prasetyo. Ia adalah satu-satunya pebalap perempuan yang ikut adu cepat pada seri ini.

Siap sih sosok Canya sebenarnya? Yuk simak:

1. Canya adalah putri dari Ketua DPRD DKI Jakarta H. Prasetyo Edi Marsudi

Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba RallyCanya Prasetyo dan Om Pras (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Canya Prasetyo lahir di Jakarta 22 tahun silam. Ia adalah putri dari Ketua DPRD DKI Jakarta H. Prasetyo Edi Marsudi. Pria yang akrab disapa Om Prass ini juga hadir dan ikutan Danau Toba Rally 2022 menggunakan mobil Mutsubishi Evo X bernomor 86.

Sedangkan Canya menggunakan Subaru Prodrive dengan nomor 26.

"Pada balapan kali ini saya ga muluk-muluk sih targetnya, yang penting bisa finish aja," ujar Canya.

Kakak laki-laki Canya juga turut serta dalam ajang balapan ini, yakni Bimo Pradikto. Turun dengan mobil Toyota Yaris Proto bernomor 4.

Ketiganya di bawah manajemen tim balap Banteng MotorSport.

2. Canya bertabur prestasi

Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba RallyCanya Prasetyo dan Om Pras (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Canya Prasetyo bukan nama yang asing di balapan mobil. Ia pernah turun di ajang Indonesia Touring Car Racing (ITCR) kelas 1.200 cc.

Ia juga telah meraih beberapa prestasi di ajang balap slalom dan rally. Antara lain mendapat podium pertama pada Kejurnas Sprint Rally Banten putaran 5 tahun 2018, juara ke-3 BSNC Jakarta dan juara ke-5 Autogymkhana 2019, dan Podium 3 pada Kejuaraan Nasional Slalom U-23 2019.

Semoga pada balapan kali ini Canya bisa mengukir prestasi juga ya.

3. Dikontrak tim Honda Racing Indonesia untuk slalom

Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba RallyCanya Prasetyo (Dok. Hondaisme)

Canya saat ini adalah mahasiswi semester 7 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Selain pebalap mobil, ia juga mahir sebagai offroader dan juga peslalom.

Kini Canya dikontrak tim Honda Racing Indonesia untuk slalom dan balap mobil.

"Di slalom, sudah beberapa kali naik podium kejurnas kelas Wanita. Sedangkan di kejuaraan slalom U23, malah sudah sering menang," ungkap Canya.

Baca Juga: Danau Toba Rally, Rifat Sungkar Pastikan Comeback Setelah 12 Tahun

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya