Ini Pesan Marquez dan Espargaro untuk Pebalap Astra Honda

Letakkan ambisi untuk tampil di kejuaraan dunia

Menjelang agenda balap GP Mandalika, dua pebalap dunia dari Repsol Honda Team MotoGP, Marc Marquez dan Pol Espargaro menyapa konsumen dan sejumlah komunitas sepeda motor Honda di Indonesia, Kamis (17/3/2022).

Pesan penting pun dibagikan kedua pebalap asal Spanyol itu untuk pebalap muda Indonesia yang berjuang demi membanggakan Bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan Virtual Meet & Greet yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM) menyambut GP Mandalika tersebut, turut dihadiri empat pebalap Indonesia binaan Honda yang tahun ini turun di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022.

Mereka adalah Vega Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Diandra Mahardika.

1. Letakkan ambisi untuk tampil di kejuaraan dunia

Ini Pesan Marquez dan Espargaro untuk Pebalap Astra HondaPebalap Repsol Honda Team Pol Espargaro dan Marc Marquez menyapa konsumen dan komunitas Honda di Indonesia secara virtual Kamis (17/3/2021). (Dok. AHM)

Marquez menyampaikan pesan kepada para pebalap belia binaan Honda, bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan bakat balap terbaik, seperti Mario Suryo Aji yang pernah dibina Honda dan tahun ini tampil di GP Moto3.

Banyaknya pebalap muda dari Indonesia dan terbukanya kesempatan yang diberikan kepada mereka, menurut pemegang titel 8 kali juara dunia itu menjadi hal yang sangat penting.

”Kesempatan yang diberikan Astra Honda untuk pebalap muda Indonesia sangatlah penting. Ini menjadi kesempatan yang baik. Nikmati masa-masa ini, ambil kesempatan untuk tampil di ajang yang dilalui dengan baik, dan letakkan ambisi untuk tampil di kejuaraan dunia,” kata Marc.

Baca Juga: Marquez Crash, Warganet Serbu Michelin yang Kasih Ban Jadul

2. Nikmati setiap balapan

Ini Pesan Marquez dan Espargaro untuk Pebalap Astra Hondaaleix espargaro, pol espargaro (instagram.com/alaixespargo)

Setali tiga uang, Pol yang tampil menawan pada seri pertama MotoGP di Qatar beberapa waktu lalu di atas Honda RC213-V juga memberikan motivasi serupa untuk para pebalap Indonesia. Pol berharap suatu saat nanti, terdapat pebalap Indonesia yang tampil di MotoGP.

”Pada usia belia dan sudah dapat kesempatan mengikuti kejuaraan bergengsi, memang banyak hal yang akan menjadi tekanan. Terpenting adalah menikmati setiap balapan dan apa yang sedang mereka lakukan, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya,” kata Pol.

Meet and Greet bersama pebalap Repsol Honda Team dan pebalap lokal binaan Honda ini dihadiri sekitar 500 peserta. Mereka datang dari konsumen dan komunitas seluruh Indonesia yang dipilih berdasarkan berbagai aktivitas yang mereka lakukan sebelumnya.

Untuk komunitas motor Honda Sumatera Utara sendiri diwakili oleh para bikers yang berasal dari CBR Club Medan, Honda Streetfire Club Indonesia (HSFCI) chapter Medan, Sonic Club Medan (SOCMED), Honda ADV150 Indonesia (HAI) Chapter Medan, dan Vario Honda Matic Club (VANATIC) yang mengaku sangat berbangga dapat kesempatan untuk melihat langsung pebalap Repsol Honda dan mendukung para pebalap Tanah Air yang akan berupaya mengharumkan nama Indonesia di ajang MotoGP Mandalika 2022.  

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan pesan Marquez dan Espargaro, serta dukungan yang diberikan masyarakat temasuk komunitas motor Honda untuk para pebalap Astra Honda tentunya akan menjadi api penyemangat dalap perjuangan mereka mengukir prestasi dan memberikan kebanggaan bagi bangsa.

3. Tantangan dan mimpi pebalap Indonesia

Ini Pesan Marquez dan Espargaro untuk Pebalap Astra HondaPebalap Muda Astra Honda, Reykat Yusuf Fadillah (Dok. AHM)

Kesempatan membalap satu sirkuit bersama pebalap dunia tentu menjadi kesempatan langka untuk para rider belia binaan Honda. Hal tersebut diutarakan Aan Riswanto, salah satu pebalap yang akan tampil di IATC 2022 dalam Meet & Greet bersama Marc Marquez dan Pol Espargaro.

”Senang sekali mendapat kesempatan membalap di satu ajang balap bersama para pebalap dunia. Tapi yang paling penting, saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Saya siap mengambil pembelajaran positif agar bisa meraih mimpi menjadi pebalap seperti mereka (Pol dan Marc),” ucap Aan, yang tahun ini menginjak usia 16 tahun.

Sebagai lulusan Astra Honda Racing School, keempat pebalap ATC dari Indonesia ini siap mengambil banyak pelajaran di setiap race IATC 2022. Pengetahuan balap pada AHRS dan pengalaman di lintasan, akan terus dikembangkan. ”Terutama strategi handling motor prototipe. Semua akan saya serap untuk mengembangkan kemampuan terbaik,” sahut Reykat.

Tentu, membalap di depan publik sendiri menjadi tantangan cukup berat. Namun, para pebalap muda ini punya tekad kuat menaklukkan semua tantangan tersebut, seperti yang dikatakan Veda Ega Pratama, peraih podium ketiga race kedua seri pertama IATC di Qatar.

”Buat saya, tantangan terbesar adalah bagaimana menjaga fokus dan konsentrasi untuk bisa membalap dengan baik, tidak melakukan kesalahan, dan terus memberikan kemampuan terbaik,” ucap Veda, pebalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta itu.

Satu lagi pebalap binaan Honda di IATC, Muhammad Diandra Mahardika, dalam kesempatan Meet & Greet bersama Marc Marquez dan Pol Espargaro, mengaku bangga bisa membalap dalam satu event bersama pebalap MotoGP.

”Sangat luar biasa membalap di sirkuit kebanggan Indonesia, bareng pebalap MotoGP. Sebuah kesempatan yang tidak semua pebalap dapatkan. Saya akan manfaatkan dengan baik kesempatan ini,” katanya.

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Cara Memilih Jaket yang Tepat untuk Bermotor

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya