Comscore Tracker

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnya

Berikut pendapat para ahli

Ada yang pernah mendengar jika usia wanita cenderung lebih panjang dibandingkan pria? Ternyata hal itu sudah diteliti oleh para ahli. 

Dari data terbaru CDC menemukan bahwa rerata pria Amerika hidup hingga usia 86, sedangkan wanita Amerika mencapai angka 91. Lebih lanjut, indeks HALE WHO menunjukkan bahwa rerata usia sehat pria Amerika tanpa adanya penyakit atau cedera mayor adalah 67 tahun, sedangkan wanita Amerika 70 tahun.

Mengapa demikian? Yuk, disimak penjelasan berikut!

1. Testosteron jadi faktor paling potensial

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyarejuvenate-md.com

Siapa sangka hormon seks yang sangat identik dengan pria ini justru menjadi faktor paling potensial? Menurut Profesor Kyung-Jin Min dari Ilmu Biologi Inha University, Korea Selatan, testosteron dapat menurunkan fungsi imun dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Dilindungi, Tapi 10 Hewan Langka Ini Paling Banyak Diperdagangkan

2. Estrogen mempunyai fungsi lebih protektif

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyapixabaya.com/tookapic

Sebaliknya, menurut Perminder Sachdev, seorang profesor neuropsikiatri dari University of New South Wales, estrogen bersifat lebih protektif dengan peran antioksidan yang dimilikinya. Sebuah studi di International Journal of Endocrinology pada tahun 2013 menemukan bahwa estrogen dapat mencegah kerusakan DNA yang dapat berkembang menjadi penyakit tertentu.

3. Kodrat wanita

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyanordicnaturals.com

Perlu dipahami, hal ini sepenuhnya bersifat spekulatif. Masih menurut Sachdev, ketika seorang wanita telah melahirkan, kehadiran seorang ibu lebih penting daripada ayahnya. Kuat atau tidaknya tubuh wanita akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup anak tersebut.

Baca Juga: Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Ini

4. Peran wanita sebagai ibu

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini RisetnyaUnsplash/Zach Lucero

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tubuh wanita yang telah berevolusi untuk bertahan dan bangkit kembali dari trauma fisik kehamilan dan persalinan merupakan kelebihan lain yang tidak dimiliki pria. Ditambah lagi, tuntutan untuk menyusui si kecil juga adalah hal yang pernah mungkin dipunyai dan dilakukan pria.

5. Gaya hidup

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyacapetown.travel

Meski gaya hidup tak lagi terbatas pada gender, kebiasaan seperti merokok, minum alkohol secara berlebihan, dan obesitas lebih banyak dialami oleh pria. Kurang sehatnya pola hidup yang seperti ini tentu berdampak pada kesehatan serta angka harapan hidup.

6. Tidak segera mencari pertolongan

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyablog.mavencare.com

Ketika mengalami gejala gangguan fisik tertentu, wanita lebih cepat untuk melakukan pemeriksaan dan mencari pertolongan medis. Sementara itu, pria cenderung lebih suka mengabaikannya hingga mencapai tahap yang dirasa sangat mengganggu dan umumnya telah mencapai tingkat yang lebih parah. Selain itu, pria juga relatif lebih tidak patuh aturan bila harus menjalani perawatan atau bahkan mengonsumsi obat tertentu sesuai anjuran.

7. Lebih berani mengambil risiko tinggi

Mengapa Wanita Kebanyakan Hidup Lebih Lama dari Pria? Ini Risetnyamensjournal.com

Yang tak kalah penting, pria juga mempunyai tendensi untuk mengambil risiko yang mengancam jiwa dibandingkan wanita. Mereka lebih sering terlibat dalam adu fisik, perkelahian senjata, serta kecelakaan kendaraan.

Tapi di luar penelitian itu, tak ada yang tahu kapan mati karena itu menjadi rahasia Tuhan. Tanpa memandang gender. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Menentukan Kiblat Salat saat Kamu Berada di Alam Bebas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya