Comscore Tracker

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnya

Hujan meteor terbaik sepanjang tahun ini!

Di bulan Desember 2020 ini, ada satu peristiwa langit yang paling dinantikan oleh para pengamat di seluruh dunia, yaitu hujan meteor Geminid. Puncaknya terjadi malam ini, 13 Desember hingga 14 Desember 2020. Ini merupakan salah satu peristiwa langit terbesar sepanjang tahun, lho. 

Penasaran ingin lihat hujan meteor Geminid, begini caranya!

1. Hujan meteor terbaik dan paling "ramai" di 2020

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnyaamsmeteors.org

"Ini akan menjadi hujan meteor terbaik di 2020, tak perlu dipertanyakan lagi," kata ahli meteor NASA, Bill Cooke kepada Space.

Benar, hujan meteor Geminid yang hadir di Desember ini merupakan peristiwa langit paling besar dan dinantikan sepanjang tahun. Ini karena di malam puncaknya, akan ada 120 hingga 150 meteor yang melintas setiap jam.

Namun menurut laporan Pusat Sains Antariksa LAPAN (Pussainsa LAPAN), akan ada sekitar 86 hingga 107 meteor per jam yang melintas di langit Indonesia. Walaupun terdengar lebih sedikit, ini tetaplah peristiwa besar. Sebab biasanya hanya ada sekitar 20 meteor yang melintas. Langit malam yang gelap pun akan tampak dihiasi kilatan cahaya yang begitu semarak. 

2. Puncaknya terjadi pada 13 hingga 14 Desember 2020

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnyanasa.gov

Setiap hujan meteor pasti memiliki malam puncak. Untuk Geminid, puncak akan terjadi mulai 13 Desember 2020 pukul 20.00 hingga 14 Desember pukul 05.00 waktu daerahmu masing-masing.

Walaupun begitu, NASA mengatakan bahwa hujan meteor Geminid memiliki "perilaku" yang cukup berbeda. Tak seperti hujan meteor lain yang meredup drastis setelah puncak, kamu masih bisa menyaksikan peristiwa ini hingga beberapa hari setelah 14 Desember 2020. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan ini, ya. 

Baca Juga: Nasib Bumi jika Manusia Punah, Ini 7 Gambaran Ilmiahnya!

3. Geminid akan tampak luar biasa di tahun 2020

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnyaexpress.co.uk

Hujan meteor Geminid selalu menampilkan "pertunjukan" besar setiap tahunnya. Namun di tahun ini, peristiwa tersebut akan tampak luar biasa dibandingkan sebelumnya. 

Dilansir Space, kali ini, Bulan yang berpotensi meredupkan cahaya meteor akan berada di fase baru. Langit pun tampak lebih gelap dan bebas dari polusi cahaya sehingga Geminid akan terlihat sangat jelas oleh mata telanjang. 

Namun sebagai catatan, kamu hanya bisa melihat pertunjukan ini jika langit sedang cerah tanpa halangan awan, ya. Mari berharap agar hujan  dan awan mendung tidak datang di malam 13 hingga 14 Desember!

4. Seperti ini ciri khas meteor Geminid

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnyapetapixel.com

Hujan meteor Geminid memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan hujan meteor lainnya. Menurut studi yang telah dilakukan bertahun-tahun, ciri khas meteor Geminid adalah mereka berjalan lambat, tingkat keterangannya medium atau sedang, dan bisa menghasilkan beberapa bola api (meteor besar). 

Karakteristik itulah yang membuat Geminid cenderung mudah untuk diamati. Kilatan meteor tidak akan hilang dalam sekejap mata. Dilansir Space, warnanya pun beragam, mulai dari kuning, merah, biru, oranye, hingga hijau.

5. Ini cara dan tips melihat hujan meteor Geminid

Ada Hujan Meteor Geminid Hari Ini hingga Besok, Begini Cara Melihatnyaabc.net.au

Seperti namanya, hujan meteor Geminid memancar dari rasi bintang Gemini yang terletak di langit bagian timur hingga timur laut. Namun kamu tak perlu repot-repot mencarinya untuk menyaksikan peristiwa ini. 

Cukup arahkan pandangan ke timur. Hujan meteor akan tampak seperti kilatan cahaya yang muncul dan hilang di langit malam. Berikut ini beberapa tips untuk menyaksikannya secara lebih jelas:

  • Luangkan waktu untuk datang ke area yang lapang, seperti pantai, lapangan, atau bukit;
  • Jauhilah area yang terang dan banyak lampu agar pandangan tak terhalangi;
  • Pastikan kamu mulai mengamati langit menjelang puncak terjadinya hujan meteor;
  • Tak perlu repot-repot mengabadikan peristiwa ini karena hujan meteor sulit ditangkap lensa kamera (kecuali kamera profesional);
  • Jika kamu ingin menyaksikannya lebih jelas, gunakan teropong langit atau teleskop.

Terakhir, perlu diketahui bahwa mencari hujan meteor membutuhkan kesabaran tinggi, jadi jangan mudah menyerah, ya. Semoga kamu bisa menyaksikan Geminid malam ini!

Baca Juga: Hujan Meteor Geminid 13-14 Desember 2020, Ini Cara Melihatnya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya