Comscore Tracker

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnya

Tikus itu penakut dan selalu berhati-hati

Pasti banyak yang tidak tahu bahwa hari ini diperingati sebagai Hari Tikus Sedunia.

Bukan soal tikus selokan, namun diperuntukkan untuk tikus yang memang dipelihara.

Mereka dirawat dan disayangi seperti halnya keluarga sendiri. Namun, berbeda dengan tikus liar yang datang dengan sendirinya dan menginvasi rumahmu.

Sebenarnya, ada banyak alasan kenapa rumahmu bisa didatangi mereka, lho. Yuk, kenali penyebabnya biar mereka gak datang lagi.

1. Tikus menyukai tempat yang hangat, tersembunyi, dan aman

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyathespruce.com

Tikus adalah hewan yang pemalu dan gak suka diganggu. Dilansir dari Plunkett's Pest Control, mereka menyukai tempat yang hangat, kering, dan aman untuk sarang mereka. Mereka membuat sarang pun gak semata-mata untuk berteduh, namun juga berkembang biak dan membesarkan anak-anak mereka.

2. Tikus juga menyukai sumber makanan dan air

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyaterminix.com

Tikus akan membangun sarang di tempat yang tersedia banyak makanan dan sumber air. Sarang ini nantinya juga mereka gunakan untuk mengumpulkan makanan. Setiap harinya, mereka mengonsumsi kurang lebih 5 gram makanan dan 60 ml air.

3. Tikus itu penakut dan selalu berhati-hati

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyaterminix.com

Dilansir dari Colonial Pest, tikus adalah makhluk neophobic atau tidak menyukai hal baru. Itu sebabnya mereka selalu berhati-hati dalam mencari makan. Mereka akan menghindari sesuatu yang baru dan akan terbuka jika sudah terbiasa.

Baca Juga: Begini Cara Nonton Film Story of Kale: When Someone’s in Love

4. Tikus akan banyak bersarang di atap atau lotengmu jika jarang kamu cek

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyaangieslist.com

Atap atau loteng yang gelap dan aman jadi tempat yang ideal buat mereka bersarang. Terlebih jika kamu gak pernah membersihkannya. Mereka bisa tinggal dalam waktu yang lama di sana tanpa terdeteksi.

5. Kamu jarang membersihkan peralatan rumah tanggamu

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyamybugguardian.com

Selain loteng, tempat ideal buat mereka tinggal adalah dapur. Jika kamu jarang membersihkan peralatan rumah tanggamu, mereka akan tinggal di sana. Biasanya di dekat kulkas, lemari makan, atau tempat menyimpan tabung gas. Tempat-tempat ini kadang luput dibersihkan. Itu sebabnya tikus suka bersarang di sana.

6. Tembokmu memiliki rongga

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyanorbandys.com

Pernah dengar ada bunyi cicit tikus, tapi gak bisa menemukannya? Bisa jadi mereka berada di dalam tembok! Biasanya, tembok tambahan dengan tripleks rentan jadi tempat tikus bersarang. Selain itu, mereka pun bisa bersarang di pipa yang gak terpakai.

7. Ada banyak kardus dan koran di rumahmu

Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnyascopeblog.stanford.edu

Biasanya, mereka akan membuat sarang di tempat-tempat yang gak terjangkau olehmu. Mereka akan mengumpulkan potongan koran, kardus, bahkan insulasi loteng. Itu sebabnya, kamu perlu sering mengecek dan membuang barang-barang tersebut jika gak diperlukan, ya.

Intinya, penting untuk menjaga kebersihan rumah. Tak hanya makanan yang berceceran, namun juga dari barang-barang yang tak dibutuhkan. Dengan membersihkannya, mereka gak akan datang dan bersarang di rumahmu.

Baca Juga: Merinding! 10 Peristiwa Pembantaian Massal dengan Korban Terbanyak

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya