Comscore Tracker

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa pernah hancur, pernah juga dibakar

Jakarta, IDN Times - Masjid Al Aqsa menjadi salah satu masjid suci bagi umat Islam selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Berlokasi di Yerusalem Timur, Masjid Al Aqsa menjadi saksi bisu dalam konflik antara Israel dan Palestina.

Berikut beberapa fakta tentang Masjid Al Aqsa yang dirangkum oleh IDN Times.

1. Tempat singgah Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi'raj

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al AqsaDok. IDN Times/Istimewa

Umat muslim meyakini bahwa Nabi Muhammad sempat singgah di Masjid Al Aqsa. Hal ini dilakukannya ketika dalam perjalanan Isra Mi'raj langit.

Tempat pijakan Nabi Muhammad tersebut berbentuk batu. Kini, batu tersebut terdapat di dome of the rock. Pada sejumlah hadis, Masjid Al Aqsa juga merupakan masjid istimewa karena menjadi kiblat umat Islam generasi awal hingga 17 bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Kakbah di Masjidil Haram.

Dalam sudut pandang umat Muslim, Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dalam peristiwa Isra Mi'raj dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al Haram di Mekah. 

2. Kubah pertama di dunia Islam

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al AqsaPixabay.com

Kubah di Dome of Rock dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan yang berasal dari Dinasti Umayyah. Kubah ini disebut-sebut sebagai kubah pertama yang dibangun di dunia Islam.

Semula kubah ini merupakan kubah kayu yang dilapisi keramik. Pada masa kekuasaan Turki Utsmani , kubah tersebut lantas diperbaiki dan bagian bawah dilapisi marmer seperti yang tertulis dalam buku Jerusalem: Satu Kota Tiga Iman.

Baca Juga: 7 Fakta Unik 41 Tahun Masjid Istiqlal, Karya Terbaik Anak Pendeta

3. Pernah hancur karena perang dan bencana

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al Aqsatheguardian.com

Masjid Al Aqsa pernah hancur, pernah juga dibakar. Beberapa kali masjid Al Aqsa hancur karena invasi dan peperangan. Meskipun pada akhirnya dibangun kembali.

Masjid ini juga pernah hancur karena bencana. Contohnya, pada abad ke-7, masjid ini hancur akibat gempa bumi yang terjadi di wilayah Yerusalem.

Pada saat pendudukan Israel di tahun 1976, kerusakan kompleks di Masjid Al Aqsa tak bisa terhindarkan.

4. Punya mimbar buatan orang Indonesia

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al AqsaPixabay.com/martini_pur

Tahun 1969, Masjid Al Aqsa diketahui terbakar. Dalam insiden tersebut, mimbar Nurudin Zanki atau yang dikenal dengan mimbar Shahlahuddin turut terbakar. Raja Yordania kala itu, Abdullah bin Husein II lantas memprakarsai pembuatan replika mimbar masjid.

Dikutip dari nu.or.id, laporan Adra Relief Internasional menyatakan lembaga swadaya masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap urusan Palestina memiliki tiga dari lima orang yang ditugaskan untuk membuat mimbar masjid Al Aqsa berasal dari Jepara, Indonesia.

5. Dijadikan tempat sampah oleh bangsa Romawi

Jadi Kiblat Pertama Umat Islam, Ini 5 Fakta Seputar Masjid Al AqsaPixabay.com

Pada masa kependudukan Romawi, Kompleks Al Aqsa pernah dijadikan tempat pembuangan sampah. Kala itu, umat Yahudi tidak diperbolehkan tinggal di kota tersebut.

Setelah Umar bin Khatab berhasil membebaskan kota dari Romawi, Umar akhirnya menyingkirkan sampah-sampah itu dengan tangannya sendiri. Ia juga memperbolehkan umat Yahudi kembali ke Yerusalem setelah diasingkan berabad-abad lamanya.

Baca Juga: Hampir Bersamaan dengan Notre Dame, Terlihat Api di Masjid Al-Aqsa 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya