Comscore Tracker

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Total

Banyak fenomena langka yang terjadi

Tak terasa kita sudah tiba di penghujung tahun 2020. Ada banyak kejutan yang terjadi sepanjang tahun ini. 

Bahkan termasuk fenomena langit. Di bulan Desember ini, ada beberapa peristiwa langka di langit yang terjadi. 

Misalnya mulai dari hujan meteor, solstis, konjungsi benda langit, hingga gerhana Matahari tahunan. Simak tanggalnya.

1. Puncak hujan meteor Puppid-Velid pada 6 Desember 2020 lalu

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalstarwalk.space

Membuka bulan ini dengan indah, kamu bisa menyaksikan hujan meteor Puppid-Velid pada 6 Desember 2020. Walaupun bukanlah peristiwa yang masif, hujan meteor ini tetap layak untuk disaksikan. Sebab ada sekitar sepuluh meteor yang melintas per jamnya. 

Titik radian atau titik muncul Puppid-Velid berada di rasi bintang Vela. Dilansir Info Astronomy, kamu bisa menemukannya di langit bagian tenggara mulai pukul 00.00 waktu daerahmu masing-masing. 

2. Konjungsi Bulan dan Venus pada 13 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalmeredithcorp.io

Berikutnya, kamu bisa menyaksikan betapa dekatnya Bulan dan Venus pada 13 Desember 2020. Keduanya hanya akan terpisahkan jarak 1 derajat dengan satu sama lain. Peristiwa mendekatnya dua benda langit dari sudut pandang Bumi ini disebut sebagai konjungsi. 

Peristiwa ini bisa diamati mulai pukul 04.45 waktu daerahmu hingga Matahari terbit. Bulan berada pada fase perbani akhir sementara Venus akan tampak seperti benda langit yang sangat terang namun tak berkelap-kelip. 

3. Puncak hujan meteor Geminid pada 14 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalexpress.co.uk

Sampailah kita pada salah satu peristiwa yang paling dinantikan sepanjang tahun. Hujan meteor Geminid termasuk fenomena langit terbesar karena akan ada sekitar 120 meteor yang melintasi Bumi per jamnya. 

Seperti namanya, hujan meteor ini memancar dari rasi bintang Gemini yang terletak di langit bagian timur. Walaupun rasi bintang tersebut sudah terbit sejak pukul 22.00, hujan meteor baru bisa disaksikan tengah malam saat langit benar-benar gelap. 

Kabar baiknya, kamu tidak memerlukan alat untuk melihat hujan meteor Geminid di tanggal 14 Desember 2020 ini. Namun pastikan tak ada cahaya yang terlalu mengganggu di sekitarmu, ya. 

4. Gerhana Matahari total pada 14 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalzeenews.com

Tanggal 14 Desember 2020 nampaknya menjadi hari yang spesial. Selain hujan meteor Gemini, ada pula gerhana Matahari total yang terjadi setahun sekali. Sayangnya, di tahun ini, Indonesia tidak kebagian untuk menyaksikan peristiwa ini.

Tahun ini, jalur lintasan gerhana hanya akan melewati dua negara, yaitu Chile dan Argentina. Mengutip Info Astronomy, puncak peristiwa ini terjadi di pukul 23.01 hingga 23.06 sehingga kita tak bisa melihatnya. 

Baca Juga: 7 Peristiwa yang Nyaris Memusnahkan Manusia, Salah Satunya di Sumut

5. Bulan, Jupiter, dan Saturnus membentuk formasi segitiga pada 17 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalfuturecdn.net

Tepat tiga hari setelah gerhana Matahari terjadi, kamu bisa menyaksikan konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus. Ketiganya akan membentuk formasi segitiga unik di angkasa. Jupiter dan Saturnus saling berdempetan, sedangkan Bulan berada di kiri atasnya. 

Peristiwa bulanan ini bisa mulai diamati sejak pukul 18.30 waktu daerah masing-masing. Formasi ini akan berada di langit sebelah barat. Jadi, setelah Matahari terbenam, siap-siap mengamati mereka, ya!

6. Solstis pada 21 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalhearstapps.com

Masyarakat tropis seperti kita memang tak mengenal solstis. Dilansir EarthSky, ini merupakan peristiwa belahan Bumi utara dan selatan merasakan siang yang lebih panjang atau lebih pendek.

Pada solstis bulan Desember ini, Bumi bagian utara akan mengalami malam terpanjang sepanjang tahun. Sebab mereka sedang berada di pertengahan musim dingin. Sementara Bumi bagian selatan mengalami hari terpanjang karena berada di tengah musim panas. 

7. Super konjungsi antara Jupiter dan Saturnus pada 21 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totaltimeanddate.com

Bertepatan dengan terjadinya solstis, langit akan menyuguhkan peristiwa yang cukup langka, yaitu super konjungsi. Istilah ini merujuk pada momen di mana dua planet tampak sangat berdekatan dari sudut pandang Bumi seakan menjadi satu bintang tunggal yang begitu terang. 

Kali ini, planet yang akan mengalami super konjungsi adalah Jupiter dan Saturnus. Keduanya hanya akan terpisahkan jarak 0,06 derajat. Artinya, mereka akan tampak menempel dengan satu sama lain dari pandangan kita. 

Super konjungsi Jupiter dan Saturnus ini sangatlah langka, lho. Ia hanya terjadi sekali dalam 19,6 tahun karena jalur orbit keduanya yang jarang bersinggungan. 

Lalu kapan waktu terbaik untuk mengamatinya? Kamu bisa mulai menyaksikan super konjungsi pukul 18.30 waktu daerahmu. Menurut data Info Astronomy, kedua planet ini berada pada ketinggian 23 derajat dari cakrawala barat. Jupiter dan Sarunus akan tampak seperti bintang kuning terang yang tak berkelap-kelip. 

8. Puncak hujan meteor Ursid pada 22 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalexpress.co.uk

Menyusul super konjungsi, berikutnya ada puncak hujan meteor Ursid di tanggal 22 Desember 2020. Di malam itu, akan ada sekitar sepuluh meteor yang melintas per jamnya. Benar, tak seperti Geminid, Ursid termasuk hujan meteor kecil. 

Untuk melihatnya, kamu harus mencari rasi bintang Ursa Minor yang terletak di langit utara. Hujan meteor Ursid akan tampak lebih menakjubkan ketika langit benar-benar gelap. 

9. Konjungsi Bulan dan Mars pada 24 Desember 2020

9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Ada Gerhana Matahari Totalforbes.com

Melengkapi Christmas Eve atau malam Natal, langit akan menyuguhkan peristiwa yang tak kalah menarik. Di malam tersebut, Bulan akan tampak berdekatan dengan Mars, si planet merah. Keduanya hanya akan terpisah jarak 5 derajat dengan satu sama lain. 

Peristiwa ini bisa diamati mulai pukul 18.30 waktu daerahmu. Pasangan tersebut akan mengambil posisi tepat di atas kepala atau di langit bagian utara. Tak perlu takut ketinggalan, Bulan dan Mars tetap berada di posisi tersebut hingga pukul 00.30 kok. 

Itulah peristiwa langka yang terjadi di penghujung tahun ini. Siapa tahu beruntung menyaksikannya!

Baca Juga: Dulunya Hits, 8 Potret Pemeran Meteor Garden Setelah 19 Tahun Berlalu

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya