Comscore Tracker

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019

Ilmuwan juga menyebutkan jika Vape berbahaya

Dunia sains mencatat beberapa penemuan berharga di tahun 2019. Tentu saja para ilmuwan banyak melakukan penemuan penting selama tahun itu. 

Di berbagai bidang mulai dari lingkungan, medis, arkeologi hingga astronomi terdapat beberapa penemuan.

 Penemuan tentu gak berarti harus menciptakan sebuah benda. Tapi juga menyorot bahaya hingga meneliti sebuah penyakit. So, yuk kita simak penemuan-penemuan itu.

1. Foto pertama black hole

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019Foto black hole yang ditangkap oleh Event Horizon. bbci.co.uk

Black hole adalah objek luar angkasa paling misterius. Sulit untuk menemukan apalagi mendekatinya. Namun usaha selama beberapa dekade akhirnya terbayarkan.

April 2019 lalu, para ilmuwan dari Event Horizon Team berhasil mengambil foto black hole yang berada di tengah-tengah galaksi M87. Walaupun gambar tersebut kurang jelas, ini merupakan pencapaian yang bagus. 

2. Ilmuwan berhasil menguak bahaya dari vape

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019verywellmind.com

Beberapa tahun belakangan, vape menjadi tren di dunia, terutama di kalangan anak muda. Bukan hal yang mudah untuk mengidentifikasi apakah rokok elektrik tersebut baik untuk tubuh atau justru sebaliknya. 

Namun tahun ini, peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa vape telah membunuh 40 orang dan membuat 2.000 orang menderita penyakit paru-paru. Kandungan zat kimia vitamin E yang terdapat di dalamnya merupakan penyebab dari hal tersebut.

3. Berhasil menanam tumbuhan di Bulan

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019Tampak tunas tumbuhan kapas dan kentang yang ditanam di Bulan. forbes.com

Keberhasilan sains berikutnya terjadi pada Januari lalu. Para ilmuwan mencoba untuk menanam biji kapas dan kentang di Bulan. Terdengar sepele, tapi ini adalah hal yang menakjubkan mengingat di luar angkasa tidak ada segala hal yang dibutuhkan tumbuhan untuk hidup.

Para ilmuwan tak lupa menyuplainya dengan udara, air, pupuk, dan bahkan telur lalat untuk membantu proses penyerbukan. Hasilnya, pada tanggal 14 Januari lalu, biji tersebut berhasil mengeluarkan tunas pertamanya. Hebat, ya!

4. Penemuan fosil nenek moyang manusia

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019Fosil gigi Homo luzonensis. dw.com

Tahun ini, bidang arkeologi juga berhasil mencatat sejarah. Peneliti menemukan potongan gigi manusia purba baru di wilayah Filipina. Mereka menamakannya Homo luzonensis. Spesies yang diduga adalah nenek moyang orang Asia tersebut hidup sekitar 50 ribu hingga 67 ribu tahun yang lalu.

5. Ditemukannya obat untuk cystic fibrosis

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019vice.com

Masih ingat film Five Feet Apart yang tayang bulan Maret lalu? Di film tersebut, kedua pemeran utama diceritakan mengidap penyakit cystic fibrosis. Ini merupakan kondisi kesehatan akut yang menyerang paru-paru dan pencernaan. Tubuh tidak mampu mengontrol pertumbuhan lendir yang kemudian akan menyumbat pernapasan.

Di tahun yang sama, studi dari New England Journal of Medicine dan The Lancet  menemukan jenis pengobatan baru yang sukses mengobati pasien cystic fibrosis. Mereka menamakannya terapi Trikafta. Ini merupakan kombinasi antara tiga metode terapi, yakni elexacaftor, ivacaftor, tezacaftor. Food and Drug Administration bahkan menyetujui penemuan tersebut. 

Baca Juga: Berkontribusi Besar, Ini 10 Penemuan Paling Penting di Tiongkok Pt.2

6. Pesawat NASA menemukan objek misterius yang berukuran seperti gunung

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019Tampak MU69 dari hasil tangkapan teleskop. ctfassets.net

Pada 1 Januari 2019 lalu, pesawat NASA yang bernama New Horizons menemukan sebuah objek misterius yang jaraknya kurang lebih 1,6 miliar kilometer dari Bumi. Benda tersebut dinamakan MU69 atau Arrokoth. Ia memiliki bentuk yang pipih, mirip seperti pancake. Sedangkan ukurannya kurang lebih sama dengan gunung yang ada di Bumi.

7. Peneliti WHO sukses memerangi virus ebola

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019cnn.com

Ebola adalah penyakit langka yang mematikan. Sekali mewabah, banyak orang dapat terbunuh karenanya. Tahun ini, ebola sempat menjangkit masyarakat Kongo, Afrika.

Untungnya, peneliti dari World Health Organization (WHO) berhasil membuat dua pengobatan untuk virus tersebut, yaitu vaksin dan injeksi antibodi. Tingkat keberhasilannya pun mencapai 90 persen.

“Mulai dari sekarang, kita tidak akan lagi berkata bahwa Ebola tak dapat disembuhkan,” kata Jean-Jacques Muyembe, direktur general Institut National de Recherche Biomedicale Kongo terhadap Wired.

8. Penemuan benua ke-8 yang tersembunyi

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019dailymail.co.uk

Dilansir dari Business Insider, setidaknya ratusan juta tahun lalu, Bumi memiliki satu daratan luas yang bernama Pangea. Seiring berjalannya waktu, area tersebut terpecah-pecah menjadi 7 benua yang kita tinggali saat ini. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada benua ke-8?

Studi terbaru yang dipublikasikan Science Direct menemukan bahwa daratan ke-8 tersebut masuk ke bawah benua Eropa. Para ahli menyebutnya Greater Adria. Ia tersembunyi tanpa sepengetahuan manusia hingga tahun ini.

9. Orang kedua yang sembuh dari penyakit HIV

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019pharm-info.com

Selama bertahun-tahun, ilmuwan telah mencoba memerangi HIV, penyakit antibodi yang sangat sulit untuk disembuhkan. Nampaknya usaha tersebut menemukan jalan terang. Dilansir dari New York Times, tahun ini, ada seorang pasien yang sembuh dari penyakit tersebut. Ini adalah kasus kedua yang terjadi setelah 12 tahun lalu.

Para ahli mengobatinya dengan metode transplantasi sumsum tulang. Tentunya ini bukanlah upaya yang mudah. Prosesnya sangat lambat dan membutuhkan waktu yang lama. Namun metode tersebut dapat dicoba untuk kasus HIV lainnya.

10. Prediksi mengenai kenaikan permukaan laut

Ada Soal Vape dan AIDS, 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama 2019scientificamerican.com

Seperti yang kita tahu, permukaan laut di Bumi kian naik. Ini adalah dampak dari melelehnya es di Kutub Utara dan Selatan. September lalu, laporan dari United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change berhasil membuat prediksi tentang hal ini. 

Mereka mengatakan bahwa laut akan naik sekitar satu meter pada akhir abad ini. Kenaikan air laut itu akan merendam berbagai wilayah dataran rendah, pulau-pulau kecil, dan tanjung di berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, Bumi pun akan makin panas karena emisi karbon di udara terus bertambah.

Nah, menurut kamu mana penemuan yang paling bermanfaat? Semoga ada temuan-temuan lain yang positif ya untuk kehidupan manusia.

Baca Juga: 5 Penemuan Menarik tentang Mars yang Mengejutkan Ilmuwan NASA

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya