Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019

Bisa dibilang, 2019 penuh pencapaian besar dunia sains

Tahun 2019 tentunya menyimpan banyak memori untukmu. Ada yang baru saja masuk kuliah, lulus, mendapatkan pekerjaan baru, atau bahkan menikah. Semua kejadian tersebut dapat mendefinisikan perjalananmu di tahun ini.

Bukan kamu saja, 2019 juga merupakan tahun yang berharga bagi para ilmuwan. Pasalnya, di tahun ini, dunia sains dihiasi oleh sejumlah penemuan penting di berbagai bidang. Mulai dari bidang astronomi, lingkungan, medis, hingga arkeologi.

Penasaran apa saja yang berhasil ditemukan para ilmuwan? Yuk, cari tahu di sini!

1. Foto pertama black hole

Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019Foto black hole yang ditangkap oleh Event Horizon. bbci.co.uk

Black hole adalah objek luar angkasa paling misterius. Sulit untuk menemukan apalagi mendekatinya. Namun usaha selama beberapa dekade akhirnya terbayarkan.

April 2019 lalu, para ilmuwan dari Event Horizon Team berhasil mengambil foto black hole yang berada di tengah-tengah galaksi M87. Walaupun gambar tersebut kurang jelas, ini merupakan pencapaian yang bagus.

2. Ilmuwan berhasil menguak bahaya dari vape

Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019verywellmind.com

Beberapa tahun belakangan, vape menjadi tren di dunia, terutama di kalangan anak muda. Bukan hal yang mudah untuk mengidentifikasi apakah rokok elektrik tersebut baik untuk tubuh atau justru sebaliknya.

Namun tahun ini, peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa vape telah membunuh 40 orang dan membuat 2.000 orang menderita penyakit paru-paru. Kandungan zat kimia vitamin E yang terdapat di dalamnya merupakan penyebab dari hal tersebut.

3. Berhasil menanam tumbuhan di Bulan

Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019Tampak tunas tumbuhan kapas dan kentang yang ditanam di Bulan. forbes.com

Keberhasilan sains berikutnya terjadi pada Januari lalu. Para ilmuwan mencoba untuk menanam biji kapas dan kentang di Bulan. Terdengar sepele, tapi ini adalah hal yang menakjubkan mengingat di luar angkasa tidak ada segala hal yang dibutuhkan tumbuhan untuk hidup.

Para ilmuwan tak lupa menyuplainya dengan udara, air, pupuk, dan bahkan telur lalat untuk membantu proses penyerbukan. Hasilnya, pada tanggal 14 Januari lalu, biji tersebut berhasil mengeluarkan tunas pertamanya. Hebat, ya!

4. Penemuan fosil nenek moyang manusia

Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019Fosil gigi Homo luzonensis. dw.com

Tahun ini, bidang arkeologi juga berhasil mencatat sejarah. Peneliti menemukan potongan gigi manusia purba baru di wilayah Filipina. Mereka menamakannya Homo luzonensis. Spesies yang diduga adalah nenek moyang orang Asia tersebut hidup sekitar 50 ribu hingga 67 ribu tahun yang lalu.

5. Ditemukannya obat untuk cystic fibrosis

Mind Blowing! Ini 10 Penemuan Besar Dunia Sains Selama Tahun 2019vice.com

Masih ingat film Five Feet Apart yang tayang bulan Maret lalu? Di film tersebut, kedua pemeran utama diceritakan mengidap penyakit cystic fibrosis. Ini merupakan kondisi kesehatan akut yang menyerang paru-paru dan pencernaan. Tubuh tidak mampu mengontrol pertumbuhan lendir yang kemudian akan menyumbat pernapasan.

Di tahun yang sama, studi dari New England Journal of Medicine dan The Lancet  menemukan jenis pengobatan baru yang sukses mengobati pasien cystic fibrosis. Mereka menamakannya terapi Trikafta. Ini merupakan kombinasi antara tiga metode terapi, yakni elexacaftor, ivacaftor, tezacaftor. Food and Drug Administration bahkan menyetujui penemuan tersebut.