Comscore Tracker

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepang

Shinigami juga muncul di Naruto

Di setiap negara ada makhluk-makhluk yang jadi mitos populer. Misalnya di Indonesia, ada jenglot, yang dipercaya sebagai makhluk yang ada. Ada juga leak hingga babi ngepet. Negara-negara seperti Jepang juga punya cerita rakyat yang melahirkan mitos-mitos.

Makhluk-makhluk tersebut bahkan diangkat dalam cerita film, anime dan manga di Jepang. Kalau kamu penasaran dengan makhluk mitos Jepang, nih simak 7 makhluk yang sering muncul di anime.

1. Tanuki

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepanglivejapan.com

Makhluk mitos pertama yang harus kamu tahu adalah Tanuki. Hewan ini merupakan percampuran antara rakun dan anjing dengan testis yang sangat besar. Mereka bahkan bisa membuat perahu dengannya. Tak hanya itu, menurut cerita rakyat setempat, mereka bukanlah sekadar hewan.

Dilansir Big Think, Tanuki akan menaruh daun ajaib di kepala manusia untuk mendistorsi pandangannya. Ketika mereka membuka mata, makhluk ini tampak seperti perempuan. Setelah terkelabui, si korban akan bangun keesokan harinya dengan kantong yang kosong. Iya, Tanuki sering menggunakan kekuatannya untuk mencuri. 

2. Kitsune

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangwikimedia.org

Nama Kitsune merupakan 'rubah' dalam Bahasa Jepang. Namun dalam kepercayaan setempat, makhluk ini dianggap memiliki kekuatan sihir. Namun tak seperti Tanuki, Kitsune diasosiasikan sebagai makhluk yang bijak, suci, dan inteligen. 

"Rubah" ini merupakan roh yang bisa berubah menjadi manusia, utamanya perempuan. Menurut mitologi, ketika Kitsune mencapai usia 1.000 tahun, warna tubuhnya menjadi emas dan mereka dianugerahi sembilan ekor. 

3. Tengu

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangtofugu.com

Memiliki wujud seperti burung gagak, Tengu sering dianggap makhluk yang jahat. Terlebih dalam kisah lain, Tengu digambarkan tampak seperti manusia dengan wajah merah, hidung panjang, dan ekspresi yang mengerikan. 

Walaupun begitu, mereka ternyata merupakan roh yang menjaga berbagai pegunungan di Jepang. Mereka akan menunjukkan jalan bagi orang yang tersesat, meniupkan angin baik, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: 5 Formasi Hewan Ini Ternyata Memiliki Arti Khusus Lho!

4. Kappa

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangthestoriedimaginarium.com

Kappa si "anak sungai' adalah makhluk mitologi Jepang yang paling populer. Wujudnya tampak seperti perpaduan antara kura-kura dan anak kecil. Mereka memiliki paruh, tempurung, dan kaki yang berselaput karena hidup di sungai. 

Di atas kepalanya, terdapat cawan berisi air yang harus selalu penuh. Sebab ketika air itu habis, Kappa akan kehilangan kekuatan sihirnya.Sulit memprediksi apakah Kappa adalah makhluk yang baik atau jahat. Menurut cerita, mereka memperlakukan kita dengan baik jika kita memberi salam dan mengisi cawan yang ada di atas kepalanya. 

Namun kamu harus tahu bahwa Kappa memiliki tiga obsesi utama. Yang pertama adalah mentimun, makanan favoritnya. Kedua, gulat sumo. Ketiga, shirikodama, perhiasan yang berisi jiwa manusia. Kappa tak akan ragu menyerang dan mengambil shirikodama yang ada di anus manusia. 

5. Jorogumo

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangmatthewmeyer.net

Dilihat dari wujudnya saja, Jorogumo pasti berhasil membuatmu bergidik. Pasalnya, makhluk ini merupakan setengah perempuan dan setengah laba-laba. Dalam cerita rakyat, Jorogumo digambarkan sebagai makhluk haus darah yang akan menyerang manusia kapan saja. 

Yokai yang satu ini bisa hidup hingga 400 tahun. Mereka sering bersembunyi di dalam gua dan lubang yang ada di hutan, jauh dari keramaian manusia. Namun begitu ada korban mendekat, mereka akan mengelabuinya dan memangsanya. 

Jangan lupakan wujud laba-laba dari Jorogumo. Mereka mampu memerangkap manusia dengan jaringnya hingga korban tak bisa melawan. Makhluk ini juga diketahui ahli memainkan instrumen musik untuk menarik mangsa.

6. Yuki-onna

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangwikimedia.org

Yuki-onna memiliki arti 'perempuan salju' jika diterjemahkan dari Bahasa Jepang. Ia sangat populer dalam dunia sastra Jepang, anime, dan manga. Makhluk yang satu ini sering muncul di malam hari saat musim salju sebagai perempuan bertubuh tinggi dan berkulit pucat. Sering kali, Yuki-onna juga mengenakan kimono putih yang senada dengan kulitnya. 

Walaupun sifatnya cenderung tenang, kamu tak boleh meremehkan Yuki-onna. Makhluk ini bisa membekukan manusia hanya dengan napasnya. Ternyata menurut cerita rakyat, Yuki-onna adalah arwah perempuan yang meninggal di tengah badai salju. Ia ingin menyeret orang lain untuk menderita bersamanya. 

7. Shinigami

Jadi Inspirasi di Anime, 7 Makhluk Mitos Mengerikan di Jepangvice.com

Terakhir ada Shinigami. Dilansir The Magic Horoscope, ia merupakan makhluk yang mengantarkan arwah manusia ke kehidupan berikutnya setelah mati. Secara umum, Shinigami bisa disebut sebagai grim reaper atau malaikat maut. 

Bedanya, Shinigami tidak hanya mengantarkan arwah. Mereka juga bertugas mendorong kematian supaya terjadi dan memutuskan dengan cara apa seseorang mati. Makhluk ini juga menjadi inspirasi pada Death Note, Naruto, dan berbagai anime lainnya. 

Wujud makhluk ini sangatlah menyeramkan. Tubuhnya hanya terbuat dari kerangka dan kulit. Wajahnya tampak jahat dengan rambut putih dan dua tanduk merah di kepalanya. Mereka juga membawa belati kecil di mulut untuk memutus kehidupan seseorang. 

Nah, itulah makhluk mitos yang dipercaya rakyat Jepang secara turun temurun ada. Nah, mana yang paling seram?

Baca Juga: 7 Mitos Menangkal Nyamuk Ini Jangan Kamu Percayai Lagi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya