Comscore Tracker

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkungan

Inovasi jeans ramah lingkungan mulai digalakkan

Dilansir dari Vice, setidaknya ada 2 miliar celana jeans yang diproduksi setiap tahun di seluruh dunia.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya celana jeans yang kamu pakai itu berkontribusi besar dalam kerusakan lingkungan? Bagaimana bisa? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Jeans atau denim adalah produk fast fashion

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkunganmamoq.com

Fast fashion atau fesyen cepat saji adalah pola bisnis pakaian masa kini yang bisa memproduksi dan menjual produk dalam hitungan hari saja. Inilah kenapa pergantian tren fesyen saat ini semakin cepat.

Semakin populernya bisnis tersebut akhirnya membuat pola konsumsi pakaian pun berubah. Banyak orang yang menganggap bahwa baju adalah komoditas sekali pakai. Ini menyebabkan banyaknya baju yang terbuang sia-sia dan merusak lingkungan.

2. Pembuatan denim membutuhkan air yang banyak

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkunganatelli.com

Serat tersebut harus diberi air dengan jumlah yang besar untuk menjadi denim. Tidak cukup sampai di situ, proses finishing yang melibatkan pewarnaan, pencucian, dan pemberian efek visual juga mengonsumsi banyak air.

Dilansir dari Fashion Insiders, untuk menghasilkan satu potong celana jeans, air yang digunakan bisa mencapai 11.000 liter atau cukup untuk mengisi 20 bak mandi.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 10 Ritual dan Sekte Mistis Terseram di Dunia

3. Katun ternyata berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkungansquarespace.com

Pohon kapas, bahan baku dari katun ternyata merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan. Ia menghabiskan 2,4 persen lahan pertanian yang ada di dunia. Tidak hanya itu, kapas juga membutuhkan banyak pestisida. Dilansir dari Vice, mereka membutuhkan setidaknya 24 persen dari total penggunaan pestisida di seluruh dunia.

4. Proses pembuatan denim mengakibatkan polusi air

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkunganprocess-equips.com

Ada banyak bahan kimia yang dilibatkan untuk menghasilkan kain denim. Mulai dari pestisida, pewarna, hingga bahan kimia untuk proses finishing. Bahan kimia tersebut akan menjadi limbah pabrik dan dibuang ke saluran air yang pada akhirnya akan membuat sungai dan laut tercemar. 

Setidaknya 70 persen perairan di Asia tercemar karena 2,5 miliar galon limbah tersebut, dilansir dari EcoWatch. Salah satu perairan yang tercemar adalah Pearl River di China. Air di sungai tersebut berubah warna menjadi biru karena bahan kimia yang digunakan untuk denim.

5. Bahan kimia yang ada di limbah bisa membahayakan manusia

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkungancloudfront.net

Tidak hanya lingkungan yang dirugikan karena pembuatan celana jeans, manusia juga bisa merasakan dampaknya. Pasalnya bahan kimia yang mencemari air bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Mulai dari kanker, penyakit lambung, penyakit kulit, hingga pernapasan. Mereka yang paling merasakan dampaknya adalah para pegawai pabrik dan warga di sekitar pabrik. Sedangkan kita yang menjadi konsumen tidak akan terdampak secara langsung.

6. Inovasi jeans ramah lingkungan mulai digalakkan

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkunganfashionnetwork.com

Melihat dampak yang cukup besar tersebut, sebagian orang mulai tergerak untuk membawa perubahan. Contohnya Jeanologia, brand jeans asal Spanyol menggunakan laser untuk mengurangi jumlah air yang digunakan dalam produksi denim. Mereka hanya membutuhkan segelas air untuk proses produksi satu potong celana jeans

Levi’s, salah satu brand jeans ternama juga menawarkan celana jeans yang berasal dari serat polyester. Bedanya serat tersebut terbuat dari daur ulang botol plastik. Selain itu, masih banyak lagi brand dan desainer dengan produk denim ramah lingkungan lainnya. Inovasi-inovasi tersebut dibutuhkan agar lingkungan tetap terjaga.

7. Apa yang bisa dilakukan oleh konsumen?

Tahukah Kamu? Ini 7 Fakta Celana Jeans Bisa Merusak Lingkunganpexels.com

Kamu salah satu penggemar berat celana jeans dan baju berbahan denim lainnya? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Pertama, beralihlah ke produk jeans ramah lingkungan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kalau kamu sulit menemukannya di pasaran, usahakan jangan terlalu sering membeli celana jeans untuk mengurangi produksinya. Kamu bisa menggunakan celana lama dari orang tua atau saudaramu.

Jika kamu memiliki jeans yang sudah tidak terpakai, coba untuk sumbangkan ke orang lain, menjualnya, atau mengubahnya menjadi item fesyen lain seperti tas atau aksesoris. Tujuannya adalah agar jeans tersebut tidak terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan.

Baca Juga: Libur ke Nias Selatan, 6 Pantai Ini Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya