Comscore Tracker

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnya

Bisa dilihat di beberapa tempat Indonesia

Fenomena langka Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan bisa disaksikan masyarakat Indonesia pada Rabu (26/5/2021). Indonesia termasuk negara yang bisa menyaksikannya.

Berikut beberapa fakta soal gerhana bulan total yang perlu kamu tahu. Soalnya baru akan tersaji lagi menjadi 18 tahun lagi.

1. Kali ini, gerhana bulan total akan terjadi bersamaan dengan supermoon

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyadiagram gerhana bulan (timeanddate.com)

Peristiwa yang akan datang ini tergolong tidak biasa. Sebab bukan hanya gerhana, Bulan juga berada dalam fase supermoon. Untuk memahami hal ini, kita harus tahu apa arti kedua istilah tersebut. 

Pertama, gerhana bulan total terjadi ketika Matahari dan Bulan berada dalam garis lurus dengan Bumi di tengahnya. Ketika ini terjadi, planet kita menghalangi sinar yang biasa dipantulkan oleh Bulan. 

Sementara itu, supermoon terjadi ketika Bulan berada di area perigee atau titik terdekatnya dengan Bumi. Ini terjadi karena ia mengelilingi planet kita dalam orbit yang berbentuk elips. Dalam fase tersebut, Bulan akan tampak 14 persen lebih besar daripada biasanya. 

2. Bulan akan tampak berwarna merah gelap pada peristiwa kali ini

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyasuper blood moon (Dok. NASA)

Gerhana total yang terjadi kali ini tidak akan membuat Bulan menggelap. Satelit itu tidak sepenuhnya berada di bayangan gelap Bumi sehingga masih ada cahaya Matahari yang mengenainya. Namun karena cahaya itu dibiaskan oleh atmosfer, Bulan pun akan tampak berwarna merah gelap. 

Pada tanggal 26 Mei 2021 nanti, kamu bisa berekspektasi besar terhadap pemandangan di langit. Bulan tidak hanya terlihat berwarna merah seperti darah, ia juga tampak lebih besar daripada biasanya. Itulah kenapa fenomena ini disebut sebagai "super blood moon". 

Baca Juga: Ini Tempat Terbaik untuk Menyaksikan Fenomena Gerhana Bulan Total

3. Indonesia timur adalah tempat terbaik mengamati super blood moon 2021. Catat waktunya di sini!

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyasuper blood moon (Dok. NASA)

Seperti yang disinggung di atas, Indonesia adalah salah satu wilayah yang mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana bulan total ini. Tempat terbaik untuk mengamatinya adalah Indonesia timur. Masyarakat yang tinggal di area tersebut dapat melihat proses gerhana dari awal hingga akhir. 

Menurut laporan dari Info Astronomy, gerhana akan dimulai pukul 16.44 WIB (17.44 WITA dan 18.44 WIT). Peristiwa ini dimulai dengan masuknya Bulan ke bayangan umbra Bumi. Satelit tersebut secara perlahan akan diselimuti bayangan berwarna merah. 

Sayangnya, fase pertama gerhana ini hanya bisa disaksikan di Indonesia timur. Sebab Bulan belum terbit di area Indonesia tengah dan barat pada waktu tersebut (16.44 WIB dan 17.44 WITA). 

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyasuper blood moon (jenniferracioppi.com)

Memasuki puncak gerhana, seluruh wilayah Indonesia akan bisa menyaksikannya. Fase ini ditandai dengan Bulan yang tampak merah karena ia sudah masuk ke area umbra Bumi sepenuhnya. Kita dapat menyaksikan fase puncak ini mulai pukul 18.11 WIB (19.11 WITA dan 20.11 WIT). 

Masih dari Info Astronomy, fase paling puncak terjadi pada 18.18 WIB (19.18 WITA dan 20.18 WIT). Ini adalah momen di mana Bulan tampak merah gelap seperti darah. Kamu tidak boleh melewatkan pemandangan langka ini!

Kemudian, mulai pukul 18.25 WIB (19.25 WITA dan 19.25 WIT), warna Bulan akan memudar secara perlahan. Akhirnya, gerhana ini akan selesai pada pukul 19.52 WIB (20.52 WITA dan 21.52 WIT). 

4. Peristiwa yang sama baru akan terjadi lagi di tahun 2039

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyasuper blood moon (Dok. Courtesy of Imelda Joson and Edwin Aguirre via space.com)

Peristiwa langit yang terjadi di 26 Mei ini merupakan satu-satunya gerhana bulan total di tahun 2021. Menurut prediksi Planetarium Jakarta, fenomena yang sama, yaitu "super blood moon" baru bisa diamati lagi di Indonesia pada tahun 2039. Lama banget, kan?

Hal ini menjadi alasan yang kuat kenapa kamu tidak boleh melewatkannya. Apalagi, fenomena ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Kamu tidak perlu menyiapkan teleskop, kecuali jika ingin mengamati Bulan dengan lebih dekat. 

5. Tips mengamati gerhana bulan total dengan totalitas

5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnyasuper blood moon (Dok. Victor Rogus via space.com)

Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan apa pun ketika ingin menyaksikan gerhana bulan total ini. Kamu hanya perlu mencatat waktunya dengan tepat dan segera keluar rumah untuk mengamati langit. 

Pastikan pandanganmu tidak terhalangi oleh bangunan dan pohon, ya. Perlu diketahui, gerhana bulan total merupakan fenomena langit yang mudah untuk ditangkap oleh kamera. Jadi, silakan mengabadikannya jika kamu mau. 

Ingat, peristiwa ini terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021 mulai pukul 16.44 WIB. Pasang reminder dan jangan sampai kelewatan!

Baca Juga: Besok Ada Gerhana Bulan, Ini Niat, Doa dan Tata Cara Salat Gerhana

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya