Comscore Tracker

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!

Segera ubah kebiasaan tidur kamu

Pernahkah kamu sudah tidur lama tapi merasa masih lelah dan mengantuk? Ternyata durasi tidur tidak memengaruhi kualitas tidur kamu. Tapi cara tidur justru harus diperhatikan. Menurut sains ada beberapa kebiasaan tidur yang salah yang berdampak pada kondisi tubuh kamu ketika bangun.

Nah, apa saja sih kebiasaan tidur yang kurang bagus dan berdampak negatif untuk tubuh? Nih, kenali dan segera ubah kebiasaan tidur kamu.

1. Tidur tengkurap

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!thelist.com

Para ahli sepakat bahwa tidur tengkurap tidak baik untuk kesehatan walaupun bisa mengurangi intensitas mengorok. Dilansir dari Healthline, posisi tersebut dapat mengakibatkan sakit punggung dan leher, serta mengurangi kualitas tidur. Terlebih lagi jika kamu memiringkan kepala ke sisi kanan atau kiri.

Untuk perempuan yang sedang hamil, posisi tidur ini benar-benar harus dihindari. Selain membuat tubuh tak nyaman, tidur tengkurap juga akan membahayakan janin. Ia akan terhimpit serta tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

2. Tidur dalam posisi bayi

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!pinimg.com

Yang dimaksud dengan posisi bayi adalah tidur meringkuk dengan menekuk lutut ke arah dada. Menurut National Sleep Foundation, setidaknya 41 persen orang dewasa menyukainya. Namun sayangnya, posisi tersebut akan membatasi saluran pernapasan dan menurunkan kualitas tidur.

Lalu bagaimana jika kita sudah terbiasa dengan posisi bayi? Ada cara untuk memperbaikinya. Pertama, pastikan tubuhmu tidak benar-benar tertekuk. Kemudian taruh bantal di antara kedua kaki agar posisi tulang belakang lebih nyaman.

3. Tidur di kasur yang terlalu keras atau empuk

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!imgix.net

Studi dari Harvard Health mengatakan bahwa orang yang tidur di kasur keras mendapatkan kualitas tidur yang sangat buruk. Sedangkan kasur yang terlalu empuk berpotensi untuk menyebabkan ketidaknyamanan pada punggung. 

Lalu seperti apa yang terbaik? Harvard Health menyarankan agar kita menggunakan kasur yang sedang-sedang saja. Tidak terlalu keras ataupun empuk. Kasur juga sebaiknya memiliki pegas yang berfungsi dengan baik di dalamnya.

Baca Juga: 10 Pose Tidur Suami Istri dan Maknanya, Cerminan Sebuah Hubungan

4. Berbaring lurus di atas kasur

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!medicalnewstoday.com

Posisi ini memang lebih baik daripada tengkurap. Akan tetapi, berbaring lurus dapat memicu dengkuran, sakit di punggung bagian bawah, serta penyakit sleep apnea.

Jika kamu tak mau hal itu terjadi, WebMD menyarankan agar kita setidaknya menaruh bantal di bawah kepala dan lutur. Dengan begitu, posisi tulang punggung pun lebih rileks.

5. Tidur dengan hewan peliharaan

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!lenews.ch

Sesayang apa pun kamu dengan hewan peliharaanmu, tidur dengan mereka bukanlah keputusan yang bagus. Alasan utama menurut PetMD adalah hewan bisa menularkan berbagai bibit penyakit ke manusia. Mulai dari kutu, kuman, parasit, virus, dan lain-lain. Kebiasaan ini juga bisa memicu alergi bulu pada si majikan.

6. Tidur dengan televisi yang menyala

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!sleepadvisor.org

Televisi dan benda elektronik lainnya mengeluarkan radiasi sinar biru yang bisa mengganggu pola tidur kita. Sinar tersebut bisa mengurangi produksi hormon melatonin yang bertugas menimbulkan rasa kantuk. 

Bukan hanya itu, ternyata tidur dengan televisi menyala juga bisa memicu kenaikan berat badan, lho. Menurut penelitian JAM Internal Medicine, cahaya buatan yang berasal dari televisi memang bisa memicu risiko obesitas, terutama pada perempuan.

7. Suhu ruangan terlalu dingin atau panas

7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Istirahat Jadi Gak Maksimal!upenn.edu

Kalau yang ini memang sudah jelas, ya. Kamu akan kesulitan tidur jika kamar terlalu panas hingga membuatmu berkeringat. Sebaliknya, suhu yang membuat badan menggigil pun tidak nyaman. 

Oleh karena itu, National Sleep Foundation mengatakan bahwa kisaran suhu terbaik untuk meningkatkan kualitas istirahat kita adalah antara 12 hingga 24 derajat celsius. Tidak hanya membuat tubuh nyaman, suhu yang tepat juga bisa memperlancar proses metabolisme, lho!

Nah, itulah kebiasaan dan cara tidur yang salah menurut sains. Mulai sekarang coba perbaiki agar tidurmu lebih berkualitas.

Baca Juga: Harus Peka! 7 Posisi Tidur Kucing untuk Kasih 'Kode' ke Kamu

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya