Comscore Tracker

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoa

Bukti nyata akulturasi di Indonesia

Akulturasi budaya jamak terjadi di Indonesia. Dari kesenian, kuliner, alat musik, hingga arsitektur bangunan jadi bukti akulturasi di Indionesia.

Salah satu yang mudah ditemukan di Indonesia adalah bangunan masjid yang memiliki arsitektur China atau Tionghoa. 

Sejak zaman Kerajaan Majapahit, etnis Tionghoa memang dikenal sebagai salah satu penyebar agama Islam di Nusantara. Nah, berikut masjid-masjid di Indonesia yang arsitekturnya berciri khas Tionghoa.

1. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoarooang.com

Masjid Cheng Ho berada di Jalan Gading Nomor 2, Ketabang, Genteng, Surabaya. Masjid yang memadukan arsitektur Tionghoa, Arab, dan Jawa ini didirikan untuk menghormati perjalanan dan perjuangan Laksamana Cheng Ho selama menyebarkan Islam di Nusantara.

Baca Juga: Masih Berdiri Kokoh, Ini 5 Istana di Sumatera Utara

2. Masjid Cheng Ho, Palembang

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoasimas.kemenag.go.id

Tak hanya di Surabaya, Masjid Cheng Ho juga ada di Palembang, tepatnya di 15 Ulu, Seberang Ulu I. Masjid ini dibangun dengan latar belakang untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Palembang.

3. Masjid Tan Kok Liong, Bogor

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoabogorraincake.com

Masjid Tan Kok Liong berlokasi di Pondok Pesantren At-Taibin, Pondok Rajeg, Cibinong, Jawa Barat. Masjid ini memiliki arsitektur Tionghoa yang mengadopsi gaya bangunan era Dinasti Qing. Uniknya lagi, masjid ini dibangun oleh Anton Medan, seorang preman kelas kakap yang memilih hijrah dan mendirikan sebuah pondok pesantren sekaligus masjid.

4. Masjid KHM Bedjo Darmoleksono, Malang

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas TionghoaMasjid KHM Bedjo Darmoleksono, Malang (rezagilang.student.umm.ac.id)

Masjid KHM Bedjo Darmoleksono berada di dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Nama masjid bergaya klenteng ini diambil dari nama seorang Mubaligh yang berperan besar dalam sejarah Organisasi Muhammadiyah di Malang. 

5. Masjid Al-Mahdi, Magelang

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoainstagram.com/herning_madyatmoko

Masjid Al-Mahdi terletak di dalam kompleks perumahan Armada Estate, Magelang Utara. Masjid yang baru berdiri pada 2017 ini memiliki arsitektur Tionghoa dengan nuansa warna merah yang sangat cantik.

6. Masjid Al Imtizaj, Bandung

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoakompasiana.com/ali.muakhir

Masjid Al Imtizaj berada di Jalan ABC Nomor 8, Banceuy, Bandung. Arsitektur masjid ini juga didominasi warna mencolok khas Tionghoa, yakni merah dan kuning, ditambah ornamen lampion yang digantung di luar masjid. 

Masjid ini didirikan oleh organisasi gabungan dari beberapa komunitas Muslim keturunan China, yaitu Ikatan Persaudaraan Tionghoa Islam (IPTI), dengan tujuan menyatukan komunitas Muslim Tionghoa di Bandung. 

7. Masjid Siti Djirzanah, Yogyakarta

Seperti Vihara, Ini 7 Masjid di Indonesia Berarsitektur Khas Tionghoainstagram.com/aisyahekafitri

Masjid Siti Djirzanah berada tepat di lokasi wisata paling ikonik di Yogyakarta, yakni Jalan Malioboro. Masjid ini dibangun oleh keluarga mantan Wali Kota Yogyakarta Herry Zudiyanto. 

Pembangunannya didesain dengan konsep Pecinan–Hindia, menyesuaikan sejarah bangunan masa lampau di Kawasan Malioboro. Nama masjid ini sendiri diambil dari nama mendiang ibu kandung Herry Zudiyanto.

Nah, kamu sudah pernah mampir ke masjid yang mana saja nih?

Baca Juga: Berani Coba? 5 Tempat Wisata Horor di Medan yang Penuh Aura Mistis

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya