TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Penyu Ridley Kemp, Penyu Terkecil di Dunia 

Ditemui di perairan benua Amerika dan Samudera Atlantik 

Penyu ridley kemp (commons.wikimedia.org/NPS Staff)

Penyu ridley kemp diambil dari nama Richard M. Kemp, seorang nelayan yang pertama kali mendeskripsikan spesies ini pada tahun 1880. Mereka adalah spesies khas benua Amerika ditemukan di teluk Meksiko, Amerika Serikat: Florida, New England hingga berada di perairan samudera Atlantik.

Penyu ridley kemp adalah spesies yang terancam punah sejak 1970-an, dilansir Nwf. Penyu ini bisa ditemukan di perairan dekat pantai, laut terbuka dan teluk. Diketahui juga ridley kemp adalah penyu terkecil di dunia dengan panjang cangkang hanya sekitar 2 kaki dan beratnya mencapai 100 pon.

Mari cari tahu lebih dalam mengenai penyu ini.

1. Kepalanya berbentuk segitiga

Lepidoche kempii memiliki kepala berukuran sedang dan berbentuk segitiga. Karapasnya bertulang tanpa tonjolan dan memiliki sisik yang besar dan karapasnya disertai 5 sisik lateral dan bulat. Sirip depan dilengkapi 1 cakar dan sirip belakangnya mempunyai 1 hingga 2 cakar.

Penyu dewasa karapasnya berwarna hijau abu-abu tua dan tukik berwarna hitam legam, abu-abu dan hijau zaitun. Ekor penyu jantan lebih panjang daripada kepunyaan betina  jelas Conserveturtles

2. Pola makan dan predatornya

Penyu ridley kemp memiliki rahang kuat membantunya dalam menghancurkan dan menggiling mangsanya yakni kepiting, udang, kerang, ubur-ubur, bintang laut dan ikan. Sebaliknya, penyu tersebut dimangsa oleh burung pelagis, hiu dan hewan laut lainnya.  

3. Sarang dan reproduksinya

Sarang ridley kemp dibuat oleh banyak betina yang berkumpul di pesisir pantai untuk bertelur. Bersarang dalam kelompok besar juga metode untuk bertahan dari serangan predator. Dengan banyak betina yang menetaskan telurnya, setelah itu langsung terjun ke laut untuk melarikan diri dari predator.

Bersarang biasanya berlangsung dari bulan April hingga Juli di mana mereka membangun sarangnya pada siang hari. Betina bertelur sekitar 100 telur dan mengerami telurnya selama 60 hari. Rombongan betina biasanya melakukan perjalanan ratusan mil untuk mencapai pantai tempatnya bersarang.  

4. Perilaku unik penyu ridley kemp

Dilansir Tpwd texas, jika air menjadi dingin, penyu dapat menyesuaikan suhu tubuhnya menjadi dingin dan dapat bertahan di bawah air selama berjam-jam. Penyu ini juga bisa bertahan 2-3 bulan tanpa makan. Penyu tersebut mengeluarkan air asin melalui kelenjar khusus.

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya