Comscore Tracker

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan 

Perdebatan bumi bulat versus datar masih terus terjadi

Ada banyak teori yang diperdebatkan di dunia ini. Salah satunya Flat Earth Theory atau Teori Bumi Datar. Sepanjang yang kita pelajari dan kita tahu, bumi itu bulat dan berputar sesuai porosnya. 

Sementara dari teori itu, banyak yang percaya jika bumi sebenarnya datar dan teori bumi bulat adalah konspirasi. Perdebatan ini tak ada habisnya hingga sekarang.

Tapi kalau kamu penasaran, apa yang akan terjadi jika bumi datar? Ini yang akan kamu rasakan.

1. Kapal di kejauhan akan selalu terlihat

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan embarkandaway.com

Ahli astronomi sekaligus pengarang buku, Dr. Stuart Clark melalui Tech Insider menyebutkan bahwa semakin jauh kapal pergi dari daratan, maka kapal tersebut akan menghilang. Bukan tanpa sebab, kapal-kapal itu akan menghilang di bawah cakrawala akibat dari bumi yang berbentuk bulat.

Oleh karena itu, jika bumi datar maka seharusnya kapal akan tetap terlihat meskipun sudah jauh dari pelabuhannya. Sebab, bagi mereka pejuang 'bumi itu datar' mempercayai kalau garis bumi ini lurus, bukan melengkung.

2. Punya ketebalan yang tipis

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan twitter.com

Selain itu, Clark juga heran dengan orang-orang yang percaya bumi itu datar. Ia pun mempertanyakan ketebalan bumi jika bentuknya datar.

Padahal, di dunia ini kita tahu bahwa ada proyek besar membuat lubang sedalam 12 kilometer yang bernama Kola Superdeep Borehole (KSB). Seberapa tebal sih bumi kalau datar? Kok gak bolong-bolong udah dibor segitu dalamnya.

3. Pohon akan tumbuh miring hingga air berpusat di satu titik

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan miriadna,com

Dilansir situs resmi Columbia University, bumi datar akan mengakibatkan pohon-pohon tumbuh dengan miring, bukan tegak lurus. Tidak hanya itu, semua air yang ada di dunia ini juga akan terhisap ke pusat dunia kalau bumi benar-benar datar. Jadi, semakin jauh kamu dari pusat dunia, maka semakin berasa dampak gravitasinya.

Baca Juga: Tidak Pernah Dijawab Tuntas, 5 Tantangan Sains bagi Teori Bumi Datar

4. Tidak ada gerhana, musim, dan fenomena lainnya

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan collective-evolution.com

Kamu masih bisa berharap siang dan malam tetap terjadi jika bumi itu datar. Akan tetapi, yang namanya musim hujan, kemarau, dingin, gugur, semi, gerhana, dan fenomena-fenomena lainnya tidak akan ada.

Hingga saat ini kamu masih merasakan semua fenomena itu bukan? Contohnya gerhana cincin, masih terjadi kan tuh?

5. Punya ujung dunia

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan sichchirpse.com

Kalau bumi itu datar, maka pastinya ada suatu tempat yang menjadi ujung dari dunia. Jika kamu sudah mencapai ke ujung dunia dan kemudian jatuh ketika melewatinya, berarti tidak ada gravitasi dong? Dan kalaupun ada, di mana sebenarnya ujung dari dunia itu?

6. Matahari bisa membakar bumi

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan vippasstothespiritworld.com

Kalau bumi benar-benar datar, maka kemungkinan besar matahari bisa membakar bumi. Dengan demikian, maka seharusnya matahari memiliki ukuran yang lebih kecil dari bumi. Sayangnya, sudah tidak bisa terbantah lagi kalau besar matahari itu 100 kalinya diameter bumi.

7. Bertentangan dengan semua hasil riset ilmiah dari para penemu hebat

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan empoweryourknowledgeandhappytrivia.com

Sejak awal abad keenam SM, sejumlah tokoh terkenal seperti Pythagoras, Aristoteles, Euclid, dan Aristarchus telah mengamati bumi. Hasilnya adalah mereka mengatakan kalau bumi ini berbentuk seperti bola, yang artinya bumi itu tidak datar. Yakin mau membantah orang-orang hebat ini?

Kalau Tinggal di Bumi Datar, Ini 7 Hal yang akan Kamu Rasakan picsart.com

Nah, itulah yang akan kamu rasakan jika bumi benar-benar datar. Nah, masih percaya bumi datar?

Baca Juga: Ini 10 Cara Mudah Buktikan Bumi Gak Datar, Tanpa Perlu ke Luar Angkasa

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya