Comscore Tracker

Aktivitas Sinabung Meningkat, Ada 13 Kali Guguran Awan Panas Pagi Ini

Jarak luncur hingga 5 kilometer

Medan, IDN Times - Aktivitas Gunung Sinabung di Sumatra Utara meningkat signifikan pagi ini. Gunung yang terletak di Kabupaten Karo itu meluncurkan guguran awan panas sebanyak 13 kali pada Selasa (2/3/2021) pagi pukul 07.00 hingga pukul 08.20 WIB.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Djatmiko dalam pesan pendeknya, Selasa (2/3/2021).

Jarak luncur awan panas antara 2.000-5.000 meter ke arah tenggara-timur. "Dan tinggi kolom abu lebih dari 5.000 meter, angin lemah ke arah barat-barat daya. Material awan panas mencapai sungai Lauborus di sektor tenggara-timur," kata Hary.

Baca Juga: [BREAKING] Sinabung Kembali Semburkan Guguran Awan Panas 4.500 Meter

1. Jarak luncur awan panas hingga 4.500 meter ke arah Tenggara dan Timur

Aktivitas Sinabung Meningkat, Ada 13 Kali Guguran Awan Panas Pagi Initwitter/magmaindonesia

Sebelumnya, Gunung semburkan guguran awan panas pada Selasa pukul 07.11 WIB dengan jarak luncur 3.000 m ke arah timur-tenggara. Kegempaan terekam di seismogram dengan amplitudo maksimal 120 mm dan durasi 243 detik.

Kemudian, pada pukul 07:15 WIB Sinabung kembali semburkan guguran awan panas dengan jarak luncur 4.500 m ke arah tenggara-timur dan tinggi kolom abu 5.000 meter, serta amplitudo 120 mm dan durasi 485 detik arah angin selatan-barat.

2. Belum ada gangguan penerbangan dan dampak ke masyarakat

Aktivitas Sinabung Meningkat, Ada 13 Kali Guguran Awan Panas Pagi IniIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Namun, Hary menyebut sejauh ini belum ada laporan gangguan penerbangan dan masyarakat sekitar. "Sejauh ini masih belum ada," kata dia.

3. Status Sinabung masih di level Siaga

Aktivitas Sinabung Meningkat, Ada 13 Kali Guguran Awan Panas Pagi IniIlustrasi (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Meski aktivitas terlihat signifikan Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya, pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga: Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5 Kilometer

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya