Viral Turnamen Futsal Diduga Langgar Prokes, Polda Sumut Akan Selidiki

Polda juga bantah sebagai penyelenggara acara

Medan, IDN Times – Jagat media sosial kembali bergejolak. Menyusul video viral turnamen Futsal yang dipadati oleh penonton.

Dugaan pelanggaran protokol kesehatan mencuat. Kompetisi itu belakangan diketahui diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Mini Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut. Dari selebaran yang beredar di media massa, kompetisi itu sudah digelar sejak 24-30  Januari 2021 lalu. Flyer itu adalah akun instagram @funfutsalpoldasu yang diduga sebagai penyelenggaranya.

Dalam jajaran peserta kompetisi juga terdapat tim yang mengatasnamakan kepolisian. Di antaranya adalah Futsal Poldasu dan Polsek Medan Kota.

1. Penonton membludak dan diduga melanggar prokes

Viral Turnamen Futsal Diduga Langgar Prokes, Polda Sumut Akan SelidikiKompetisi Futsal di Kota Medan yang diduga langgar protokol kesehatan karena membludaknya penonton. (Youtube: Koran PSMS)

Yang menjadi sorotan dalam gelaran olahraga itu adala soal membludaknya penonton. Ini terlihat dari siaran pertandingan yang diunggah akun Youtube Koran PSMS. Akun itu mengunggah pertandingan futsal antara Polsek Medan Kota v Bersama FS.

Dalam tayangan itu, terlihat padatnya penonton yang ada di tribun. Bahkan di antaranya terlihat tidak menjalankan protokolo kesehatan. Tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak. Jika pun ada yang memakai masker, tetapi dipasang di dagu.

Baca Juga: Gagal Eksis, 13 Foto Panorama Ini Malah Bak Penampakan Korban Mutilasi

2. Polda Sumut lakukan penyelidikan

Viral Turnamen Futsal Diduga Langgar Prokes, Polda Sumut Akan SelidikiKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin saat memberi paparan akhir tahun di Mako Brimob Polda Sumut, Rabu (30/12/2020). (Dok Humas Polda Sumut)

Kepala Bidang Humas Polda Sumatra Utara Komisaris Besar Hadi Wahyudi mengatakan jika pihaknya akan melakukan penyelidikan. Apalagi selama ini Kapolda Sumut sudah menegaskan kepada jajaran Kapolres untuk tidak menerbitkan izin keramaian.

“Perintah tegas Kapolda untuk seluruh jajaran Polres di Sumut untuk tidak memberikan izin keramaian. Dan Harus dibubarkan,” ungkap Hadi, Senin (1/2/2021).

3. Polda bantah sebagai penyelenggara kompetisi

Viral Turnamen Futsal Diduga Langgar Prokes, Polda Sumut Akan SelidikiKompetisi Futsal di Kota Medan yang diduga langgar protokol kesehatan karena membludaknya penonton. (Youtube: Koran PSMS)

Dalam keterangannya, Hadi juga membantah jika Polda Sumut terlibat sebagai penyelenggara. Soal pencatutan nama itu juga akan diselidiki. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Sumut.

“Kita akan menyelidiki . Tidak ada Polda menyelenggarakan itu,” tukas Hadi.

Di tengah pandemik COVID-19 yang terus meningkat, seharusnya kompetisi itu digelar. Karena potensi untuk membuat keramaian sangat tinggi. Apalagi Sumatra Utara juga termasuk daerah dengan angka konfirmasi positif yang cukup tinggi.

Data dari Satgas COVID-19 Sumut menunjukkan jumlah konfirmasi positif sudah mencapai 20.865 orang. Bertambah 91 kasus dari hari sebelumnya. Sudah 743 orang meninggal dunia karena COVID-19.

Baca Juga: Sama-sama Memesona! 10 Adu Gaya Amanda Manopo Vs Ayya Renita

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya