Viral! Petani di Labura Temukan Patung, Diduga Peninggalan Batak Kuno

Petani itu sempat kesurupan dan bertingkah seperti harimau

Labuhanbatu, IDN Times – Seorang petani di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatra Utara menemukan benda berupa patung di ladangnya, Desa Merantiomas, Kecamatan Na IX-X, Rabu  (29/9/2021). Patung itu diduga peninggalan sejarah masa lalu.

Yang menemukannya adalah Darpin Ritonga. Saat itu Darpin tengah membersihkan ladangnya untuk ditanami sawit.

Penemuan patung itu viral di media sosial.  Masyarakat ramai-ramai mengunggahnya ke media  sosial. "Sampai sekarang masih banyak yang datang ke sana untuk melihat," kata Kepala Desa Merantiomas, Baharuddin Sagala melalui sambungan telepon, Rabu (6/10/2021).

1. Patung berbentuk manusia, memakai sanggul dan memakai gelang di lengan

Viral! Petani di Labura Temukan Patung, Diduga Peninggalan Batak KunoPatung diduga peninggalan Batak Kuno yang ditemukan di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara. (Istimewa)

Penemuan itu tak di sengaja. Saat Darpin menggali tanah, patung itu ditemukan. Bentuk patung menyerupai manusia. Di Bagian kepala ada sanggul dan mengenakan gelang di kedua lengannya.

Darpin langsung melapor ke Baharuddin. Karena itu benda  yang asing. Pemerintah desa kemudian melaporkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Labura. Rencananya, pihak dinas akan mendatangkan arkeolog untuk meneliti patung itu, dan kemungkinan penemuan bersejarah lainnya di sekitar sana.

Untuk sementara, patung itu disimpan di rumah Darpin, sembari menunggu langkah selanjutnya yang akan ditempuh dinas.

"Belum tahu kapan lagi mereka akan kemari," ungkapnya.

Baca Juga: Mengenal Dua Lokasi Pengasingan Sukarno di Sumatra Utara

2. Darpin sempat kesurupan

Viral! Petani di Labura Temukan Patung, Diduga Peninggalan Batak Kunoilustrasi artefak (britishmuseum.org)

Baharuddin pun mengatakan, Darpin sempat kesurupan beberapa hari lalu. Dia kesurupan setelah ada empat orang menemuinya. Mereka ingin menggali dan mencari benda-benda lainnya di sana.

Saat kesurupan, Darpin bertingkah seperti harimau. Mencakar sana sini dan memarahi empat pemuda tadi yang dianggap hanya mementingkan dunia.

"Karena dia marah itu, empat pemuda itu langsung pulang dan tak jadi menggali," kata Baharuddin.

3. Patung itu diduga peninggalan peradaban Batak Kuno

Viral! Petani di Labura Temukan Patung, Diduga Peninggalan Batak KunoPatung diduga peninggalan Batak Kuno yang ditemukan di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara. (Istimewa)

Sementara itu, Sejarawan Universitas Negeri Medan Ichwan Azhari saat ditanyai soal penemuan itu menduga jika benda itu adalah peninggalan peradaban Batak Kuno.

"Ini semacam Pangulubalang, patung yang sudah diberi kekuatan mistis," kata Ichwan.

Dia menjelaskan, Pangulubalang pada kepercayaan masyarakat Batak, dipercaya bisa menjaga dan melindungi kampung mereka dari marabahaya. "Patung ini diyakini sebagai penjaga yang mampu mengusir roh jahat yang ingin masuk ke kampung atau huta dalam bahasa Batak," jelasnya.

Dia menduga, jika lokasi penemuan patung itu adalah perbatasan kampung. Di kawasan itu, kata Ichwan adalah jalur perlintasan Perlanja Sira atau pembawa garam. Begitupun, untuk membuktikan semua asumsi tersebut, tambahnya, memang butuh penelitian mendalam.

“Jalur Perlanja Sira ini juga berkaitan dengan jalur rempah dari dataran tinggi ke pesisir. Jadi kemungkinan, arca Pangulubalang ini ditempatkan di sana oleh orang kampung Batak," pungkasnya.

Baca Juga: Penerbangan Internasional ke Sumut akan Dibuka, Ini Syaratnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya