Viral Pesta di Kolam Waterpark, Gubernur Edy Rahmayadi: Itu Menyalahi

Satgas Deli Serdang sebut waterpark sudah ditutup

Medan, IDN Times – Hairos Waterpark di Kecamatan pancurbatu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara viral di media sosial. Video orang yang berkerumun di dalam kolam renang sambil berpesta dengan musik tersebar.

Tentunya, kondisi ini sangat membahayakan. Hairos Waterpark bisa saja menjadi klaster baru penularan COVID-19 di Sumut di tengah angka pandemik yang tak kunjung turun.

Dalam video itu menunjukkan jika pengunjung memenuhi kolam renang. Mereka berjoget riang tanpa memikirkan protokol kesehatan. Mereka juga tidak menjaga jarak.

 

1. Gubernur Edy Rahmayadi salahkan pengelola lokasi wisata

Viral Pesta di Kolam Waterpark, Gubernur Edy Rahmayadi: Itu MenyalahiGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung kesiapan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Covid-19 Kepulauan Nias, Senin (21/9). (Humas Sumut)

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi angkat bicara soal kejadian di Hairos. Kata dia, pengelola jelas melanggar protokol kesehatan COVID-19.

“Silahkan menggeliat, ekonomi ini juga tidak bisa berhenti. Tetapi tetap patuhi (Protokol COVID-19), jangan ada seperti di daerah Pancur Batu. Ada kolam mereka beramai-ramai itu sudah jelas menyalahi,” ujar Edy, Kamis (1/10/2020).

Edy pun meminta tempat itu ditutup. Pengelolanya juga harus diberi peringatan.

Baca Juga: Viral Foto Ma’ruf Amin dan Kakek Sugiono, Ternyata Pelakunya Ketua MUI

2. Satgas benarkan waterpark tersebut ditutup

Viral Pesta di Kolam Waterpark, Gubernur Edy Rahmayadi: Itu MenyalahiIlustrasi Kolam Renang, Berenang (IDN Times/Dwi Agustiar)

Informasi yang dihimpun di lapangan, Hairos Waterpark sudah ditutup. Pintu masuk mereka tertutup. Beberapa awak media yang mencoba mengonfirmasi pengelola tidak mendapat jawaban.

Terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Deli Serdang Haris Binar Ginting membenarkan jika Hairos Waterpark ditutup. Pihaknya juga tengah membahas sanksi kepada pengelola.

“Pasti (ada sanksi). Ini sedang dibahas Tim gugus Tugas,” ujarnya.

3. Sosialisasi protokol kesehatan terus digalakkan

Viral Pesta di Kolam Waterpark, Gubernur Edy Rahmayadi: Itu MenyalahiInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Saat ini Satgas COVID-19 Deli Serdang terus menggalakkan sosialisasi kepada sejumlah lokasi wisata. Mereka meminta para pengelola melaksanakan protokol kesehatan.

“Belum ada yang melanggar lagi. Kita sosialisasikan supaya mereka tidak melakukan hal yang tidak-tidak,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Dokter Mahyono, Mantan Ketua Umum PSMS Meninggal Karena COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya