Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  

Polisi didesak usut penyebar video

Medan, IDN Times - Polemik video viral ceramah Ustaz Abdul Somad belakangan ini cukup menyita perhatian publik. Pendakwah yang akrab disapa UAS itu juga sudah dilaporkan ke Mabes Polri karena dianggap menista agama.

Komentar dari berbagai pihak pun terus bermunculan. Yang pasti semuanya meminta untuk tidak terprovokasi terhadap video viral yang berisi tentang salib tersebut.

1. MDI ajak masyarakat tidak terprovokasi

Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Sumatera Utara mengajak seluruh masyarakat beragama untuk tidak terprovokasi dengan wacana uang ada. Ketua MDI Sumut Ikbal Parinduri menduga, viralnya video itu bertujuan membuat kegaduhan di tengah harmonisnya umat beragama.

"Artinya ada pihak-pihak yang mencoba mengganggu kerukunan antar umat beragama. Di samping itu MDI Sumut juga berencana menyiapkan tim kuasa hukum untuk melaporkan pihak-pihak yang telah menyebarkan video tersebut,” kata Ikbal, Kamis (22/8).

2. Desak polisi usut penyebar video

Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

MDI juga mendesak kepolisian untuk mengusut penyebar video. Karena satu sisi, ceramah itu disampaikan UAS di dalam internal. Bukan di muka publik secara terbuka.

“Kami meminta agar Polda Sumut mengusut tuntas persoalan ini dan mencari aktor intelektual dari penyebaran video tersebut," pungkas Ikbal.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad akan Isi Tausiah di Siantar, Tanpa Sesi Tanya Jawab

3. MUI dan Muhammadiyah bela UAS

Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  IDN Times/Irfan Fathurohman

UAS juga sudah melakukan klarifikasi terhadap video ceramahnya tentang salib tersebut. Bahkan klarifikasi itu juga disampaikannya saat ada jemaah yang kembali bertanya saat UAS berceramah di Medan. Selain itu, di Gedung MUI Pusat, UAS juga menyampaikan klarifikasi.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara Hasimsyah Nasution mengungkapkan, ceramah UAS itu sudah tepat untuk memperdalam ilmu agama.

“Tidak ada yang salah dari ceramah itu. Jawabannya sesuai hadist dan disampaikan di masjid. Ruang tertutup,” katanya, Kamis (22/8).

Menurut dia, akan salah jika isi ceramah macam ini dilarang. Sebab, pembahasan seperti ini memang lumrah dilakukan semua agama, khususnya untuk memperkuat keyakinan. Hanya saja, jika ini disampaikan di lapangan luas, atau ruang publik, baru salah.

“Kami juga, dari Muhammadiyah Sumatera Utara sudah siap untuk membela UAS jika ceramahnya memang akan diproses hukum,” ungkapnya.

4. Tidak ada yang salah dalam ceramah UAS

Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

MUI Sumatera Utara juga angkat bicara soal UAS. Para ulama sudah bersepakat jika isi ceramah ustaz kelahiran Sumut itu tidak ada yang salah. Wakil Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kembali menegaskannya.

“Semua ulama telah sepakat bahwa isi ceramah itu tidak bermasalah. Salib itu dibahas dalam pandangan ulama sebagai ulama Muslim. Umat Islam. Tentu ada perbedaan dengan umat Kristiani,” katanya, Kamis (22/8).

5. Penyebar video yang harusnya meminta maaf

Viral Ceramah Abdul Somad, Umat Beragama Tidak Boleh Terprovokasi  IDN Times/Irfan Fathurohman

Kata Maratua, yang harusnya meminta maaf adalah penyebar video. Sebab, video itu lah yang membuat suasana menjadi memanas.

“Untuk apa dia sebar ulang video yang sudah tiga tahun lalu itu?. Ini ada indikasi pencemaran nama baik terhadap ulama, terutama terhadap Ustaz Somad,” tegasnya.

Untuk itu, dia meminta pihak kepolisian untuk mengusut pelaku penyebar video ulang itu. Sebab, selain ada indikasi pencemaran nama baik, pelaku juga bisa dikenakan undang-undang ITE karena sengaja menyebarkan konten yang berpotensi merusak harmonisasi dan keutuhan negara.

“Lagian, sebagai ulama dan warga negara yang baik, Ustaz Somad juga sudah memberi klarifikasi,” pungkasnya.

Baca Juga: Dilaporkan ke Polisi soal Ceramah Salib, Ustaz Abdul Somad Datangi MUI

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya