[UPDATE] Terus Meningkat, Positif COVID-19 Sumut Jadi 409 Orang

Pasien yang berhasil sembuh 145 orang

Medan, IDN Times – Kasus positif COVID-19 di Sumatera Utara terus meningkat saban hari. Grafiknya belum menunjukkan penurunan kasus dalam sepekan terakhir.

Data yang dihimpun dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut, ada 409 kasus positif corona hingga Minggu (31/5). Bertambah 3 orang dari hari sebelumnya.

Peningkatan cukup signifikan terjadi pada angka pasien yang sembuh. Jumlahnya bertambah 23 orang menjadi 145 orang.

“Alhamdulillah, ada peningkatan cukup signifikan pada jumlah pasien yang sembuh. Meskipun begitu, angka positif tetap bertambah. Kita tetap harus waspada,” ujar Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Minggu petang.

1. ODP bertambah 56 orang dalam sehari

[UPDATE] Terus Meningkat, Positif COVID-19 Sumut Jadi 409 OrangSeorang ayah memakaikan masker kepada anaknya sebelum masuk ke Masjid Raya Al Mashun untuk mengikuti salat Ied berjamaah, Minggu (24/5). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Whiko juga melaporkan, ada peningkatan pada jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jumlah ODP yang meningkat dari 420 orang menjadi 476 orang.

Sementara itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumatera Utara masih tetap seperti data sebelumnya yakni 140 orang.

Demikian juga jumlah pasien yang meninggal dunia juga tidak ada penambahan dari data sebelumnya yakni 41 orang.

Dari seluruh kasus di Sumut, Medan masih menduduki peringkat pertama. Sampai hari ini, ada 266 kasus yang terkonfirmasi di Kota Medan.

Baca Juga: Meski Terapkan New Normal, Industri Pariwisata Sumut Masih Terancam

2. Pada Sabtu lalu ada penambahan 6 pasien positif

[UPDATE] Terus Meningkat, Positif COVID-19 Sumut Jadi 409 OrangAparat kepolisian memeriksa sushu tubuh masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Minggu (24/5) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Pada hari sebelumnya, Sabtu (30/5) ada tambahan 6 pasien positif virus corona. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan, saat ini pasien positif COVID-19 sudah mencapai 406 orang. 

Selain itu ada lonjakan jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal. Saat ini berjumlah 41 orang. Artinya ada penambahan 4 orang dari data sebelumnya 37 pasien. Sementara pasien sembuh juga meningkat 4 orang dari 118 menjadi 122.

3. Presiden Jokowi restui 15 daerah di Sumut lakukan New Normal

[UPDATE] Terus Meningkat, Positif COVID-19 Sumut Jadi 409 OrangMasyarakat mengikuti salat Id berjamaah di Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu (24/5). Pihak masjid mewajibkan jemaah menggunakan masker selama mengikuti jalannya ibadah. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kabar gembira buat warga Sumut nih. Presiden Joko "Jokowi" Widodo merestui 15 Kabupaten/Kota di Sumut yang dinyatakan dalam zona hijau atau bebas virus corona (COVID-19) melaksanakan new normal atau kenormalan baru. 

Dari 15 daerah tersebut, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematangsiantar tidak termasuk. Karena masih berstatus zona merah dengan total pasien COVID-19 lebih dari 5 orang.

Total ada 102 daerah di Indonesia yang mendapat restu dari Jokowi untuk menerapkan new normal.

"Presiden Jokowi memerintahkan Ketua Gugus Tugas memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah kabupaten/kota yang saat ini berada dalam zona hijau melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman COVID-19,” kata Ketua Gugus Tugas Doni Monardo melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/5).

Berikut 15 Kabupaten atau kota yang masuk zona hijau di Sumut:

1. Nias Barat
2. Pakpak Bharat
3. Samosir
4. Tapanuli Utara
5. Nias
6. Padang Lawas Utara
7. Labuhanbatu Selatan
8. Kota Sibolga
9. Tapanuli Selatan
10. Humbang Hasundutan
11. Nias utara
12. Mandailing Natal
13. Padang Lawas
14. Kota Gunungsitoli
15. Nias selatan

Baca Juga: Jokowi Restui 15 Daerah di Sumut Lakukan New Normal, Medan Gak Masuk!

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya