[UPDATE] Terus Bertambah, Pasien Corona di Sumut Jadi 619 Orang

Aktivitas masyarakat semakin tidak terbendung

Medan, IDN Times – Meski masih jauh di bawah daerah lain seperti di Jawa atau Sulawesi, angka COVID-19 di Sumatera Utara kian memprihatinkan. Angkanya sama sekali belum menunjukkan tren penurunan.

Tren peningkatan masih terjadi. Bahkan, dua pekan terakhir, COVID-19 di Sumut terjadi lonjakan kasus tertinggi beberapa kali.

Hingga hari ini, Selasa (9/6) ada 619 kasus yang terkonfirmasi di Sumatera Utara. Meningkat 12 kasus dari hari sebelumnya.

Peningkatan juga terjadi pada pasien positif  yang meninggal dunia. Angkanya mencapai 53 orang. "Pasien yang meninggal dunia hari ini bertambah 4 orang," ujarJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Selasa (9/6) petang.

Peningkatan juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan. Jumlahnya meningkat dari 126 orang menjadi 134 orang.

Begitu juga dengan Orang Dalam pemantauan (ODP). Jumlahnya meningkat dari 412 orang menjadi 433 orang. Untuk pasien yang sembuh bertambah satu orang menjadi 189 orang.

Peningkatan ini diduga terjadi karena smakin ramainya aktifitas masyarakat di luar ruangan. Sekaligus membuktikan masih tingginya potensi penularan di Sumatera Utara.

Whiko tetap mengimbau agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan pencegahan corona. Mulai dari memaki masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dari kerumunan.  

Baca Juga: Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New Normal

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya