[UPDATE] Sudah 715 Orang di Sumut Meninggal Karena COVID-19

Konfirmasi COVID-19 bertambah menjadi 19.721 orang

Medan, IDN Times – Pandemik COVID-19 belum  mereda meski upaya vaksinasi sudah dilakukan. Kesadaran masyarakat pun dinilai semakin menurun untuk menjaga protokol kesehatan. Tidak sedikit yang mengira jika COVID-19 sudah tidak ada atau punkonspirasi belaka. Nyatanya, setiap hari kasusnya terus bertambah.

Di Sumatra Utara, kasus COVID-19  pun terus bertambah. Begitu juga korban yang meninggal dunia dalam keadaan konfirmasi positif.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sumatra Utara per tanggal 18 Januari 2021, korban meninggal sudah mencapai 715 orang.

"Hari ini ada penambahan empat kasus kematian yang berasal dari Kota Medan dan Deli Serdang masing-masing dua orang. Total saat ini sudah mencapai 715 orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aris Yudhariansyah dilansir ANTARA, Senin (18/1/2021).

1. Konfirmasi positif bertambah 74 pasien

[UPDATE] Sudah 715 Orang di Sumut Meninggal Karena COVID-19Ilustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Aris juga mengatakan jika masih ada penambahan angka kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari 33 kabupaten/kota, ada penambahan 74 kasus baru hari ini.

Akumulasi kasus di Sumatra Utara pun menjadi 19.721 orang. Penambahan kasus baru masih didominasi dari Kota Medan dengan 47 orang. Kemudian lima orang dari Langkat, empat dari Deli Serdang, tiga dari Dairi dan Gunung Sitoli, dua dari Pematangsiantar dan Serdang Bedagai. Kemudian masing-masing satu dari Binjai, Tebing Tinggi, Asahan, Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Samosir dan Labuhan Batu Utara.

Baca Juga: Warga Menolak Disuntik Vaksin? Gubernur Edy: Itu Tidak Etis

2. Pasien sembuh diklaim semakin meningkat

[UPDATE] Sudah 715 Orang di Sumut Meninggal Karena COVID-19Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kata Aris, jumlah pasien sembuh juga terus mengalami peningkatan. Akumulasinya saat ini mencapai 16.974 angka kesembuhan. Jumlah tersebut didapati setelah adanya penambahan 87 orang pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

 Penambahan tersebut masing-masing 33 dari Kota Medan, 16 dari Deli Serdang, enam dari Toba, lima dari Pematangsiantar dan Simalungun, empat dari Binjai, tiga dari Asahan, Serdang Bedagai dan Labuhan Batu Selatan.

 "Dua dari Labuhan Batu dan dua tidak diketahui domisilinya serta masing-masing satu dari Langkat, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Gunung Sitoli dan Nias Utara," katanya.

3. Vaksinasi Nakes akan dimulai besok

[UPDATE] Sudah 715 Orang di Sumut Meninggal Karena COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Kota Medan, dijadwalkan akan menjalani vaksinasi pada Selasa (19/1/2021). Sebelumnya, Kota Medan dan Binjai menjadi kota yang masuk dalam vaksnasi tahap I.

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Utara (Sumut) dr Azwan Hakmi Lubis mengatakan, vaksinasi bagi SDM kesehatan itu dilakukan secara bertahap. Dalam sehari direncanakan dapat menjangkau 40 orang untuk satu rumah sakit.

Untuk diketahui bahwa pada termin pertama 40.000 vial vaksin Covid-19 sudah diterima Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Kemudian pada termin kedua 34.840 vial vaksin pada Jumat (15/1/2021). Hingga saat ini Sumut sudah menerima 74.840 vial.

Baca Juga: [BREAKING] Usai Divaksinasi, Gubernur Edy: Rasanya Semakin Sehat Saya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya