[UPDATE] Kembali Pecahkan Rekor, COVID-19 di Sumut Naik 44 Orang

Tetap waspada yah guys!

Medan, IDN Times – Sumatera Utara kembali memecahkan rekor baru peningkatan kasus COVID-19 dalam 24 jam. Angka kasus COVID-19 di Sumut meningkat 44 orang menjadi 488 orang, Kamis (4/6). Peningkatan signifikan ini terus terjadi dalam dua pekan terakhir.

Peningkatan signifikan ini menunjukkan masih terjadinya potensi penularan yang cukup tinggi di Sumatera Utara. Kota Medan masih menduduki peringkat satu dengan 336 kasus. Diikuti oleh Deli Serdang 58 kasus, Kota Pematang Siantar 29 kasus dan Simalungun 24 kasus.

“Kami mengimbau masyarakat tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara Mayor Kes dr Whiko Irwan, Kamis petang.

Whiko juga membeberkan, ada penurunan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah dirawat di rumah sakit. Jumlahnya menurun dari 152 orang menjadi 146 orang.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini berada diangka 562 orang. Meningkat dari hari yang berada di angka 534 orang.

"Untuk pasien yang meninggal bertambah 1 yakni dari 43 orang menjadi 44 orang. Sementara untuk pasien yang sembuh mengalami peningkatan juga dari 159 menjadi 166 orang," pungkas Whiko. 

Sementara itu, pantauan di lapangan, aktifitas masyarakat sudah mulai ramai. Jalanan mulai kembali macet. Bahkan sejumlah tempat nongkrong pun kembali dipadati pengunjung. Sejumlah lokasi yang terpantau di Kota Medan ini tidak menerapkan protokol kesehatan. Jarak antar tempat duduk  masih rapat. Beberapa pengunjung juga dibiarkan tidak memakai masker. 

Baca Juga: Kasus Corona Terus Menanjak, Ada 17 Wisman Nekat Masuk ke Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya