Tidak Didampingi Akhyar, Salman Alfarisi: Kami Masih Berharap

Masih menunggu rekapitulasi kecamatan

Medan, IDN Times – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi akhirnya memberikan keterangan pers setelah pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2020, Rabu (9/12/2020) pagi tadi. Namun hanya Salman sendiri yang memberikan keterangan.

Sementara keberadaan Akhyar yang merupakan petahana belum memberikan statement. Salman tampaknya masih optimis bisa memenangkan Pilkada melawan kubu Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman. Meskipun hasil quick count atau hitung cepat mengunggulkan menantu Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo itu.

Kubu Akhyar-Salman pun mengimbau masyarakat bisa sabar menanti hasil rekapitulasi resmi dari KPU. Meskipun saat ini juga, tim internal dari PKS tengah mengonsolidasikan data rekapitulasi perolehan suara di kecamatan.

1. Tetap menghormati hasil rekapitulasi hitung cepat

Tidak Didampingi Akhyar, Salman Alfarisi: Kami Masih BerharapSalman Alfarisi Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 01 mencoblos di TPS 47 Medan Johor (IDN Times/Doni Hermawan)

Pelaksana Tugas Ketua DPD PKS Kota Medan Amsal Nasution mengatakan, pihaknya masih berfokus pada hasil rekapitulasi kecamatan. Sejauh ini masih 1.600 TPS yang masih direkapitulasi dari total 4.300-an TPS di Kota Medan.

“Kita dari saksi menjaga amanah masyarakat, sehingga perhitungannya sesuai dengan yang sebenar-benarnya suara yang diberikan masyarakat,” ujar Amsal.

Secara perolehan sementara, hasilnya masih fluktuatif. Sehingga kubu Akhyar-Salman belum bisa memberikan kesimpulan pasti. Soal hasil hitung cepat, mereka tetap menghormati lembaga-lembaga yang melakukannya.

Baca Juga: Hasil Real Count Internal, Akhyar-Salman Klaim Unggul di 220 TPS

2. Salman: Kita tetap optimis

Tidak Didampingi Akhyar, Salman Alfarisi: Kami Masih BerharapSalman Alfarisi Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 01 mencoblos di TPS 47 Medan Johor (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu, tandem Akhyar, Salman Alfarisi juga meminta masyarakat bersabar menunggu rekapitulasi. Dia masih optimis dengan hasil resmi kelak diumumkan KPU.

“Kita tetap optimis ya. Quick count kita hargai, seandainya itu yang terjadi, ya kami bersyukur mendapatkan suara segitu. Karena dengan dua partai, kemudian partisipasi pemilih yang tidak sampai 50 persen, artinya mayoritas masyarakat kan tidak memilih pasangan sebelah,” katanya.

“Kami masih berharap. Masih optimis karena yang masuk datanya kecamatan yang kecil-kecil. Sementara yang jumlahnya banyak belum sampai ke tim data kami,” imbuhnya.

3. Tidak mau ambil pusing dengan hasil hitung cepat

Tidak Didampingi Akhyar, Salman Alfarisi: Kami Masih BerharapCalon Wakil Wali Kota Medan Salman Alfarisi bersama istri mencoblos di TPS 47 Medan Johor, Rabu (9/12/2020) (IDN Times/Doni Hermawan)

Salman pun mengungkapkan kebanggaannya soal Pilkada Medan yang berjalan kondusif. Meskipun dia tidak menampik soal pendapat masyarakat yang beragam menyikapi Pilkada Medan. Apapun yang terjadi dalam Pilkada Medan hanya dianggap sebagai dinamika politik.

“Jadi kalau dikatakan, dalam konferensi pers ini, mengumumkan kemenangan tidak. Mengumumkan kekalahan juga tidak. Jadi biarah proses ini tetap berjalan, hasil akhirnya tunggu diumumkan KPU Kota Medan. Hasil Quick Count jangan kita pusingkan. Yang penting kita sudah jalankan Pilkada ini dengan gembira dengan bahagia,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam hitung cepat sejumlah lembaga polling pasangan Bobby – Aulia unggul. Pantauan IDN Times, dalam hitung cepat lembaga Voxpol Center, menunjukkan Bobby – Aulia mendapat perolehan 52,94 persen dari total rekapitulasi 99,29 persen pada pukul 18.27 WIB. Sedangkan Akhyar – Salman mendapat suara 47,06 persen.

Kemudian, dalam hitung cepat lembaga Populi Center, Bobby - Aulia mendapat 53,28 persen. Sedangkan Akhyar - Salman  46,72 persen. Angka yang nyaris serupa juga muncul di sejumlah lembaga lainnya.

Baca Juga: Salman Harap Warga Medan Jadi Saksi dan Kawal Pilkada Jujur

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya