Terbawa Arus Sungai, Penumpang Betor Ditemukan 8 Hari Kemudian

Korban tercebur karena becak terseret arus

Medan, IDN Times – Jenazah Marolop Butarbutar berhasil ditemukan setelah sembilan hari hilang karena terseret arus Sungai Sulangsulang, Medan, Rabu 12 Agustus 2020 lalu. Marolop ditemukan di Paluh Merbau, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Kamis 20 Agustus 2020 petang.

Marolop adalah warga Jalan Tangguk Bongkar IX, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Medan Denai. Dia tercebur di kawasan Jalan Selam IV,  Medan, bersama becak yang ditumpanginya.

1. Tim SAR yang berjibaku selama tujuh hari operasi pencarian

Terbawa Arus Sungai, Penumpang Betor Ditemukan 8 Hari KemudianTim SAR menemukan jenazah penumpang becak (Dok.IDN Times/istimewa)

Sejak Marolop dilaporkan hilang, Tim SAR langsung melakukan pencarian. Namun dalam operasi SAR selama tujuh hari, Marolop tidak ditemukan.

"Pencarian sudah kita lakukan selama tujuh hari, namun korban belum ditemukan sehingga sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), maka pencarian ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan bilamana ada laporan korban ditemukan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan, Toto Mulyono, Jumat (21/8).

Baca Juga: Ditegur Istri karena Main HP, Warga Sergai Bacok Anak dan Cucu

2. Jenazah Marolop ditemukan penjaga tambak

Terbawa Arus Sungai, Penumpang Betor Ditemukan 8 Hari KemudianIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Kemarin siang, petugas menerima laporan soal penemuan mayat di muara Paluh Merbau. Jenazah itu ditemukan penjaga tambak.

"Setelah kita terima info, saya langsung memerintahkan kepala siaga harian untuk memimpin persiapan dan keberangkatan personel yang dipimpin Danru Dody Prananta guna melakukan evakuasi korban dan benar saja jasad tersebut merupakan Marolop Butar-butar yang beberapa hari lalu hanyut, " tambahnya.

Jenaah Marolop ditemukan 25 Km dari lokasi awal hanyut. “Personil kita berhasil mengevakuasi jasad korban sekitar pukul 16.15 Wib dan langsung menyerahkan kepada keluarga korban,” ujar Toto.

3. Pengemudi becak yang ditumpangi Marolop selamat

Terbawa Arus Sungai, Penumpang Betor Ditemukan 8 Hari KemudianPenemuan jenazah penumpang becak (Dok.IDN Times/istimewa)

Peristiwa Marolop hanyut berawal saat dia dan Paska Purba menumpangi becak yang dikemudikan Rahmat. Mereka melaju dari Jalan Bromo simpang Jalan AR Hakim dengan tujuan pulang ke rumahnya. Mereka mengambil jalan pintas melalui Jalan Selam V, Kelurahan Tegal Sari Mandala I.

Saat itu, sekira pukul 03.15 WIB, hujan deras turun. Di sisi jalan ada kayu broti menghalangi.  Paska kemudian turun dan menggeser kayu itu. Sementara pengendara becak dan korban Marolop Butar-Butar menerobos banjir.

Kuatnya arus banjir menyeret becak mereka hingga tercebur ke sungai. Marolop dan becak itu terseret air.

Baca Juga: Curi Kutang Sekarung, Seorang Duda di Sergai Diusir dari Kampung

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya