Sumut Bakal Punya 28 Sekolah Baru Tahun 2023 Nanti

Pemprov perbanyak pembangunan SMK

Medan, IDN Times - Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara baru selesai menggelar rapat soal pendidikan, Senin (5/8). Dalam rapat itu, Pemprov Sumut berencana membangun sekolah baru.

Totalnya ada 28 sekolah yang bakal dibangun. Terdiri dari 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

1. Pembangunan direncanakan rampung 2023

Sumut Bakal Punya 28 Sekolah Baru Tahun 2023 NantiIDN Times/Debbie Sutrisno

Rapat digelar bersama jajaran Program Kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pembangunan sekolah diharapkan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Saat ini jumlah SMA/SMK di Provinsi Sumatera Utara sebanyak 2.038 sekolah, yang berada di 434 kecamatan. Tetapi masih ada 28 kecamatan yang belum mempunyai SMA maupun SMK,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis dalam rapat.

Baca Juga: Kisah M Nur, Driver yang Kaget Dapat Penumpang Sang CEO Gojek

2. Pemprov juga bakal galakkan pelayanan pendidikan berbasis elektronik

Sumut Bakal Punya 28 Sekolah Baru Tahun 2023 NantiIDN Times/Wayan Antara

Tidak hanya membangun sekolah, Dinas Pendidikan Sumut juga akan melakukan pelayanan pendidikan berbasis elektronik.

“Seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online  untuk jenjang SMAN dan SMKN, dan yang membanggakan kita yang pertama melakukannya di Indonesia," terang Arsyad.

Selain itu, juga telah dilaksanakan program Elektronik-Rencana Kerja Anggaran Sekolah (E-RKAS) BOS Online, E-Kepsek (Penerimaan Kepala Sekolah Berbasis Elektronik) dan E-Rapor yaitu laporan hasil belajar peserta didik atau rapor berbasis elektronik.

3. Wagub tidak ingin boros anggaran

Sumut Bakal Punya 28 Sekolah Baru Tahun 2023 Nantiinstagram.com/astronomer_amber

Sebelumnya, Wagub Sumut Musa Rajekshah mengimbau agar semua program kerja yang dibuat harus realistis dan harus sesuai dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

"Saya melakukan rapat ini karena ingin mendengar langsung dari OPD terkait. Saya tidak mau ada pemborosan anggaran, dan Saya tidak mau program kerja yang tidak sesuai dengan visi kami," ujar Musa Rajekshah.

Baca Juga: Gabriel Batistuta Ikut Seleksi Klub Liga 3 Indonesia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya