Sudah 12 Dosen dan Pegawai USU Positif COVID-19, 1 Orang Meninggal

Lockdown ketiga dimulai 27 Juli-8 Agustus 2020

Medan, IDN Times – Lockdown di Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai hari ini, Senin (27/7/2020). Penutupan aktivitas itu menyusul semakin banyak dosen yang terpapar corona di sana.

Penutupan akses dilakukan hingga Minggu (2/8/2020). Nantinya kebijakan lockdown akan ditinjau kembali sesuai perkembangan kasus.

1. Sudah 12 dosen dan pegawai yang terpapar COVID-19

Sudah 12 Dosen dan Pegawai USU Positif COVID-19, 1 Orang MeninggalGubernur Sumut, Edy Rahmayadi memantau dan meresmikan laboratorium PCR di RS USU (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Ini adalah kali ketiga USU melakukan lockdown. Namun kali ini yang terhitung dengan jumlah kasus terbanyak yang terkonfirmasi.

Totalnya ada 12 dosen dan pegawai yang terpapar COVID-19. Termasuk Rektor USU Runtung Sitepu dan beberapa guru besar. Bahkan satu orang dosen di Fakultas Teknik USU meninggal dunia.

Beberapa orang dirawat di rumah sakit, dan lainnya ada yang melakukan isolasi mandiri di rumah. “Info terakhir sampai hari ini ada beberapa mereka sudah selesai melakukan isolasi dan kita masih terus melakukan koordinasi memantau perkembangannya," ucapnya.

Baca Juga: Rektor USU Dinyatakan Sembuh dari Corona Setelah Jalani 2 Kali Tes

2. Keputusan lockdown dilakukan setelah salah satu dosen meninggal

Sudah 12 Dosen dan Pegawai USU Positif COVID-19, 1 Orang MeninggalPemakaman Jenazah COVID-19 (Dok. Kemensos)

Terpisah, Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan jika pihaknya begitu berduka harus kehilangan salah satu tenaga pengajar profesional di Fakultas Teknik karena COVID-19. Karena jumlahnya yang terus bertambah dan sampai ada korban meninggal dunia, USU melakukan lockdown.

“Atas saran majelis wali amanat dan senat akademik. Kemudian, kami memutuskan untuk menyatakan kampus USU lockdwon,” kata Runtung.

Sementara itu, Runtung sudah dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani isolasi 14 hari. Isolasinya berakhir pada Sabtu (25/8/2020). Dia termasuk orang tanpa gejala. 

3. Para dosen dan pegawai diminta uji COVID-19

Sudah 12 Dosen dan Pegawai USU Positif COVID-19, 1 Orang MeninggalGubernur Sumut, Edy Rahmayadi memantau dan meresmikan laboratorium PCR di RS USU (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Selain melakukan sterilisasi di kampus, Runtung juga meminta para pegawai dan pengajar melakukan uji COVID-19. Jika ada yang dinyatakan positif langsung melapor dan melakukan isolasi mandiri.

“Dari hasil swab ada tren peningkatkan dari USU kita terpapar. Kita akan kordinasi dengan majelis wali amanat USU,” ujarnya.

Dari sisi pelayanan, USU memberlakukan sistem piket. Dan selain itu dilakukan secara online. Bahkan program promosi doktor juga dilakukan secara daring.

Baca Juga: Banyak Pegawai Terpapar COVID-19, Kampus USU Lakukan Lockdown Ketiga

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya