Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari Corona

Ory membagikan tipnya agar sembuh dari COVID-19

“Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Kecuali kematian,”

Begitu ungkapan Ory Kurniawan, Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck), setelah dia keluar dari ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Senin (6/4) petang.

Ory –sapaan akrabnya—menjalani isolasi di sana setelah dinyatakan positif corona. Lak-laki kelahiran 25 tahun silam itu sempat berbagi kisahnya dari awal mendapat gejala COVID-19, hingga dia harus dirawat di ruang isolasi.

1. Tenggorokannya terasa sakit, badan lemas setelah pulang dari Jakarta

Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari CoronaOry Kurniawan, Ajudan Wagub Sumut Musa Rajekshah yang berhasil sembuh melawan corona (Instagram@kurniawanory)

Jelang pertengahan Maret 2020, Ory berangkat ke Jakarta, mendampingi Ijeck dalam rangka tugas. Kemudian dia kembali ke Kota Medan.

Beberapa hari setelah dari Jakarta, Ory merasa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatannya. Badannya lemas, tidak selera makan, tenggorokannya pun sakit. Karena saat itu kabar virus corona sedang hangat, Ory khawatir.

“Jadi waktu itu saya minta izin sama Bapak (Wagub Musa Rajekshah) supaya tidak masuk kerja. Saya langsung disuruh cek kesehatan,” ungkap Ory.

2. Sempat kaget dan panik saat mengetahui kabar dirinya positif corona

Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari CoronaIlustrasi tes swab. IDN Times/Candra Irawan

Ory pun akhirnya diperiksa kesehatannya. Sembari dia juga sudah mengkarantina sementara dirinya di rumah.

Setelah menunggu, hasil pemeriksaannya keluar. Dia dinyatakan positif corona. Dia mendapat kabar itu langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Ory sempat panik. Namun dia mencoba tetap tenang.

“Saya sempat kaget. Tapi saya harus tetap tenang. Karena kalau saya panik, makin memperburuk kondisi. Daya tahan tubuh pasti akan menurun. Saya ditelepon sama Pak Wagub. Beliau bilang nanti ada yang menjemput. Mau di bawa ke RSUP Haji Adam Malik,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Ajudan Wagub Sumut Positif Corona, Ijeck Kini Berstatus ODP

3. Selama diisolasi, dia menjalani perawatan rutin pagi sampai sore

Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari CoronaPetugas mengecek proses swab test yang baru dilakukan dari seorang tenaga medis. (IDN Times/Candra Irawan)

Malam itu juga Ory dibawa menggunakan ambulans. Lengkap dengan dokter dan perawat yang mengenakan pakaian hazmat dan alat pelindung diri lainnya.

Selama menjalani isolasi, Laki-laki berdarah Aceh ini mengaku dirawat dengan sangat baik. Diberi obat-obatan dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selama di dalam rumah sakit Ory juga tidak diinfus, karena termasuk mendapat gejala yang ringan.

 “Perawatan sangat baik dan bagus. Para tenaga medis terus memberikan semangat kepada saya. Mulai pagi, siang dan sore di cek mulai dari tensi, suhu tubuh hingga oksigen,” ungkapnya.

4. Depresi mulai muncul di hari kelima isolasi

Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari CoronaOry Kurniawan, Ajudan Wagub Sumut Musa Rajekshah yang berhasil sembuh melawan corona (Instagram@kurniawanory)

Menjalani masa isolasi selama 14 hari bukanlah hal mudah. Begitu juga dengan Ory yang biasa mendampingi Ijeck, baik di kantor atau pun saat meninjau ke lapangan.

Selama di isolasi, Ory sempat depresi. Dia sempat berada di titik terendah saat memasuki hari kelima isolasi. Dia mulai jenuh, berada seorang diri di dalam ruangan. Orangtuanya dan rekan sejawat menjadi kunci penting Ory melewati fase itu.

“Saya menghabiskan waktu untuk menghubungi orang-orang terdekat. Orang-orang tersayang. Mereka mnyemangati saya. Kemudian saya terus salat, berdoa, nonton sampai main game,” katanya.

Dokter dan perawat yang kerap menemuinya juga selalu memberikan dukungan supaya dia bisa sembuh. Ditambah dengan pikirannya yang selalu positif bahwa dia mampu melewati penyakit ini.

“Pokoknya gimana caranya di ruang isolasi itu kita jangan sampai depresi, stres, karena antibodi kita menurun. Daya tahan tubuh kita menurun. Jadi tetap harus bahagia,” imbuhnya.

5. Pesan Ory kepada orang yang masih dirawat

Sempat Depresi, Cerita Ajudan Wagub Sumut Sembuh dari CoronaOry Kurniawan, Ajudan Wagub Sumut Musa Rajekshah yang berhasil sembuh melawan corona (Instagram@kurniawanory)

Selama masa isolasi, Ory menjalani dua kali pemeriksaan. Setelah kedua pemeriksaan itu hasilnya negatif, dia baru dinyatakan sembuh. Dia mengapresiasi upaya para tenaga medis yang terus berjuang di garis depan untuk penanganan corona.

“Saya berterima kasih sekali, mereka sangat bagus merawat dan memberikan support pasien. Mereka garda terdepan. Sangat bagus. Masyarakat harus memberikan support para tenaga medis. Jangan sampai mereka dikucilkan,” katanya.

Untuk orang yang dirawat, Ory berharap mereka bisa sembuh. Tetap tanamkan pikiran positif untuk meningkatkan imunitas tubuh melawan corona.

“Jangan panik, kita harus saling mensupport, ini adalah wabah sedang yang dihadapi Indonesia. Kita pasti bisa melewatinya,” pungkasnya.

Meski sudah dinyatakan sembuh, Ory harus tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya. Itu dilakukan untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

Untuk diketahui, saat ini ada 57 kasus positif corona, menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut (data 6 April 2020). Sudah lima orang yang meninggal dunia dan dinyatakan positif. Ditambah, jumlah Pasien Dalam Pengawasan yang meninggal namun datanya tidak terkonfirmasi.

Baca Juga: [BREAKING] Jadi ODP COVID-19, Begini Kondisi Kesehatan Wagub Ijeck

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya