Selamat Jalan Kapten Infantri Erizal Zuhri, Tunai Sudah Janji Baktimu

Gugur di Papua, Erizal naik pangkat dari Lettu jadi Kapten

Dairi, IDN Times – Jenazah prajurit kopassus Kapten Inf Anumerta (Sebelumnya Lettu) Erizal Zuhri Sidabutar akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sidikalang usai salat Jumat (20/12) Sebelumnya jenazah tiba di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (19/12) malam. Selanjutnya jenazah dibawa lewat perjalanan darat ke Dairi.

Kedatangan jenazah disambut upacara militer. Jenazah Kapten  Erizal tiba dengan pesawat Garuda Indonesia GA-196 sekira pukul 23.00 WIB.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Muhammad Sabrar Fadhilah langsung memimpin upacara penyambutan jenazah. Sejumlah pejabat teras Kodam I/BB dan Polda Sumut juga terlihat hadir di sana. Termasuk Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin Siregar dan Wakapolda Sumut Mardiaz Kusin Dwi Hananto.

Tangisan keluarga pecah saat jenazah tiba. Aiptu Rukur Sidabutar dan Elizabeth Christina br Siahaan, ayah dan ibu Erizal masih tidak menyangka. Anak kedua mereka gugur dalam kontak senjata dengan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (17/12).

1. Lettu Erizal dapat kenaikan pangkat menjadi Kapten

Selamat Jalan Kapten Infantri Erizal Zuhri, Tunai Sudah Janji BaktimuJenazah Lettu Erizal Zuhri Sidabutar disambut upacara militer saat tiba di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Kamis (19/12) malam (dok Pendam I/BB)

Pangdam I/BB Mayjen Muhammad Sabrar Fadhilah menyampaikan duka mendalam atas gugurnya salah satu putra terbaik Kabupaten Dairi. Sebagai seorang prajurit Kopassus, Lettu Erizal menjadi teladan yang baik. Dia dianggap sebagai pahlawan karena pengabdiannya menjaga negara.

"Pengabdian dan semangat almarhum semasa hidupnya, sangat diharapkan bisa terbawa kepada semua prajurit yang ada, dan kepada pihak keluarga, kami bermohon kepada Tuhan agar keluarga diberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini," ungkap Sabrar.

Atas jasa dan pengabdian terbaiknya, maka TNI AD memberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar.

Baca Juga: Tewas di Papua, Kopassus Erizal Dikenal Ramah oleh Masyarakat Dairi

2. Kapten Erizal sempat minta restu ibunya sebelum berangkat tugas

Selamat Jalan Kapten Infantri Erizal Zuhri, Tunai Sudah Janji BaktimuJenazah Lettu Erizal Zuhri Sidabutar disambut upacara militer saat tiba di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Kamis (19/12) malam (Istimewa)

Ayah Erizal, Aiptu Rukur Sidabutar tampak begitu tabah meski kehilangan putranya. Kepada media dia mengatakan jika Erizal merupakan sosok yang begitu peduli terhadap keluarga dan teman-temannya.

“Kesehariannya, dia sifatnya tegas dan baik kepada teman dan keluarga. Sehingga dia mendapatkan cita-citanya menjadi TNI. Di samping ketegasannya dia orangnya sangat lembut,” ungkapnya.

Sementara itu, Elizabeth, ibu Lettu Erizal mengatakan jika sang anak sempat meminta doanya sebelum berangkat bertugas. “Terakhir sebelum berangkat, dia memohon doa restu, kami mau berangkat (tugas) doakan yah mak,” ujar Elizabeth menirukan perkataan almarhum.

3. Sang kekasih ikhlas lepas Lettu Erizal

Selamat Jalan Kapten Infantri Erizal Zuhri, Tunai Sudah Janji BaktimuUnggahan kekasih Lettu Erizal di instagramnya (Instagram/@putrikladiaa)

Haru juga tergambar dari sang kekasih Putri. Perempuan yang rencananya akan dinikahi Februari 2020 itu mengunggah pesan yang begitu menyayat hati.

Foto peti jenazah Lettu Erizal diunggahnya ke Instagram sebagai tanda perpisahan. "Hari ini Ade udah ikhlas, liat bener itu jenazah abang dan tersenyum bahagia," tulis Putrikladiaa di insta story akun Instagram miliknya, Jumat (20/12).

"Selamat jalan abang tugas dan baktimu sudah selesai," imbuhnya.

Baca Juga: Doakan Lettu Erizal yang Gugur di Papua, Edy Rahmayadi: Semoga Jihad 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya