RSUP H Adam Malik Medan Mulai Vaksinasi COVID-19 Nakes Lansia

Vaksinasi kedua akan dilakukan 28 hari setelahnya

Medan, IDN Times - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) mulai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) lanjut usia (lansia) berusia di atas 60 tahun. Vaksinasi dimulai hari ini, Senin (8/2/2021).

Vaksinasi perdana dilakukan di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM. “Hari ini kita telah melakukan vaksinasi nakes umur lebih dari 60 tahun. Mari kita vaksinasi semua tenaga kesehatan, agar kita sebagai pelayan utama terhadap pasien bisa lebih aman, dan juga buat keluarga di rumah akan lebih aman,” ujar Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri dalam keterangan tertulisnya, Senin petang.

1. Prof Bidasari menjadi nakes Lansia pertama yang disuntik vaksin

RSUP H Adam Malik Medan Mulai Vaksinasi COVID-19 Nakes LansiaPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Untuk tahap awal, ada empat nakes Lansia yang menerima suntikan vaksin pertama. Prof dr Hj Bidasari Lubis yang berusia 67 tahun menjadi nakes lansia pertama yang menerima suntikan vaksin COVID-19.

“Saya sudah divaksin, vaksin yang pertama, dan sampai saat ini, Alhamdulillah saya tidak merasakan gejala apapun. Insya Allah saya masih dilindungi Allah, untuk dapat vaksin yang kedua nanti,” ungkap Bidasari.

Dia pun mengajak nakes lansia lainnya segera mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi COVID-19 di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini.

Baca Juga: PPKM di Sumut Tidak Optimal? Gubernur Edy: Sudah Disanksi, Besok Lupa 

2. Tiga nakes lansia disuntik siang hari

RSUP H Adam Malik Medan Mulai Vaksinasi COVID-19 Nakes LansiaIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Siang harinya, giliran tiga nakes lansia lainnya yang disuntik. Mereka adalah Prof dr Bachtiar Surya (75), dr Zulfikar Lubis (64), dan dr Zuhrial (63) yang juga merupakan Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 RSUP HAM.

Sebelumnya, RSUP HAM sendiri telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap pertama pada 19-31 Januari 2021 yang diikuti sebanyak 2.304 nakes.

3. Vaksinasi kedua untuk nakes lansia akan dilakukan 28 hari mendatang

RSUP H Adam Malik Medan Mulai Vaksinasi COVID-19 Nakes LansiaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Selain pegawai, sejumlah dokter PPADAS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) dan dokter coass yang sedang menempuh pendidikan kedokteran di RSUP HAM, serta sejumlah nakes dari luar juga turut menerima vaksin COVID-19 periode ini.

Kemudian, vaksinasi COVID-19 tahap kedua juga telah dimulai sejak tanggal 2 Februari 2021, sesuai dengan prosedur setelah 14 hari mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 tahap pertama. Sementara, vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi lansia akan diberikan 28 hari kemudian setelah menerima suntikan vaksin tahap pertama.

Baca Juga: 10 Negara dengan Kasus COVID-19 Aktif Terbanyak di Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya